Cara Menggunakan VPN Di PC Tanpa Aplikasi

Sebagian pengguna windows 7,8 dan 10 pasti belum paham cara menggunakan vpn di pc tanpa aplikasi, sebenarnya kita tidak hanya bisa memakai vpn di pc saja tetapi di laptop juga bisa, alah mimin ngomongin vpn paling nanti pakai aplikasi kan min? enggak sob kali ini mimin mau mbahas cara menggunakan vpn tanpa aplikasi tambahan apapun.

Biar saya jelaskan sedikit, tanpa kita sadari sebenarnya windows 7,8 dan 10 sudah disediakan fitur vpn loh, hanya kita saja yang tidak menyadari fitur tsb sudah ada sejak dahulu, maksudnya min? ya simpelnya gini windows sudah memiliki fitur VPN namun tidak banyak orang yang tahu cara melakukan setting fitur vpn pada windows.

Maka dari itu mimin akan mengajarkan kamu bagaimana cara menggunakan fitur vpn di windows 7 8 dan 10 tanpa aplikasi tambahan kamu bisa mempraktekan tutorial ini di laptop atau pc kamu dirumah.

Cara Menggunakan VPN Di PC/ Laptop Tanpa Aplikasi

Perlu kamu ketahui, tutorial ini hanya bisa dilakukan di sistem operasi windows 7,8 dan 10 kalau windows 11 saya kurang tahu karena belum coba, kalaupun ada di windows versi lama atau windows versi baru fitur atau nama nya tidak jauh berbeda kok.

Cara Menggunakan VPN Di Windows 10 PC/ Laptop

Karena saya menggunakan sistem operasi windows 10, jadi saya buat judul sesuai sistem operasi yang saya gunakan. Kamu juga bisa mempraktekannya di windows 7, dan 8, untuk panduannya bisa kamu ikuti dibawah ini.

1. Buka Fitur Network Status

Network Status
Network Status

Langkah pertama untuk bisa menggunakan vpn tanpa aplikasi tambahan di pc atau laptop, kamu bisa melalui fitur Open Network & Internet settings ini untuk windows 7 dan 8, karena saya menggunakan windows 10 jadi saya menggunakan fitur search dan ketikan network status kemudian klik.

✔️  Begini Tutorial Mudah Cara Edit Foto Pengantin

2. Network And Sharing Center

Network And Sharing Center
Network And Sharing Center

Setelah berada di bagian menu settings, kamu cari advanced network settings kemudian cari menu Network and sharing center kemudian klik, oh iya ada banyak cara untuk masuk ke network and sharing center, kalau kamu sudah banyak tahu caranya, kamu hanya tinggal cari fitur network and sharing center saja.

Artikel Lainnya: Cara Menggunakan DNS CloudFlare Di Google Chrome Android

3. Set Up A New Connection Or Network

Set Up A New Connection Or Network
Set Up A New Connection Or Network

Di bagian change your networking settings klik Set Up A New Connection Or Network nantinya kamu akan diarahkan kemenu selanjutnya.

4. Connect To A Workplace

Connect To A Workplace
Connect To A Workplace

Setelah berada di tampilan Choose a connection option kamu pilih connect to a workplace kemudian klik next.

5. Use My Internet Connection (VPN)

Use My Internet Connection (VPN)
Use My Internet Connection (VPN)

Setelah kamu berada di menu How Do You Want To Connect? kamu Klik Use My Internet Connection (VPN).

6. Masukan Internet Address

Masukan Internet Address
Masukan Internet Address

Di dalam menu Type the internet address to connect to, kamu diminta untuk memasukan internet address, cara mendapatkan internet address ini gimana? caranya mudah kamu buka situs Vpnbook kemudian kamu akan menemukan list internet address pilih server vpn yang kamu inginkan, oh iya jangan lupa catat username dan password yang diberikan vpnbook.

VPN Book
VPN Book

Oh iya untuk bagian username dan password setiap bulan passwordnya akan di rubah oleh pemilik situs vpnbook, maka dari itu kamu harus mengunjungi vpn book setiap bulannya untuk mendapatkan password vpn yang baru.

Artikel Lainnya: Cara Membuka Situs Yang Di Blokir Dengan Opera Mini Di Android Tidak Perlu VPN

Kalau sudah kamu masukan internet address selanjutnya klik create dan tunggu beberapa detik.

✔️  Cara Bobol WiFi Tanpa Aplikasi di Android, Mudah!

Panduan: Cara Mengaktifkan VPN

Langkah selanjutnya kamu tinggal mengaktifkan VPN yang sudah kita pasang tadi, caranya bagaimana? buka menu icon network atau icom jaringan.

1. Buka Icon Jaringan/ Network

Vpn Connection 2
Vpn Connection 2

Setelah kamu buka menu icon jaringan, langkaah selanjutnya buka VPN Connection dan kemudian klik setelah itu klik Connect.

2. Masukan Username Dan Password VPN Book

Masukan Username Dan Password VPN Book
Masukan Username Dan Password VPN Book

Langkah selanjutnya kamu diminta sign in, masukan username dan password yang diberikan oleh vpn book dan kemudian klik ok. dan tunggu beberapa detik sampai vpn terkoneksi ke jaringan kamu. Dan sekarang tinggal kita periksa apakah ip kita sudah berubah apa belum, biasanya letak lokasi kita akan berubah yang awalnya negara indonesia akan menjadi ip negara asing.

Caranya cukup mudah masuk ke Whats Is My Ip Address, sebagai contohnya kamu bisa melihatnya di bawah ini.

Whats Is My Ip Address
Whats Is My Ip Address

Dsini saya mendapatkan Ip komputer saya, dan terlihat isp kota serta negara saya berubah, kalau sudah seperti ini berarti kita sudah berahasil mengaktifkan vpnnya.

Artikel Lainnya: 6 Situs Free Proxy Gratis Untuk Membuka Situs Yang Diblokir

Min, Bagaimana cara mematikan VPN yang sudah kita pasang tadi? caranya gampang masuk ke setting kemudian cari VPN, kemudian klik disconnect ,kalau kamu binggung kamu bisa melihat gambarnya di bawah ini.

Disconnect VPN
Disconnect VPN
Kesimpulan

Bagaimana sangat mudah bukan cara menggunakan vpn di pc atau laptop tanpa aplikasi tambahan, kalau kamu mengalami kesulitan sewaktu mengkoneksikan vpnnya bisa kita diskusikan di kolom komentar.

Leave a Comment