Cara Mengetahui Cloud Hosting Terbaik dari Berbagai Aspek

Cloud hosting terbaik merupakan salah satu cara yang dapat diterapkan untuk menampilkan performa website dengan maksimal. Bisa dikatakan jika hosting selayaknya penyimpanan dengan kapasitas super besar.

Hosting sendiri terdiri dari berbagai jenis dengan kapasitas dan kegunaan yang berbeda sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan website, baik untuk kebutuhan pribadi maupun komersial.

Untuk bisa memperoleh hosting yang terbaik, pastinya Anda harus memperhatikan berbagai aspek. Misalnya dari segi kecepatan, keamanan hingga kesesuaian dengan platform yang akan digunakan nantinya.

Langkah-Langkah Memilih Cloud Hosting Terbaik

Lantas bagaimana cara mengetahui bahwa hosting tersebut terbaik untuk website Anda? Tentunya harus dipahami bahwa setiap hosting memiliki karakter dan kualitas yang berbeda. Hosting sendiri juga terdiri dari beberapa jenis dengan kegunaan yang tidak sama.

Jadi, sebelum memilih Anda harus memahami bahwa ada banyak pilihan hosting yang harus diselidiki terlebih dahulu. Tujuannya supaya Anda tidak salah memilih layanan tersebut karena akan berdampak buruk pada website.

Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

  1. Mengetahui Fungsi dan Jenis Website

Cloud hosting yang baik dapat diketahui jika telah memenuhi kriteria mengenai kecepatan, keamanan, layanan, uptime, dan yang terakhir skalabilitas yang sangat baik bahkan di atas yang lainnya.

Kemudian Anda juga perlu memahami jika website yang akan digunakan nantinya ditujukan untuk apa. Sebab, website untuk kebutuhan pribadi dan komersial sangat berbeda begitu pula dengan penggunaan cloud hosting terbaik nantinya.

Oleh karena itu, pemilihan website ini harus ditentukan sejak awal untuk mengetahui kebutuhan Anda. Misalnya saja, jika memiliki situs pribadi maka bisa memilih hosting Ezabytes dan Niagahoster untuk situs komersial.

Kemudian jenis-jenis hosting yang perlu Anda ketahui diantaranya shared hosting, cloud hosting, WPS hosting dan WordPress hosting dengan karakter dan fungsi utama yang berbeda.

✔️  6 Jenis Hosting Terbaik 2021 yang Layak Anda Pertimbangkan

Sebagai contoh, cloud hosting dirancang dengan beberapa server sehingga dapat meminimalisir platform down saat lalu lintas pengunjung sedang tinggi. kemudian WordPress hosting yang khusus ditujukan untuk situs WordPress saja.

  1. Menentukan Platform

Selanjutnya Anda juga perlu memahami bahwa penggunaan hosting yang berbeda juga dipengaruhi oleh platform yang digunakan. Misalnya saja jika hanya kebutuhan blog saja, maka bisa menggunakan WordPress.

Beberapa platform lainnya yang bisa digunakan contohnya WIX, CMS, Joomla, Drupal dan masih banyak lagi. Setiap platform tersebut akan lebih optimal apabila menggunakan hosting khusus sesuai dengan jneis situsnya.

Contohnya untuk platform WordPress, Anda dapat menggunakan cloud hosting terbaik khusus untuk WordPress hosting sehingga performa bisa lebih maksimal karena pengaturannya sudah disesuaikan.

  1. Melihat Potensi Traffic Situs

Traffic dalam sebuah website sangatlah penting dan harus dipantau secara berkala. Sebab, ketika situs memiliki jumlah traffic yang tinggi, artinya platform tersebut potensial untuk berkembang untuk menjadi lebih baik dan dikenal masyarakat.

Terlebih jika platform tersebut ditujukan untuk toko online, portal berita dan sejenisnya. Pemilihan cloud hosting terbaik yang tepat juga akan mempengaruhi jumlah pengunjung situs Anda.

Jika situs yang ingin Anda gunakan untuk tujuan komersial, maka sebaiknya memilih hosting dengan resource besar dan cepat. Tujuannya supaya situs tidak down jika pengunjung sedang ramai.

  1. Menentukan Target Pengunjung

Target pengunjung dan lokasi yang dipilih juga memiliki peran besar dalam penentuan cloud hosting. Pemilihan server hosting yang tidak sesuai dengan target pengunjung hanya akan memperburuk performa situs Anda.

