Cara Mengganti Password WiFi Tanpa Teknisi

Zaman sekarang memasang WiFi di rumah sudah lazim ditemukan. Saat menggunakannya Anda harus membuat password untuk izin akses.

Lantas, bagaimana cara mengganti password WiFi?

Baca juga: cara melihat password WiFi 

Mengapa Perlu Ganti Password WiFi?

Tahukah Anda bahwa perlu mengganti kata sandi WiFi secara berkala? Mengubah password harus terjadwal agar bisa diganti dengan rutin. Ada sejumlah alasan mengapa perlu ganti password WiFi.

Pemasangan WiFi Baru

Cara mengganti password WiFi

Ketika awal memasang WiFi, Setting jaringan masih default. Dalam kondisi ini Anda perlu cara mengganti password WiFi.

Untuk melihat apakah password WiFi masih dalam pengaturan default sangatlah mudah. Apabila Anda membiarkannya dalam kondisi default, maka berisiko tinggi untuk dibobol orang.

Hal tersebut bisa dilihat ketika jaringan WiFi menjadi lambat. Kemungkinan besar jaringan Anda tengah dibobol. Oleh karena itu dibutuhkan cara mengganti password WiFi.

Terutama jika berada di area yang padat penduduk, sangat mudah untuk membobol WiFi. Sehingga menggunakan internet jadi tidak menyenangkan lagi.

Menjaga Keamanan Koneksi

Cara mengganti password WiFi bermanfaat untuk mengamankan koneksi internet. Sebab jika sudah dibobol, maka data yang terhubung ke jaringan beserta koneksi internet telah dicuri. Anda harus berhati-hati dalam mengamankan koneksi terutama data pribadi.

Koneksi Lebih Stabil

Stabilitas koneksi jaringan internet lebih stabil dengan mengganti password secara rutin. Bagaimana tidak? Ketika kata sandi diganti, maka pembobol akan kehilangan aksesnya.

Jadi, pastikan Anda susah paham bagaimana cara mengganti password WiFi. Agar bisa secara berkala melakukan pergantian kata sandi.

Menjaga Keamanan Router

Jaringan wifi

Alasan lain mengapa perlu mengganti kata sandi adalah demi keamanan Router. Ketika banyak orang mengakses, memungkinkan terjadinya masalah pada Router WiFi. Ganti sandi bisa menghindari router WiFi di rumah bermasalah.

Ciri Jaringan WiFi telah Dibobol Orang

Sebelum memahami cara mengganti password WiFi, ada baiknya Anda tahu tanda WiFi telah dibobol. Di bawah ini beberapa ciri-ciri yang harus Anda waspadai.

✔️  Langkah Belajar Trading untuk Pemula yang Wajib Dipraktikkan

Internet Sangat Lambat

Ciri-ciri yang paling jelas ialah internet di rumah sangat lambat saat digunakan. Tidak dapat dipungkiri bahwa internet menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi semua orang. Mengakses media sosial, informasi, hingga belajar pun kini membutuhkan internet.

Namun, sayangnya jaringan WiFi di rumah digunakan orang lain tanpa izin. Dengan kasus yang kerap terjadi tersebut, dibutuhkan cara mengganti password WiFi.

Penurunan kecepatan internet membuat aktifitas Anda jadi terhambat. Meskipun ada kemungkinan lain mengapa WiFi menjadi lemot. Namun, Anda patut curiga dan waspada terhadap pencuri koneksi WiFi.

Muncul Iklan yang Mencurigakan

Password WiFi

Umumnya akan muncul iklan setiap kali membuka situs tertentu. Namun, jika iklan yang muncul tidak biasa maka Anda perlu cara mengganti password WiFi. Terlebih jika iklan tersebut terlihat tidak jelas dan bukan berasal dari website resmi.

Lonjakan Biaya Bulanan WiFi

Apabila biaya tagihan yang dilakukan tiap bulannya berdasarkan pada penggunaan data, Anda harus teliti. Lihat secara rinci besar tagihan, lalu bandingkan dengan pemakaian dan tagihan di bulan sebelumnya.

Jika tiba-tiba mendapatkan perbedaan jumlah tagihan yang signifikan dibandingkan bulan sebelumnya. Maka, sudah jelas Anda perlu mencari tahu tentang cara mengganti password WiFi. Sebab Anda patut waspada terhadap lonjakan tagihan WiFi, bisa jadi jaringan dibobol oleh seorang pencuri.

Muncul Spam

Pencuri yang berhasil membobol jaringan WiFi dapat mengambil data pribadi Anda. Yangmana memungkinkan mesin spam menandai Alamat IP rumah Anda. Data alamat IP ini umumnya digunakan pada layanan email utama serta layanan keamanan jaringan.

