Cara Mengunci Cell Di Google Spreadsheet

Pernah tidak dokumen yang sudah kamu buat di google spreadsheet di edit dan dirubah oleh orang lain? kalau ia mengapa kamu tidak mencoba mengunci dokumen tersebut? emang bisa ya… min mengunci dokumen di google spreadsheet? bisa kok, bahkan kita juga bisa mengunci cell di google spreadsheet.

Apa Keuntungan Mengunci Dokumen Atau Cell Di Google Spreadsheet?

Keuntungan kita mengunci cell di dokumen spreadsheet, orang lain tidak akan dapat mengedit dan menghapus cell yang ada di dalam google spreadsheet. Dengan melindungi dokumen yang sudah kamu buat, tentunya orang lain tidak akan dapat melakukan apapun terhadap dokumen milik kamu.

Cara Mengunci Cell Di Google Spreadsheet

Lalu Bagaimana cara mengunci cell di google spreadsheet? mengunci dokumen atau cell di google spreadsheet sebenarnya sangat mudah dilakukan, asal kamu mengikuti tutorial dari kami. Kamu juga bisa memproteksi dokumen milik kamu di google spreadsheet dengan mudah, untuk panduan tutorialnya kamu bisa mengikutinya dibawah ini.

Langkah pertama agar kamu bisa mengunci cell atau dokumen di google spreadsheet pertama-tama kamu buka google spreadsheet di komputer atau di android kamu, disini saya membuat dokumen baru di spreadsheet.

Kedua, setelah kamu sudah berada di dalam dokumen spreadsheet selanjutnya kamu klik data kemudian pilih Protect sheets and ranges.

Ketiga, sewaktu kamu berada di menu tampilan protected sheets & ranges kamu klik saja + Add a sheet or range.

Langkah selanjutnya masih dimenu yang sama dibagian ini kamu pilih 2 opsi, misal kamu ingin memproteksi atau ingin mengunci range, kamu pilih range, disini saya ingin mengunci sheet dan cell, jadi saya pilih sheet, kalau sudah dibagian sheet centang except certain cell lalu klik ok.

Artikel Lainnya: 2 Cara Membuat Tabel Di PowerPoint 2007

Setelah itu masih dimenu yang tadi dibagian ini kamu klik Set Permissions.

Dibagian menu range editing permissions, kamu akan menemukan 2 opsi yang pertama show a warning when editing this range, dan yang kedua restrict who can edit this range, kalau kamu ingin dokumen memunculkan notifikasi warning atau dilarang edit kamu pilih opsi yang pertama yaitu show a warning when editing this range, tapi kalau kamu tidak ingin orang lain mengedit dokumen di google spreadsheet kamu kamu restrict who can edit this range dan untuk yang bagian bawah buat saja only you atau hanya kamu, terakhir klik done.

Setelah kita sudah berhasil menguci sheets cell di google spreadsheets, sekarang kita uji coba dokumen yang sudah kita kunci tadi, disini saya mencoba mengedit dokumen milik saya menggunakan alamat email lain, dan mencoba mendownload file setelah itu saya ingin edit di wps office

✔️  2 Cara Mengganti Background Power Point

Dan ternyata sewaktu ingin mengedit dokumen tersebut muncul warning “ada masalah” anda mencoba mengedit sel atau objek terlindungi. Harap Hubungi pemilik spreadsheet untuk menghapus pelindung bila perlu mengeditnya.

Berarti disini kita sudah berhasil melindungi dan mengunci dokumen milik kita di google spreadsheets.

Kesimpulan

Agar dokumen yang sudah kita buat terlindungi sepenuhnya, dan terkunci dengan kuat kamu bisa mengunakan kedua opsi perlindungan di google spreadsheet, yang pertama kunci range, kemudian sheets dan cell, sekian dan terimakasih semoga dengan adanya artikel ini kami dapat membantu mengatasi masalah kamu, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca blog kami.

Leave a Comment