2 Cara Mengatur Tanggal Dan Waktu Di Windows 11

Mungkin sebagian pengguna windows 11. Masih banyak yang belum mengetahui cara mengatur tanggal dan waktu di windows 11. Tanggal dan waktu merupakan suatu hal penting untuk sebuah perangkat komputer dan laptop.

Tanpa adanya tanggal dan waktu di komputer kamu. Kamu tidak akan dapat membuka browser apapun dan tidak dapat menggunakan internet, walaupun kamu sudah terhubung ke jaringan, ini bisa dilihat apabila kamu mencoba menggunakan google chrome, sewaktu melakukan pencarian di internet.

Nantinya setelah kamu melakukan browsing akan muncul tampilan untuk mengatur tanggal, waktu, bulan dan tahun di komputer kamu. Setelah kamu sudah mengatur tangal, bulan, tahun dan waktu di laptop dan komputer kamu, barulah kamu sudah bisa melakukan aktifitas browsing seperti biasanya.

2 Cara Mengatur Tanggal Dan Waktu Di Windows 11

Bagi kalian yang baru saja melakukan update windows 10 ke windows 11, dan bingung bagaimana cara mengatur tanggal dan waktu di windows 11, kamu tenang saja kita bisa mengatur tanggal dan waktu tanpa harus masuk ke bios terlebih dahulu. Untuk cara mengaturnya kamu bisa melihat panduannya dari kami dibawah ini.

1. Cara Mengatur Tanggal Dan Waktu Di Windows 11 Melalui Fitur Settings

Cara yang pertama agar kita dapat mengatur tanggal dan waktu di sistem operasi windows 11. Mau itu kamu menggunakan perangkat laptop atau pc, kita dapat mengatur tanggal dan waktu di windows 11 melalui fitur settings pada sistem operasi windows 11, berikut panduan cara mengatur tanggal dan waktu melalui fitur settings di windows 11.

1. Pertama buka menu “Settings” pada start menu.

2. Kemudian setelah kamu sudah berada di menu tampilan settings Pilih “Time & Language” pada pilihan menu di settings.

3. Setelah kamu sudah berada di menu setting Time & Language pilih “Date & Time”.

Artikel Lainnya: Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Windows 11

4. Selanjutnya pada saat menu pengaturan Date & Time sudah terbuka maka tampilan akan seperti ini. (disini tanggal dan waktu saya sudah otomatis dan sudah benar.)

5. Dibagian ini, kalau tanggal dan waktu kamu salah kamu bisa mengaktifkan set time automatically dan set time zone automatically agar nantinya tanggal dan waktu kamu akan secara otomatis menyesuaikan letak daerah lokasi kamu, dan jangan lupa sinkronisasikan waktu dengan mengklik Sync Now.

✔️  Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Windows 11

Atau juga bisa merubah Time Zone menjadi GMT 7 “Bangkok. Hanoi Jakarta, setelah itu nantinya zona waktu kamu akan berjalan secara otomatis sesuai zona waktu jakarta atau indonesia.

2. Cara Mengatur Tanggal Dan Waktu Di Windows 11 Melalui Control Panel

Cara yang kedua kita bisa memanfaatkan fitur control panel yang ada di windows 11, dengan fitur control panel kita juga dapat mengatur tanggal dan waktu dengan mudah di sistem operasi windows. Cara ini sebenarnya sudah banyak diketahui oleh para pengguna windows 7, 8 dan windows 10. Namun bagi kamu yang belum tahu cara mengatur tanggal dan waktu melalui control panel kamu bisa melihat panduannya dari kami dibawah ini.

1. Buka Control Panel, atau kamu bisa search dari start menu lalu masukan perintah control panel.

2. Setelah kamu sudah berada pada menu control panel pilih menu “click and region”

3. Pada menu click and region pilih “Date and Time”.

Artikel Lainnya: 5 Cara Cek Kapasitas Hardisk Laptop Di Windows 11

4. Setelah kotak dialog date and time tampil, maka kamu tinggal mengubah tanggal dan waktu pada dialog berikut.

Pada pengaturan tanggal dan waktu ini kamu dapat mengubah nya dengan 2 cara yaitu :

  • Kamu bisa mengetik waktu (jam, menit, dan detik) dibawah jam analog yang ada di bagian “Waktu” tersebut.
  • Kamu bisa memilih bagian mana saja dari waktu lama lalu klik panah atas atau bawah untuk mencapai angka yang sesuai dengan waktu Sekarang yang akan kamu ubah.

Kamudian klik “OK” setelah itu selesai. Maka waktu akan terset sesuai jam yang kamu atur tadi.

Sekarang tanggal dan waktu di perangkat laptop dan komputer kamu sudah tersettings sesuai zona waktu sekitar. Gimana caranya tidak terlalu sulit dan ribet bukan? Bagi kamu yang pemula juga ini masih terbilang cukup mudah.

✔️  2 Cara Mengganti Nama Folder Di Windows 11

Baiklah, inilah dia cara mengatur tanggal dan waktu di windows 11. Semoga artikel ini dapat Bermanfaat dan membantu kamu. Terimakasih

Leave a Comment