Cara Mengetahui Password WiFi, Harap Gunakan Secara Bijak!

Ada banyak orang yang memiliki pertanyaan untuk menembak WiFi, tapi tidak tahu password-nya? Tentu saja jawabannya tidak bisa, karena terdapat keamanan WPA dan WPS. Lantas bagaimana cara mengetahui password WiFi terlupakan atau belum terhubung?

WPA (Wireless Protected Accsess) dan WPS (Wireless Protected Security) yang memiliki karakter berbeda, tapi sama-sama memberikan keamanan pada pengguna WiFi. Jenis pengaman WPA ini biasanya akan meminta password untuk dapat terhubung dengan WiFi.

Baca juga: password WiFi di laptop 

Cara Mengetahui Password WiFi Terlupakan

Cara mengetahui password WiFi

Anda pernah melakukan koneksi dengan suatu WiFi di tempat tertentu, tapi lupa password-nya maka dapat memanfaatkan cara berikut. Ikuti setiap langkahnya dengan perlahan agar dapat kembali mengakses jaringan internet gratis dari WiFi orang lain.

  • Mengetahui Password WiFi dari Laptop/ PC

Pertama, buka text bar dan lihat di bagian kanan bawah terdapat icon yang melambangkan WiFi, lalu klik kanan dan pilih ‘Open Network & Internet Setting’. Kedua, klik ‘Status’ dan pilih ‘Network and Sharring Center’.

Pada bagian tersebut Anda akan melihat jelas nama SSID yang sedang terkoneksi dengan device. Ketiga, klik WiFi tersebut dan akan muncul kotak berisi informasi, langsung saja pilih ‘Wireless Propertise’.

Keempat, pilih menu ‘Security’ dan di sana akan terlihat sistem keamanan yang digunakan pada WiFi tersebut, WPA atau WPS. Kelima, beri tanda ceklist pada ‘Show Character’ sebagai cara mengetahui password WiFi yang terkoneksi.

  • Mengetahui Password WiFi dari Android

Anda yang pernah menghubungkan WiFi dengan android yang dimiliki, tapi lupa dengan password-nya dapat menggunakan cara ini. Namun, khusus untuk pengguna android minimal versi 10 atau 11 untuk tahu kembali kata sandi WiFi tersebut.

Pertama, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi ‘QR & Barcode Scanner’ untuk mengetahui password WiFi yang pernah terhubung di android. Kedua, buka ‘Setting’ pada smartphone tersebut untuk membuka menu ‘Network & Internet’.

Ketiga, pilihlah submenu ‘WiFi’ dan klik ‘Saved Networks’ yang terletak di bawah. Di sini Anda akan menemukan seluruh jaringan internet yang tersimpan atau pernah terhubung dengan android.

✔️  8 Cara Membuka Device Manager Di Windows 11

Keempat, pilihlah salah satu dari nama WiFi tersebut yang ingin kembali diakses, tapi lupa password-nya. Selanjutnya, klik ‘Share’ yang ada pada bagian atas layar, dan berikan izin akses, baik itu dengan pindai sidik jari atau pin keamanan android Anda.

Kode QR akan muncul di layar Android, dan inilah yang mewakili SSID sebagai cara mengetahui password WiFi yang Anda inginkan. Selanjutnya, kode QR tersebut dapat di screenshoot (SS) atau disimpan sebagai image di android.

Kelima, masuk ke dalam aplikasi ‘QR & Barcode Scanner’, lalu klik icon bingkai foto untuk memasukkan kode QR yang telah Anda SS atau save di gallery android. Secara otomatis nama WiFi beserta password-nya akan muncul dan dapat diakses kembali.

Bagaimana Cara Mengetahui Password WiFi Belum Pernah Terhubung?

Password WiFi

Lantas, bagaimana dengan WiFi yang ada di sektar, tapi memiliki sistem keamanan WPA atau WPS? Apakah bisa diakses meski belum pernah terhubung? Coba simak dan terapkan cara berikut dengan perlahan dan gunakan secara bijak!

  • Pilah-Pilih Aplikasi untuk Mengetahui Password WiFi

Saat ini sudah banyak sekali tersedia di Playstore aplikasi yang mengklaim sebagai pembobol WiFi. Anda harus berhati-hati, karena tidak semuaya work. Bahkan, ada beberapa yang hanya berisikan sampah iklan setiap klik.

Oleh karenanya, wajiblah berhati-hati dalam memilih jenis aplikasi pembobol WiFi. Apalagi yang meminta smartphore harus di root terlebih dahulu. Jangan terburu-buru, karena setelah itu aplikasi belum tentu dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Cara mengetahui password WiFi yang belum pernah terhubung tentu membutuhkan aplikasi tambahan yang dapat diunduh secara resmi melalui Playstore. Namun, tidak semuanya cocok dan dapat menjalankan sebagaimana fungsinya.

Jelas hal ini akan merugikan Anda, karena kuota justru habis untuk mengunduh dan mencoba menjalankan banyak aplikasi yang ternyata tidak sesuai keinginan untuk mengetahui password WiFi.

✔️  Cara Membuat Folder Google Drive Di PC/ Laptop

Apalagi jika mendapati aplikasi yang hanya berisikan iklan setiap diklik untuk mengharapkan dapat password WiFi. Tentu akan semakin menghabiskan kuota yang Anda miliki, karena sejatinya menjalankan aplikasi tersebut butuh koneksi internet.

  • Perhatikan Versi Android yang Digunakan

Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting untuk mengetahui password WiFi di adroid pakai aplikasi tambahan yaitu versi android yang digunakan. Pasalnya, tidak semua jenis android bisa menjalankan aplikasi untuk mengintip kata sandi jaringan internet.

Ada beberapa aplikasi yang hanya dapat diakses oleh android setidaknya versi 10 atau 11 saja untuk mengetahui kata sandi WiFi. Apabila smartphone Anda di bawah versi tersebut tentunya tidak bisa menemukan aplikasi tersebut di playstore.

Apabila bisa ditemukan pun terkadang terdapat peringatan yang perlu untuk dibaca agar kuota yang dimiliki tidak menjadi sia-sia. Banyak kasus orag yang ingin tahu password WiFi asal unduh aplikasi, tapi nyatanya tidak sesuai dengan versi android.

Penting dilakukan sebelum mengunduh aplikasi tambahan sebagai cara mengetahui password WiFi yaitu membaca ketentuan yang ada pada deskripsi tersebut. Ada beberapa kasus sudah download aplikasi pembobol WiFi, tapi tidak dapat dijalankan. 

Cara mengetahui password WiFi

  • Aplikasi Hanya Recovery Password WiFi

Sebelum memutuskan untuk mengunduh aplikasi yang sudah tersedia di playstore untuk mengetahui password WiFi, ada baiknya pahami terlebih dahulu bahwa kebanyakan aplikasi tersebut hanya melakukan recovery saja.

Artinya, android yang Anda gunakan pernah terhubung dengan jaringan WiFi tersebut, tapi lupa password-nya atau tidak sengaja menghapus koneksi. Salah satunya aplikasi ‘WiFi Password’ yang dapat diunduh di playstore.

Aplikasi ini tergolong ramah, karena tidak memakan banyak ruang dan dapat dijalankan oleh pengguna android versi di bawah 10. Bahkan tidak memerlukan root dan dapat diunduh gratis untuk terhubung dengan WiFi di sekitar Anda.

Namun, sangat disayangkan aplikasi ini lebih cocok disebut sebagai recovery saja, bukan pembobol WiFi. Jadi tidak bisa mengharapkan lebih untuk WiFi yang belum pernah terhubung sama sekali menggunakan aplikasi ‘WiFi Password’.

  • Aplikasi Bisa Bobol Password WiFi?
✔️  Cara Membuat Subscribe di Blog dan Kegunaannya

Selain itu, perlu Anda pahami bahwa aplikasi tambahan sebagai cara mengetahui password WiFi yang belum pernah terhubung ini memiliki beberapa catatan tertetu yang harus dipahami agar tidak salah menafsirkan.

Ada salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membobol WiFi dan tersedia di Playstore, yaitu ‘WiFi Password Key Show’. Hanya saja android yang sudah di root dapat menjalankan aplikasinya agar bisa mengintip kata sandi WiFi.

Apabila android Anda belum pernah root, ada baiknya untuk tidak melakukannya, karena belum tentu aplikasi tersebut work it di smartphone tersebut. Sementara yang sudah pernah root pun harus memperhatikan beberapa hal.

Mulai dari jenis pengaman WiFi yang digunakan pada jaringan yang ingin dibobol, apakah WPA atau WPS, hingga rangkaian kata sandi yang diterapkan oleh pemiliknya. Sebab, tidak semudah teori untuk melakukan pembobolan WiFi.

WiFi dapat dibobol apabila sistem keamanannya menggunakan WPA dan kata sandi yang diterapkan berupa rangkaian angka saja, tanpa kombinasi huruf. Anda tidak bisa membobol WiFi yang memiliki rangkaian password tersebut.

Cara mengetahui password WiFi hanya dapat dilakukan apabila perangkat Anda, baik itu laptop/ PC maupun android/ ios, sudah pernah terhubung sebelumnya. Selalu bijak dalam memilih aplikasi tambahan untuk intip kata sandi jaringan internet sebelum menyesal.

Leave a Comment