7 Cara Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti Pada HP Xiaomi

Cara Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti Pada HP Xiaomi Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami masalah Sistem UI tidak Menanggapi pada hp Xiaomi milik saya, masalah ini hampir mirip dengan sistem ui telah berhenti, penyebabnya biasanya karena adanya masalah atau bug pada MIUI versi terbaru.

Kenapa penyebab utamanya pada versi MIUI versi baru? Hp xiaomi saya ber merk redmi note 8, sebelum beli versi MIUI nya versi 11 dan saya upgrade menjadi MIUI 12.5 beberapa bulan pemakian awalnya tidak ada masalah apapun.

Dan selanjutnya hp saya muncul notifikasi “Sistem UI Telah Berhenti” atau Sistem UI tidak menanggapi, setelah beberapa cara saya uji coba tidak berhasil juga, karena posisinya hp saya jadi lag, lemot dan tidak bisa di hard reset, ah hasil saya mencari solusi lainnya.

Setelah beberapa kali melakukan uji coba dan memperbaiki masalah sendiri, akhirnya sempat berniat.. ah bawa ke konter hp sajalah biar diperbaiki, namun sempat mikir ah sayang duit juga sih… apalagi belum gajian dari blog.

Akhirnya saya benerin sendiri dan akhirnya berhasil, nah pertanyaan nya bagaimana saya mengatasi masalah Sistem UI Telah Berhenti Pada HP Xiaomi? Berikut tips yang dapat saya berikan kepada kamu berdasarkan pengalaman saya, sehingga kamu tidak perlu membawa hp xiaomi kamu ke tukang service hp.

Cara Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti Pada HP Xiaomi

Berikut tips cara mengatasi sistem ui yang error pada hp xiaomi, support berbagai macam merk hp xiaomi.

1. Restart HP Xiaomi

Tips pertama yang dapat kami berikan, apabila kamu menemukan masalah sistem ui telah berhenti, atau sistem ui tidak menanggapi, langkah terbaik yang dapat kamu lakukan dengan restart hp xiaomi kamu. Kamu bisa mematikan hp xiaomi kamu selama 1 menit kemudian hidupkan kembali.

✔️  4 Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca Di PC/ Komputer

Tips ini biasanya dapat bermanfaat pada hp xiaomi, terutama bagi kamu yang jarang mematikan daya hp pada xiaomi kamu, alias tidak pernah melakukan restart pada hp.

Artikel Lainnya: Cara Membatasi Jumlah Pengguna Hotspot Di HP Xiaomi

2. Hapus Cache UI Sistem Xiaomi

Tips selanjutnya, kamu bisa memberishkan cache ui sistem pada hp xiaomi kamu, untuk mengakses UI sistem, kamu masuk ke setelan kemudian masuk ke dalam aplikasi, nah kamu tinggal cari fitur UI sistem, kalau sudah ketemu kamu ketuk bersihkan cache.

Dengan kita membersihkan cache ui sistem, UI sistem xiaomi akan lebih ringan dan mampu meningkatkan kinerja pada hp xiaomi, kalau cache ui sistem semakin banyak dan jarang di bersihkan akan mengakibatkan kinerja performa xiaomi berkurang, sehinga akan mengakibatkan munculnya notifikasi Eror pada sistem ui.

3. Update Versi MIUI

Tips ketiga, kamu bisa melakukan update versi MIUI pada hp xiaomi kamu ke versi terbaru, perlu kamu ketahui tidak semua merk hp xiaomi mampu melakukan update versi MIUI ke versi yang terbaru, kalau merk xiaomi kamu tidak support untuk melakukan update versi MIUI , hp kamu akan mengalami masalah error lainnya, jadi saya sarankan jangan sembarangan melakukan update versi MIUI, terutama kalau kamu support update MIUI ke versi terbarunya.

4. Gunakan Aplikasi Pembersih Cache

Tips ke empat. kamu bisa melakukan pembersihan cache pada hp xiaomi kamu, mulai dari membersihkan sampah pada hp xiaomi, biasanya setiap merk hp xiaomi sudah dibekali aplikasi pembersih cache, namun kalau kamu belum mempunyai aplikasi pembersih cache kamu bisa mendownload dan meginstall nya melalui google playstore.

5. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Banyaknya aplikasi yang ada di hp xiaomi kita, terkadang mampu membuat hp lebih lemot, dan pemakaian ram akan semakin lebih tinggi, sehingga beberapa perfomance mungkin akan terasa lebih berat, sehingga memengaruhi sistem ui pada hp xiaomi, cara ini lumayan ampuh dan bisa mengatasi masalah error pada sistem ui pada hp xiaomi, namun kalau error sudah jarang muncul, dan tiba tiba muncul kembali berarti bukan berasal dari banyaknya aplikasi.

Artikel Lainnya: Cara Mengganti Bahasa Di HP Xiaomi

6. Pakai Aplikasi Keamanan

Tips ke enam, kamu bisa memanfaatkan fitur keamanan pada hp xiaomi kamu, dengan mengaktifkan fitur ini, ia dapat mengsecan segala masalah dan kendala pada hp xiaomi, mulai dari virus, masalah eror sistem ui bisa diakibatkan adanya virus tertentu di hp android kamu.

✔️  6 Cara Memperbaiki Kamera HP Xiaomi Yang Rusak Atau Error

7. Setel Ulang Pabrik Atau Setel Ulang HP Xiaomi Ke Setelan Pabrik

Solusi terakhir, apabila kamu sudah menerapkan beberapa solusi yang sudah saya berikan tadi diatas, tapi masih mengalami masalah error sistem ui, kamu bisa melakukan setel ulang hp xiaomi mu ke setelan ulang pabrik. Terbukti cara ini cukup jitu, tapi kamu perlu ingat kamu harus melakukan pencadangan pada hp xiaomi kamu terlebih dahulu agar data pada hp kamu tidak hilang.

Nah itu dia beberapa tips yang dapat saya berikan terkait masalah cara mengatasi sistem UI pada hp xiaomi yang error, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Comment