10 Cara Mengecek NIK KTP Secara Online

Cara Mengecek NIK KTP Secara Online – Kita tahu NIK merupakan salah satu faktor penting yang harus kita miliki dan bawa setiap saat jika ingin bepergian kemanapun. Karena NIK merupakan salah satu identitas yang menunjukan siapa dan dari mana kita berasal.

Apa itu NIK?

NIK (Nomor Induk Kependudukan) adalah Nomor Induk Kependudukan atau NIK adalah nomor identitas Penduduk yang bersifat unik atau khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai Penduduk Indonesia. Wikipedia

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan Pasal I ayat 12, dimana NIK sendiri merupakan terdiri dari kumpulan angka yang merupakan unik dan tidak pernah sama dengan yang dimiliki orang lain di belahan dunia manapun khususnya penduduk indonesia.

10 Cara Cek NIK KTP Secara Online

Artikel lainnya : 4 Cara Download Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi & Dengan Aplikasi [Lengkap]

Apakah Bisa Cek NIK KTP Secara Online?

Apakah bisa cek ktp online?
Apakah bisa cek ktp online?

Jawabannya tentu bisa,, kamu bisa cek NIK KTP secara online tanpa perlu lagi repot mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mengeceknya. Dengan ini, kamu akan lebih menghemat waktu kamu, dan juga lebih praktis.

Kita tau sangking betapa pentingnya KTP, yang merupakan syarat wajib karena hampir segalanya menggunakan KTP. Oleh karena itu bagaimana jika kita meninggalkan ktp ? Atau sedang mengecek apakah ktp tersebut palsu atau benar? Nah berikut ini adalah layanan cek nik ktp secara online yang bisa kamu gunakan untuk beberapa keperluan penting lainnya.

Bagaimana Cara Cek KTP Online?

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk cek nik ktp secara online, simak artikel berikut ini:

✔️  Aplikasi Sadap Whatsapp Terbaru Untuk Pengguna Android

1. Cara Cek NIK KTP Secara Online melalui SMS

Untuk melakukan pengecekan nomor ktp secara online dengan sms, maka langka pertama adalah dengan memastikan bahwa kita memiliki pulsa untuk mengirim pesan. Lalu ketikan format berikut ini :

Cek#KTP#NIK 

lalu kirim pesan tersebut ke nomor Dukcapil di 0815-3636-9999.

2. Cara Cek NIK KTP Secara Online Melalui WhatApps

Kamu sekarang suda bisa menggunakan layanan cek NIK KTP melalui whatapps, jika kamu hanya menggunakan aplikasi wa.

Artikel lainnya : Cara Menghilangkan Tanda Centang Biru Di WhatsApp
Berapa No WA Dukcapil?

Untuk bisa menggunakan layanan cek NIK KTP via whatapps kamu bisa mengirim pesan ke nomor whatsapp Dukcapil yaitu 0813-2691-2479. Ketik Nama Lengkap, NIK, Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten/Kota dan kirim ke no wa dukcapil tersebut. Setelah itu kamu akan menerima informasi lengkap mengenai data lengkap anda.

3. Cara Cek NIK KTP Secara Online Melalui Email/Surel

Cara lain cek ktp secara online adalah melalui email/surel. Kamu bisa cek ktp kamu melalui email resmi dukcapil yaitu [email protected], dengan format sebagai berikut :

#NIK#Nama_Lengkap#NKK#NomorHP#Keluhan

Lalu kirim ke email resmi dukcapil [email protected]. Tunggu hingga balasan diterima dari pihak dukcapil.

4. Cara Cek NIK KTP Secara Online Melalui Twitter

Bagaimana cara cek nik ktp melalui twitter? Nah, untuk melakukan pengecekan nik ktp pun bisa kamu lakukan di bagian direct message. Disini kamu bisa mengirim data kamu dengan cara tertentu agar dapat diterima dan dicek oleh dukcapil. Kamu juga bisa menanyakan permasalahan yang berkaitand engan kependudukan disini disini.