Jika target dari situs Anda hanya diperuntukkan untuk orang-orang Indonesia saja, maka sebaiknya memilih server dengan pusat data lokal begitu pula sebaliknya. Hal ini untuk menjaga performa dan kecepatan situs supaya tetap stabil.

Selain itu, jika terjadi kendala pada website yang digunakan, Anda tidak perlu waktu lama serta kesulitan untuk menanganinya karna tim support cloud hosting terbaik sendiri ada di Indonesia.

  1. Memilih Fitur dan Konten yang Sesuai

Selanjutnya pemilihan fitur dan konten juga harus disesuaikan dengan kebutuhan website. Platform yang membutuhkan fitur serta konten beragam biasanya khusus untuk komersial karena tujuannya memang menarik pelanggan.

✔️  5 Group Belajar Menjadi Seorang Blogger Di Facebook

Akan tetapi, jika Anda hanya menggunakan blog pribadi, tentunya kedua hal tersebut tidak banyak dibutuhkan. Perlu dipahami juga bahwa konten di dalam website tidak hanya sebatas tulisan melainkan bisa video, animasi dan lain-lain.

Cloud hosting terbaik pastinya akan membantu mengoptimalkan konten yang akan Anda gunakan. Apalagi jika situs tersebut milik perusahaan yang membutuhkan fitur serta konten kompleks serta variatif.

Tentunya kedua hal tersebut membutuhkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Oleh karena itu, pemilihan hosting harus tepat supaya situs juga dapat diakses dengan lebih mudah.

  1. Kapasitas dan Kualitas Hosting

Cloud hosting terbaik pastinya menyediakan kapasitas yang besar sehingga bisa untuk menyimpan berbagai kebutuhan platform Anda. Terlebih semakin banyak variasi konten serta fitur yang digunakan, maka kapasitasnya juga harus besar.

Tujuan utama hosting memang digunakan untuk menyimpan berbagai database penting dari website sehingga dapat diakses kembali suatu saat. Oleh karena itu, ketika membangun website Anda juga harus memperhatikan kapasitanya.

Terutama jika tujuan penggunaan website membutuhkan kapasitas besar, maka pemilihan hosting harus tepat jika tidak ingin performa semakin buruk seiring berjalannya waktu. Apakah Anda sudah mengerti?

Selain itu, sebelum memilih perhatikan juga kualitas hosting yang akan digunakan. Tentunya Anda tidak ingin rugi jika ternyata kualitas yang dipilih sangat buruk untuk performa website dan pasti akan merugikan dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Menyesuaikan dengan Budget

Cloud hosting terbaik pastinya juga mampu memberikan penawaran harga terbaik pula. Memilih hosting dengan harga yang sesuai merupakan sebuah investasi sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mengeluarkan budget di sini.

Walaupun begitu, saat ini sudah tersedia berbagai jenis hosting dengan paket harga yang lebih masuk akal sehingga tidak perlu khawatir akan melebihi batas kemampuan Anda. Anda juga bisa mencari berbagai promo harga hosting di situs resminya untuk menghemat budget.

✔️  Kenali 6 Ciri-Ciri Hosting Website Terbaik Sebelum Menggunakannya

Namun, perlu digaris bawahi juga jika tidak perlu terlalu khawatir mengeluarkan untuk hosting. Sebab, hosting tersebut yang akan membuat performa website Anda semakin baik dan diminati oleh pengunjung.

  1. Melihat Review dan Testimoni

Cara terakhir untuk memilih cloud hosting terbaik adalah dengan melihat review sebelumnya. Hal ini perlu Anda amati pada penyedia hosting supaya tidak rugi apalagi sampai salah pilih.

Penyedia hosting yang memiliki review memuaskan pastinya menyediakan layanan dengan jujur dan terbaik. Bahkan jika beruntung Anda bisa mencari penyedia hosting sekaligus berkonsultasi untuk mengetahui yang cocok dengan plastform.

Untuk melihat revie tersebut, Anda bisa memanfaatkan internet dan mencarinya di google my business atau sejenisnya. Kemudian mulai menulusuri satu per satu para penyedia hosting tersebut.

Pada dasarnya dalam memilih hosting harus disesuaikan dengan kebutuhan platform yang sedang Anda bangun. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh cloud hosting terbaik sesuai dengan keinginan.

Leave a Comment