Cara Mengetahui Tipe Partisi Harddisk MBR Atau GPT

Cara Mengetahui Tipe Partisi Harddisk MBR Atau GPT – Pernah tidak sewaktu kamu ingin membuat bootable sistem operasi windows di rufus atau software bootable lainnya, ada pilihan di bagian partition Schema sewaktu kita pilih ada dua jalur yaitu MBR atau GPT.

Mungkin sebagian dari kalian belum tahu mendalam soal tipe partisi hardisk terutama MBR atau GPT berikut kami jelaskan tentang MBR dan GPT pada hardisk

Sebenarnya Apa Sih MBR & GPT Pada Harddisk Itu?

MBR (Master Boot Record) merupakan sebuah arsitektur partisi harddisk yang bertugas memegang informasi tentang file sistem, logical partition dan pengaturan sistem. Partisi MBR juga memiliki kekurangan, salah satu kekurangannya partisi ini hanya mendukung media penyimpanan hardisk maksimal 2TB dibawah 2TB kamu tidak akan bisa menggunakan partisi MBR pada komputer atau laptop.

GPT (GUID Partition Table) adalah sebuah teknologi partisi hardisk generasi terbaru menggantikan partisi hardisk MBR, bisa dikatakan partisi GPT merupakan teknologi generasi terbaru yang lebih canggih dan lengkap.

Di artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang MBR dan GPT secara detail, untuk informasi detailnya kamu bisa mencari informasinya di google, karena topik kita kali ini saya ingin membahas cara mengetahui tipe partisi harddisk MBR atau GPT pada komputer atau laptop. Bagaimana cara mengetahuinya? Yuk simak caranya di bawah ini.

Cara Mengetahui Tipe Partisi Harddisk MBR Atau GPT Di Laptop & PC (Komputer)

Ada beberapa cara agar kita dapat mengetahui jenis partisi harddisk kita memiliki tipe MBR atau GPT, caranya juga cukup mudah berikut caranya.

1. Cara Mengetahui Tipe Partisi Hardisk Melalu CMD (Command Prompt)

Command Prompt
Command Prompt

Cara ini merupakan cara yang paling mudah melihat partisi hardisk, caranya buka CMD (Command Prompt) di windows kamu, kemudian ketikan diskpart lalu tekan enter.

list disk
list disk

Setelah kamu sudah masuk di disk partition dengan memasukan perintah diskpart tadi, kemudian masukan perintah kembali list disk nantinya kamu akan melihat status partisi harddisk/ssd kamu dan cobalah perhatikan di ujung line, disini saya sudah tahu bahwa tipe partisi harddisk saya GPT ( GUID Partition Table).

✔️  Cara Membuat Linktree Gratis Untuk Bio Sosmed

2. Cara Mengetahui Tipe Partisi Hardisk Melalui Control Panel

Cara kedua untuk mengetahui tipe partisi hardisk MBR atau gpt kita bisa memanfaatkan fitur control panel di windows 10, langkah pertama kamu buka control panel di komputer kamu.

System And Security

Setelah berada di halaman control panel kamu cari fitur System and security kemudian klik.

Administrative Tools
Administrative Tools

Kemudian kamu drag menu sampai kebawah, dan klik Administrative Tools

Artikel Lainnya: Cara Mengganti Kursor Mouse Di Windows 10
Computer Management
Computer Management

Selanjutnya setelah berada di dalam menu Administrative Tools kamu cari fitur menu Computer Management kemudian klik 2x Fitur Computer Management.

Disk Management
Disk Management

Di bagian computer management kamu masuk ke Storage> Disk Management setelah itu di bagian Disk 0 kamu klik kanan mouse nantinya akan ada muncul menu lanjutan seperti Convert to dynamik disk, Dan Convert TO MBR Disk, disini kamu sudah pastikan karena ada fitur Convert To Mbr Disk (Konversi ke MBR Disk) berarti tipe partisi kita GPT karena adanya fitur konversi ke MBR.

Nah bagaimana mudah bukan cara mengetaui tipe partisi hardisk MBR atau GPT? semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu ya sob, dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment