Cara Menjalankan Program Java Di Netbeans

Bagaimana Cara Menjalankan Program Java Di Netbeans? Netbeans adalah sebuah perangkat lunak open source berbasis Java yang berjalan di atas swing. Swing merupakan teknologi Java untuk mengembangkan aplikasi dekstop yang bisa berjalan di berbagai macam platform yaitu seperti linux, windows, Mac OS X dan juga Solaris.  

NetBeans digunakan untuk menulis program khususnya Java. Tapi bukan berarti hanya untuk bahasa pemrograman java saja, tetapi NetBeans juga mendukung banyak bahasa pemrograman lainnya yaitu: HTML/JS, PHP and C/C++ dan lain – lain. Nah, disini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk menjalankan program java di Netbeans. Mari simak tutorial berikut.

Cara Menjalankan Netbeans

Ngebahas soal netbeans, sebagian orang yang belum pernah menggunakan netbeans pasti belum pandai membuat sebuah program baru di netbeans, sebelum kamu mengikuti tutorial dari saya ini, kamu harus menginstal terlebih dahulu Software Netbeans dan java (JDK-8) untuk dapat membuat sebuah program baru di Netbeans.

Nah untuk Langkah-langkah penginstalan kamu dapat ikuti Cara menginstal Netbeans  dan Cara Download Netbeans IDE pada artikel kami yang sebelumnya, tunggu hingga pemasangan selesai.

Setelah penginstalan selesai buka aplikasi Netbeans dan untuk Langkah-langkah penginstalannya kamu dapat mengikuti panduannya di bawah ini :

1. Jalankan software Netbeans dengan cara klik Start » All program » Netbeans » Netbeans IDE 8,2 , maka akan tampil seperti berikut :

2. Pada menu klik File pilih New Project, maka kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini. Pada Categories pilih “Java” kemudian “Project” pilih Java Application » Next

3. Pada Project Name isi nama projek yang akan dibuat sesuai keinginan kalian (Contoh : Form Login Unpab). Kemudian hilangkan tanda ceklis pada Create Main Class » Finish.

Keterangan :

  • Project Name adalah nama untuk proyek yang akan dibuat.
  • Project Location adalah tempat untuk menyimpan file proyek.
  • Use Dedicated Folder for Storing Libraries abaikan
  • Create Main Class: Jika opsi ini dipilih, maka secara otomatis akan membuat main class sama dengan proyek baru.
✔️  Cara Menginstal Aplikasi Android Lewat PC & Laptop

(Hindari menyimpan projek di dalam Local Data C disarankan menyimpan di Local Data D)

4. Pada menu File pilih New File » pada Categories pilih Swing Gui Forms » pada File Types pilih JFrame Form » Next

5. Pada Class Name beri nama frame, contoh : “Loginunpab” (tanpa spasi) dan nama package “GUI” » Finish

(dalam setiap penamaan projek hindari menggunakan spasi)

6. Kemudian akan muncul gambar seperti berikut

Berikut adalah contoh tampilan projeknya, pada tutorial ini, saya memberi nama projek dengan Form Login Unpab.

Setelah membuat proyek baru, selanjutnya kita membuat package di NetBeans IDE. Package ini berfungsi untuk memberikan kategori dalam setiap kelas yang berada didalamnya. Dengan begitu kita akan mengetahui apa yang ada di dalam package tersebut.

Jika tidak membuat package baru, maka secara otomatis class-class yang ada dalam proyek akan berada di dalam mode Default Package.

Cara untuk membuatnya adalah :

Klik kanan pada Source Package   » kemudian pilih New dan klik Java Package.

Setelah itu, akan tampil jendela pemberitahuan untuk  detail nama package yang akan kita buat. Silahkan masukan nama package kemudian klik Finish.

Sampai di sini maka kita sudah selesai untuk menjalankan aplikasi netbeans nya, setelah itu kita tinggal membuat program yang akan kita buat di lembar kerja aplikasi netbeans tersebut.

Leave a Comment