Inilah Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo Agar Lebih Aman

Ketahui cara mengunci aplikasi di HP Vivo sedini mungkin jika tidak ingin beberapa aplikasi pribadi dibongkar teman atau orang tidak dikenal. Demi keamanan saja, pastikan untuk memikirkan cara ini mulai dari sekarang.

Kita tidak tahu kapan kejadian hal buruk yang akan menimpa diri sendiri, misalnya HP hilang atau sedang dipinjam oleh teman. HP adalah privasi, sehingga Anda perlu menjaganya dengan sebaik mungkin.

Dari pada Anda bingung tentang bagaimana cara mengunci aplikasi di HP Vivo, kami akan memberikan langkah dan tata caranya dengan sebaik mungkin. Ikuti petunjuk berikut agar privasi aplikasi semakin terjaga dan aman bagi Anda.

4 Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo Paling Mudah

Vivo adalah merk HP asal Tiongkok yang cukup terkenal di Indonesia. Sudah ada jutaan unit terjual dan terus meningkat setiap tahunnya.

Semakin berjaya, perusahaan Vivo juga berkembang dengan terus dan memperbarui fitur dan sistem dalam ponsel mereka. Khususnya pada fitur privasi.

Setiap aplikasi yang terinstal di dalam smartphone Vivo itu sebenarnya sangat butuh kunci agar aman.

Apalagi sekarang smartphone itu seperti brangkas setiap orang. Mulai dari uang digital, foto pribadi, data diri, dan video pribadi ada semua di dalam ponsel.

Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara mengunci aplikasi di HP Vivo dengan benar. Mungkin beberapa dari Anda sudah ada yang tahu.

Tapi bagi Anda yang belum pernah mengunci aplikasi, bisa melakukan 4 metode berikut agar nanti lebih aman dan mudah dalam melakukannya :

Gunakan Menu Pengaturan

Di smartphone mana saja, pasti ada menu pengaturan. Hal yang membedakannya adalah opsi yang dihadirkan dalam menu pengaturan tersebut.

Jika dalam HP Vivo, menu pengaturan juga bisa melakukan cara mengunci aplikasi di HP Vivo. Asalkan Anda sudah paham fungsi berbagai opsi di menu pengaturan, pasti bisa melakukannya.

✔️  Cara Mengirim Lampiran File Dokumen di Gmail

Untuk Anda yang masih belum tahu bagaimana caranya, berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Silakan ambil smartphone Vivo Anda dan mulai ke menu Pengaturan atau Settings.
  • Di dalamnya ada banyak pilihan, Anda cukup ke opsi keamanan atau Security.
  • Dalam menu keamanan, Anda cukup melihat bagian privasi dan enkripsi aplikasi.
  • Cara mengunci aplikasi di HP Vivo selanjutnya adalah dengan memasukkan kode keamanan yang terdiri dari 6 angka. Jangan sampai salah.
  • Opsi dalam mengunci aplikasi itu ada beberapa. Bisa dengan pola, kata sandi, face lock hingga finger print.
  • Nanti ada pertanyaan yang harus dipilih. Pilih salah satu untuk dimasukkan.
  • Klik pojok kanan atas bila semua pengaturannya telah selesai dilakukan
  • Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan, memilih jenis aplikasi yang butuh dilock agar privasinya tetap terjaga.
  • Setelah itu silakan untuk dicoba. Setiap memasuki aplikasi, pasti harus membuka kuncinya.

Melalui i Manager

Cara mengunci aplikasi di HP Vivo selanjutnya, Anda bisa menggunakan i Manager yang juga cukup mudah dilakukan. Cara ini hanya diperuntukkan untuk tipe HP Vivo yang lama.

Spesifikasi HP lama itu adalah yang masih menggunakan funtouch OS versi 2.6 ke bawah. Jika tipe HP Vivo Anda seperti ini, maka bisa gunakan i Manager. Bagaimana langkahnya?

  • Masuk ke Menu i Manager

Langkah pertama dari cara mengunci aplikasi di HP Vivo adalah dengan pergi ke menu i Manager yang ada di HP Vivo Anda sendiri.

  • Klik Manajer Aplikasi

Jika sudah berada di i Manager, di sana ada berbagai opsi pilihan perintah, Anda tinggal klik manager aplikasi.