Nah, bagaimana cara cek ktp secara online di twitter ?

#NIK

#Nama_Lengkap

#Nomor_Kartu_Keluarga

#Nomor_Telp

#Keluhan

Berikut adalah format cek nik ktp di twitter dengan mengirim format berikut ke direct message akun resmi Twitter call center Dukcapil melalui https://twitter.com/ccdukcapil.

Artikel lainnya : 2 Cara Mengganti Username Twitter

5. Cara Cek NIK KTP Secara Online Melalui Layanan Telepon

Selain dapat mengecek ktp secara online, kamu juga bisa loh cek nik ktp secara offline yaitu melalui panggilan telepon via call center. Kamu bisa menghubungi call center halo Dukcapil dari Kementrian Dalam Negeri. Namun untuk melakukan panggilan ini kamu harus segera memiliki pulsa yang cukup untuk bmenggunakan layanan ini, karena panggilannya yang berbayar.

✔️  Cara Menaikan Pengunjung Blog Dengan Memasang Backlink Dari Kaskus

Nah, untuk menggunakan layanan ini sendiri kamu dapat menelepon Call Center Halo Dukcapil di 1500537 dengan menjelaskan bahwa ingin mengecek nik ktp kepada petugas yang berbicara. Setelah itu petugas akan membantu kamu dalam menyelesaikan masala kamu.

Kamu akan ditanyai perial NIK dan nomor KK, sehingga kamu bisa menyiapkannya terlebih dahulu.

6. Cara Cek NIK KTP Secara Online Melalui Akun Facebook Dukcapil

Kamu juga bisa melakukan pengecekan ktp online melalui akun facebook resmi dukcapil yaitu halo Dukcapil. kamu bisa menyampaikan keluhan melalui personal chat, Kemudia ketik #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Tunggu hingga pesan kamu dibalas. maka setelah itu akan muncul data lengkap yang kamu butuhkan.

Artikel lainnya : Cara Menghubungkan Nomor Whatsapp Ke Halaman Facebook

7. Cara Cek NIK KTP Secara Online Melalui Website Pemerintah Daerah

Kamu juga bisa melakukan cek ktp online medan melalui website pemerintah daerah.

Bagaimana cara cek nik ktp sumatera utara? cek kk online deli serdang

Langkah pertama kamu buka halaman website pemerinta daerah kamu, seperti sibisa.pemkomedan.go.id , lalu masukan NIK kemudian akan muncul detail lengkap data pribadi anda.

8. Cara Cek NIK KTP Secara Online Melalui Aplikasi

Cek NIK KTP Secara Online
Cek NIK KTP Secara Online

Terdapat banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan dari playstore untuk mengecek nik ktp secara online di aplikasi ini. Buka aplikasi playstore lalu ketik cek nik ktp kamu pasti menemukan ada banyak sekali aplikasi. Pilih aplikasi cek ktp online terbaik dan rating yang bagus lalu download dan gunakan aplikasi tersebut untuk mengecek data lengkap pribadi kamu.

9. Cara Cek NIK KTP Secara Online Melalui Mesin Card Reader eKTP

Alat card reader adalah alat dapat membaca chip yang terdapat di e-ktp sehingga kamu bisa melakukan pengecekan dengan proses yang cepat. Kamu bisa menemukan alat Card Reader berikut di kantor Dukcapil, karena alat ini sangat terbatas. Dengan alat mesin card reader ini kamu bisa mengetahui apakah ktp tersebut palsu atau tidak.

Artikel lainnya : Cara Mengubah Paket Kuota Malam,Sosmed Dan Musik Menjadi Kuota 24 Jam

10. Cara Cek NIK KTP Secara Online Melalui Situs Kemendagri

Kamu bisa melakukan cek ktp online di situs kemendagri, pada dukcapil.kemendagri.go.id. Caranya adalah pertama kamu buka situs tersebut lalu cari menu eKTP, lalu isi dengan NIK. Setelah itu akan ditampilkan data lengkap sesuai KTP anda.

Leave a Comment