Apabila hal tersebut terjadi, maka akan terjadi pemblokiran email dari jaringan WiFi secara keseluruhan. Itulah mengapa cara mengganti password WiFi sangat penting untuk pemilik WiFi.

Muncul Perangkat Asing pada Router

Ketika mengalami tanda-tanda di atas cobalah untuk memeriksa Router WiFi. Cek secara teliti apakah ada perangkat asing yang yang memasuki jaringan WiFi rumah Anda. Apabila ada perangkat yang tidak dikenali, Anda harus berhati-hati karena bisa jadi merupakan seorang penyusup.

✔️  Menarik, Begini Cara Mengatasi HP Lemot yang Bisa Membantu Anda

Cara Mengganti Password WiFi Lewat PC dan Hp

Ganti kata sandi merupakan cara ampuh untuk memutuskan perangkat dengan jaringan nirkabel. Tenang, Anda tidak perlu menyewa teknisi untuk mengganti password. Cara mengganti password WiFi  secara mandiri dan mudah bisa Ansa simak disini.

Langkah Ganti Password WiFi Lewat PC/Laptop

Cara pertama yang dapat Anda lakukan yakni menggunakan Laptop atau PC untuk mengubah kata sandi. Perhatian baik-baik panduan mengubah password WiFi di bawah ini.

  1. Cara mengganti password WiFi yang pertama, sambungkan WiFi dengan PC Anda.
  2. Lalu buka browser dan masukkan angka konfigurasi router WiFi pada kolom alamat. Anda bisa mendapatkan angka konfigurasi tersebut pada router bagian belakang.
  3. Berikutnya Anda akan diminta memasukkan password administrasi router dan username. Sementara untuk login default sudah tertera pada router.
  4. Pilih menu Network pada layar bagian kiri.
  5. Kemudian carilah dan pilih opsi WLAN atau Wireless.
  6. Klik menu Pengaturan, lalu tekan Security merupakan cara mengganti password WiFi.
  7. Temukan kolom penggantian kata sandi di samping WPA Passphrase.
  8. Masukkan kata sandi baru sesuai ketentuan yang diminta sistem. Umumnya minimal 8 dan maksimal 63 karakter.
  9. Jika sudah yakin dengan password yang baru dibuat, klik opsi Submit.
  10. Adapun untuk mengganti Profile Name WiFi, masuklah pada menu Network 
  11. Kemudian klik sub menu WLAN dan tekan opsi SSID Settings. 
  12. Proses mengganti Password dan Profilename WiFi Anda telah sukses.

Cara Ubah Password WiFi Menggunakan Hp

Cara mengganti password WiFi tidak hanya bisa dilakukan melalui PC saja. Jika Anda tidak memiliki perangkat Laptop, Hp juga bisa digunakan untuk mengubah password WiFi. Berikut ini cara mudah mengganti sandi dengan Handphone.

    1. Pertama buka Router Settings melalui alamat IP pada Browser.
    2. Isi kolom kata sandi dan username. Data tersebut berada pada bagian belakang Router WiFi.
    3. Klik menu WLAN atau WiFi pada layar Handphone Anda.
    4. Temukan menu WPA Passphrase untuk mengubah kata sandi WiFi.
    5. Cara mengganti password WiFi selanjutnya masukkan kata sandi baru.
    6. Pilih opsi Submit apabila sudah yakin dengan kata sandi yang baru.
  • Password WiFi sudah siap Anda gunakan.
✔️  2 Cara Menggunakan Google Lens

Ganti password WiFi melalui CISCO

Ganti password WiFi

CisCo bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin ganti rutin password WiFi. Pengguna bisa membuka melalui smartphone maupun PC. Panduan sangat mudah dan praktis seperti di bawah ini.

  1. Cara mengganti password WiFi yakni buka Browser di PC atau Hp Anda.
  2. Isi kolom log in dengan kata sandi dan username Anda.
  3. Setelah berhasil masuk, pilih tab Wireless.
  4. Kemudian tekan opsi Basic Wireless Setting, dan pergi ke Wireless Security.
  5. Ketiklah password baru pada kolom Passphrase. Pastikan sandi baru kuat dan benar sesuai ketentuan.
  6. Klik Submit, maka kata sandi berhasil diubah.

Jaringan WiFi di rumah membantu segala aktivitas Anda yang berhubungan dengan internet. Namun, pencuri koneksi internet menjadi hal yang harus diwaspadai. Oleh sebab itu kini Anda perlu memahami cara mengganti password WiFi secara mandiri di rumah.

Leave a Comment