  • Pilih Kunci Aplikasi

Kunci aplikasi yang ada pada HP Vivo lama itu rata-rata pola dan juga password angka. Pilih salah satunya.

  • Atur Applocknya

Jika sudah memilih jenis kunci yang diinginkan, atur kodenya dengan benar, pastikan susunan angkanya unik agar tidak mudah dibaca orang.

✔️  2 Cara Defrag Hardisk Laptop & PC Di Windows 10

Jika menggunakan pola, gunakan pola yang sedikit rumit tapi tetap Anda ingat. Ini nanti digunakan saat Anda membuka aplikasinya.

  • Pilih Aplikasi yang Dikunci

Langkah terakhi adalah memilih aplikasi yang perlu dikunci. Bila telah selesai terpilih, jangan lupa geser toggle hingga menjadi warna biru.

Instal Aplikasi Applock

Ketika cara mengunci aplikasi di HP Vivo yang ada di atas memang terlalu sulit untuk Anda lakukan, masih ada alternatif lain yang bisa dilakukan.

Karena mungkin jika dari penjelasan, belum begitu paham. Untuk itu, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi Applock dengan cara :

  • Pergi ke Google Playstore terlebih dulu dan cari aplikasi yang bernama Applock.
  • Jika sudah ketemu, dilakan download dan instal pada ponsel Anda.
  • Silakan untuk membuka aplikasinya jika sudah terinstal.
  • Anda nanti bisa mengatur kata sandi, pola atau pin. Ini nantinya akan digunakan untuk mengunci aplikasi.
  • Lanjut, cara mengunci aplikasi di HP Vivo adalah izinkan aplikasi untuk mengakses fingerprint. Ini khusus HP Vivo yang sudah ada fitur fingerprintnya.
  • Jika pin, pola atau kata sandi telah dibuat, Anda nanti akan dibawa ke bagian dashboard.
  • Jangan lupa untuk memilih aplikasi yang dikunci dengan mengeklik (+) yang ada di sana.
  • Untuk mengakhiri pengaturan, Anda geser togle hingga menjadi warna biru. Bila ada aksesibilitas, izinkan saja.
  • Kini pengaturannya telah selesai dilakukan.

Lalu bagaimana jika ingin menon-aktifkan kuncinya? Ini cukup mudah, Anda hanya perlu menggeser slider menjadi warna putih.

Jika sudah berubah menjadi warna putih maka sudah tidak aktif lagi untuk mengunci aplikasi. Dan sudah pasti masuk ke aplikasi tanpa harus memasukkan pola, finger print atau pin.

Datang ke Counter Resmi Vivo

Lalu, cara mengunci aplikasi di HP Vivo yang terakhir bisa dengan datang langsung ke counter resmi Vivo. Jika memang Anda masih belum membeli HP Vivo dan hanya ada niatan saja, bisa minta coba karyawan di sana saat membelinya.

✔️  Cara Daftar Program Affiliate Adobe Stock

Mungkin cara di atas terlalu sulit untuk dilakukan atau kurang paham, tidak masalah. Datang saja ke counter HP Vivo resmi yang ada di kota Anda.

Pasti di sana banyak karyawan yang tahu dan memberitahu kepada Anda bagaimana cara mengunci aplikasi dengan benar.

Karyawan dari counter resmi Vivo sudah pasti lebih profesional dalam melakukan cara ini. Mereka tahu beberapa menu dan fungsi yang ada di dalam ponsel Vivo.

Cara paling mudah, Anda bisa langsung datang ke Counter Vivo terdekat, bisa juga galeri resmi Vivo. Nanti minta ke salah satu karyawan yang ada di sana.

Mintalah secara baik-baik kepada mereka, nanti juga tahu apa yang harus mereka lakukan. Agar Anda paham, minta juga diajarin tahapannya agar suatu saat nanti bisa melakukannya sendiri.

Tidak ada yang sulit dalam mengatur penguncian aplikasi ini. Asalkan mau mencari tahu tentang cara mengunci aplikasi di HP Vivo, akan sangat mudah, coba praktikkan sendiri agar nanti paham prosesnya.

 

Leave a Comment