Cara Menggunakan Google Docs Offline

Google docs merupakanan layanan dokumen sama seperti microsoft word, bedanya untuk menggunakan microsoft word kita harus mempunyai aplikasi atau software nya terlebih dahulu, namun berbeda dengan google docs, kita bisa menggunakan google docs secara offline ataupun online melalui laptop, pc dan juga android.

Tanpa harus memakai software terlebih dahulu, fitur yang ada di google docs juga sama seperti fitur di microsoft word bedanya google docs bisa kita gunakan tanpa harus mengunduh dan menginstallnya di perangkat kita terlebih dahulu.

Cara Menggunakan Google Docs Offline

Sesuai tema judul kita kali ini, dikesempatan ini admin akan mengajarkan kamu bagaimana cara menggunakan google docs secara offline, google docs offline ini sebenarnya tidak bisa di dapatkan secara default, maka dari itu kita harus mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu, untuk caranya kamu bisa melihat tutorialnya di bawah ini.

1. Buka Google Docs (Google Dokumen)

Google Docs
Google Docs

Langkah pertama-tama buka google docs kemudian kamu loginj ke akun gmail kamu.

2. Masuk Ke Google Docs Settings

Google Docs Settings
Google Docs Settings

Selanjutnya setelah berada di google docs, cari tanda garis tiga (gambar balok tiga) kemudian masuk ke menu pengaturan atau settings.

3. Aktifkan Google Docs Offline

 Aktifkan Google Docs Offline
Aktifkan Google Docs Offline

Langkah ketiga, setelah berada di dalam menu settings, cari fitur offline kemudian tekan tombol on (aktifkan) setelah kamu menemukan notifikasi Extension Needed klik install nantinya kamu akan diarahkan kemenu selanjutnya.

Artikel Lainnya: Cara Buat Akun Microsoft Teams

4. Install Add Ons Google Docs Offline

Add Ons Google Docs Offline
Add Ons Google Docs Offline

Di bagian ini, kamu diminta untuk memasang add ons extension google docs offline klik add to chrome, kalau kamu menemukan notifikasi push klik saja add extension, lalu tunggu beberapa saat dan kembali ke menu tahap ketiga.

✔️  Cara Menyimpan Video Tiktok Tanpa Watermark

5. Aktifkan Kembali Google Docs Offline Melalui Pengaturan

Google Docs Offline
Aktifkan Kembali Google Docs Offline

Terakhir kamu kembali kemenu pengaturan google docs, dan centang kembali fitur offline di pengaturan google docs, kalau sudah kamu aktifkan, google docs offline sudah berhasil kamu aktifkan.

Setelah sampai sini, kamu sudah bisa menggunakan google docs offline, dan bisa membuat dokumen atau makalah dll, sesuai kebutuhan kamu.

Leave a Comment