Cara Merekam Layar Di Linux Ubuntu Terbaru

Belum tahu cara merekam layar di linux ubuntu? Yuk ikuti tutorialnya di kompirasi. Kegiatan merekam layar atau screen recorder biasanya dilakukan untuk merekam kegiatan tertentu, seperti sewaktu main game, membuat konten, dan keperluan lainnya.

Biasanya mungkin orang yang baru saja menggunakan sistem operasi linux sedikit bingung cara rekam layar desktop linux mereka, mau itu turunan linux seperti ubuntu, kali linux, blackarch, dracos atau turunan linux lainnya.

Nah kalau kamu belum tahu cara melakukan rekam layar di linux, kamu tidak perlu malu, karena masih banyak kok yang belum paham cara merekam layar di linux, ya maklum lah namanya juga baru belajar menggunakan linux, nah untuk cara merekam layar di linux kamu bisa melihat panduannya dibawah ini.

Cara Merekam Layar Di Linux Ubuntu

Pertama agar kita dapat merekam layar di sistem operasi linux, kita pastinya membutuhkan software atau aplikasi bantuan, disini kita bisa menggunakan kazam screen recorder untuk merekam layar di linux ubuntu.

Apa Itu Aplikasi Kazam Screen Recorder ?

Kazam adalah aplikasi screen recorder atau aplikasi perekam layar terbaik untuk pengguna sistem operasi linux, ubuntu, debian atau sistem operasi linux lainnya. Kazam juga menjadi aplikasi scren recorder yang ringan dan powerfull serta mudah digunakan untuk seseorang yang baru belajar menggunakan dan menjalankan sistem operasi berbasis text atau linux.

Cara Install Kazam Di Linux

1. Buka Terminal Di Linux Kamu, Disini saya memakai ubuntu.

2. Kalau kamu bingung cara buka terminal di linux, kamu bisa menekan tombol CTRL + ALT + T kemudian terminal linux akan terbuka, di bagian terminal kamu ketikan perintah “sudo apt install kazam” kemudian enter nantinya kamu akan diminta untuk memasukan password user ubuntu kamu, selanjutnya tunggu sampai proses peginstallan kazam selesai.

Baca Juga: 5 Cara Melihat Partisi Hardisk Di Linux/ Ubuntu
Output Terminal Install Kazam

3. Sewaktu proses mengambil repository di terminal kalau kamu menemukan tampilan output yang berhenti secara tiba-tiba, klik saja y untuk melanjutkan. Setelah proses selesai sekarang kita buka kazam di linux kita.

✔️  Cara Install TeamViewer Di Linux Untuk Pemula Terbaru

Karena disini saya memakai ubuntu jadi saya akan mengajarkan kamu cara merekam layar linux menggunakan kazam di ubuntu.

Cara Menggunakan Kazam Untuk Merekam Layar Desktop Linux

Menu Show Applications Ubuntu

1. Langkah pertama agar kita dapat menjalankan dan merekam layar linux menggunakan kazam karena disini saya memakai sistem operasi ubuntu, saya tinggal masuk dan buka menu Show Applications.

Aplikasi Kazam

2. Kemudian di menu show applications ubuntu kamu cari aplikasi kazam kalau sudah ketemu klik.

Baca Juga: Cara Install TeamViewer Di Linux Untuk Pemula Terbaru
Settings Kazam

3. Sebelum kita merekam layar, kamu settings terlebih dahulu aplikasi kazam, di bagian screencast fullscren kamu centang mouse cursor, sound from speaker, dan soud from microphone fitur ini berada di when capturing include, kalau sudah kamu settings selanjutnya kelik capture.

4. Setelah kita sudah merekam layar desktop linux, pastinya kita ingin mematikan fitur screen recorder kazam kan? untuk mematikan screen recorder kazam kamu bisa mencari menu icon screen recorder diatas bar linux kamu, kamu tinggal klik menu icon screen recorder kemudian pilih pause recording untuk mematikan kazam, sedangkan fitur finish recording, kamu sudah selesai merekam layar linux kamu.

Nah itu dia cara merekam layar di sistem operasi linux menggunakan kazam semoga dengan adanya artikel ini kamu dapat terbantu.

Leave a Comment