Cara Mengunci Folder Di Windows 10 Pakai Password

Mengunci folder di windows 10 pakai password merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh pengguna laptop dan pc, tujuannya agar folder atau file kamu tidak dapat dibuka oleh sembarangan orang, dan mereka tidak akan dapat membuka file yang ada di dalam folder tersebut.

Kalau saya sendiri sengaja menguci folder agar folder tersebut tidak dapat di buka oleh orang lain. Sehingga sewaktu orang tersebut ingin membuka folder yang ada di laptop atau di pc kita, folder tersebut tidak akan bisa dibuka karena sudah di kunci pakai password

Kalau folder tersebut tetap ingin dibuka nantinya mereka akan menemukan sebuah notifikasi untuk memasukan password. Sehingga orang yang suka memeriksa seluruh data atau file kita tidak akan bisa membuka dan melihat isi dari folder karena kita sudah mengunci folder tersebut.

Cara Mengunci Folder Di Windows 10 Pakai Password

Karena saat ini masih banyak orang yang mengalami kesulitan sewaktu ingin mengunci folder di laptop dan pc, dikesempatan kali ini kami akan mengajarkan kamu cara mengunci folder di windows 10 pakai password, oh iya kamu bisa mempraktekannya di laptop atau pc.

1. Download Dan Install Anvi Folder Locker

Download Dan Install Anvi Folder Locker
Download Dan Install Anvi Folder Locker

Langkah pertama agar kita bisa mengunci folder di windows 10, kamu download dan install aplikasi yang bernama Anvi Folder Locker, disini saya anggap kamu sudah pandai cara melakukan install aplikasi di windows, sehingga saya tidak perlu lagi mengajarkan caranya meginstall aplikasi. Kalau sudah kamu install kamu buka dan jalankan program Anvi Folder Locker di laptop dan pc kamu.

2. Buat Password Utama Anvi Folder Locker

Buat Password Utama Anvi Folder Locker
Buat Password Utama Anvi Folder Locker

Langkah kedua setelah kita sudah menjalankan aplikasi anvi folder locker, kita diminta untuk membuat kata sandi atau password utama anvi folder locker di bagian ini kamu buat password dan masukan alamat email kamu yang masih aktif lalu klik ok.

✔️  Cara Membuat Akun Wattpad Tanpa Email Terbaru

3. Add Files On Folder

Add Files On Folder
Add Files On Folder

Selanjutnya karena kita ingin mengunci folder kamu bisa mengklik menu +ADD (Add files or folders) kemudian kamu pilih folder yang ingin kamu kunci pakai password kemudian kalau sudah kamu tentukan folder mana yang ingin kamu kunci pakai password langkah selanjutnya klik open. Oh iya dengan anvi folder locker ini kamu tidak hanya dapat mengunci folder saja, kamu juga bisa mengunci file.

Artikel Lainnya: Cara Merubah File Permission Partisi Harddisk Di Windows 10

4. Ubah Protection Method Menjadi Password

Ubah Protection Method Menjadi Password
Ubah Protection Method Menjadi Password

Langkah ke empat, di bagian protection method kamu rubah yang awalnya hide and lock menjadi password.

5. Buat Password Folder

Buat Password Folder
Buat Password Folder

Setelah itu kita diminta untuk membuat password pada folder yang ingin kita lindungi, di bagian ini kamu akan menemukan dua opsi buat password, yang pertama default password (password default pas kita pertama kali buat tadi) dan yang kedua custom password (kata sandi khusus) yang bisa kita buat berbeda dari password default, disini saya memilih custom password dan kemudian kamu masukan password yang kamu inginkan untuk di bagian ini create a password hint boleh kamu isi, atau juga boleh kamu kosongkan setelah itu klik ok.

Penutup

Dan terakhir kamu coba buka folder yang sudah kamu kunci tadi, kalau muncul notifikasi anvi folder locker dan kamu diminta untuk memasukan password agar bisa membuka folder tersebut, berarti kamu sudah berhasil mengikuti tutorial cara mengunci folder di windows 10 menggunakan password.

Bang kalau ingin membuka kunci foldernya bagaimana? caranya gampang sob kamu tinggal buka aplikasi Anvi Folder Locker kemudian di bagian Protection method kamu ubah menjadi Unprotect.

Leave a Comment