3 Cara Mengatasi Laptop Yang Sering Not Responding Di Windows 10

Cara Mengatasi Laptop Yang Sering Not Responding – Pernah tidak sewaktu kamu menjalankan program aplikasi di laptop atau komputer eh tiba-tiba aplikasi yang sedang kita gunakan mengalami error not responding? Masalah error not responding ini sebenarnya sudah sering terjadi dan bahkan 90% orang pernah mengalaminya biasanya sering terjadi pada komputer dan laptop.

Mungkin sebagian orang yang sudah sering mengalami masalah seperti ini sudah tahu solusi cara mengatasi laptop atau komputer yang sering not responding, tapi bagaimana kalau orang yang belum tahu cara mengatasinya? pasti panik kan? Tentu panik contohnya abang saya kemarin lalu dia baru saja beli laptop.

Pas lagi seru serunya membuka google chrome eh tiba-tiba google chromenya crash dan muncul tampilan notifikasi seperti ini “Google Chrome” Not responding nah dia langsung panik dia pikir google chromenya error dan akhirnya dia bertanya kepada saya soal masalah sepele seperti ini.

Apa Penyebab Komputer Dan Laptop Mengalami Error Not Responding?

Setahu saya kenapa laptop dan komputer sering mengalami masalah not responding ini dikarenakan banyaknya file cache dan file sampah pada komputer, karena file cache akan terus bertambah sehingga membuat RAM laptop dan komputer kamu penuh. Namun ada juga faktor lainya dari mulai terlalu panasnya VGA, CPU dan processor kalau beberapa hardware yang saya sebutkan ini mengalami masalah secara otomatis kinerja laptop dan komputer kita akan semakin lambat.

Cara Mengatasi Laptop Yang Sering Not Responding

Oke.. setelah kamu sudah mengetahui apa penyebab masalah komputer dan laptop mengalami masalah not responding selanjutnya kita akan membahas bagaimana solusi cara mengatasi laptop yang sering not responding, mungkin dengan adanya tips ini kami bisa mengurangi masalah pada komputer atau laptop kamu.

✔️  Cara Melihat Password WiFi Di Laptop Windows 11

1. Hapus Paksa Program Yang Mengalami Error Not Responding

Solusi pertama agar kita bisa mengurasi masalah error not responding pada komputer atau laptop solusi terbaiknya yaitu menghapus dan mematikan aplikasi yang sedang kita jalankan secara paksa melalui task manager, untuk caranya kamu bisa melihatnya dibawah ini.

Langkah awal agar kita bisa menghapus paksa program yang sedang mengalami masalah error not responding caranya cukup mudah kamu ketikan kata kunci “task manager” di menu type hero to search di windows 10 kemudian klik open. Atau juga kamu bisa menekan tombol kombinasi CTRL+ALT+DELETE kemudian pilih Task Manager.

Langkah selanjutnya setelah kamu sudah berada di fitur taskmanager kamu tinggal cari program yang mengalami masalah error not responding contoh nih misal google chrome saya mengalami error not responding kemudian saya klik selanjutnya klik end task nanti secara otomatis program yang dijalankan akan dimatikan secara paksa oleh task manager.

Artikel Lainnya: ✓ 61 Pintasan Keyboard Di Excel Agar Kerja Lebih Cepat

2. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Penting

Solusi kedua yaitu dengan cara melakukan uninstall aplikasi yang tidak penting sama sekali alias yang jarang kamu gunakan. Kenapa saya menganjurkan hal ini? Perlu kamu ketahui semakin banyak aplikasi yang kamu install di komputer atau laptop kamu maka semakin berat pula kinerja device kamu, dan hal ini juga mampu membuat penyimpanan dan resource laptop dan komputer cepat habis dan penuh, nah untuk cara uninstall aplikasinya kamu bisa melihat caranya dibawah ini.

Nah untuk cara uninstall aplikasinya kamu hanya perlu mengetik kata kunci “add or remove programs” di windows 10 kemudian kamu klik open.

Selanjutnya di menu apps & features kamu cari aplikasi yang tidak terlalu sering kamu gunakan kemudian klik aplikasi selanjutnya klik Uninstall.

✔️  Cara Aktivasi Windows 10 Tanpa Product Key (100% Permanen)

3. Menambah Peforma Laptop Dan Komputer Mulai Dari RAM & Pakai SSD

Solusi yang ketiga ini solusi paling ampuh ya tapi memakan biaya, perlu kamu ketahui masalah error not responding ini biasanya sering terjadi pada komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi yang kurang mumpuni seperti spesifikasi RAM yang terlalu rendah yaitu 4GB pada umumnya setahu saya terletak pada RAM sih, nah agar kamu tidak ingin mengalami masalah seperti error not responding ini sebaiknya kamu meningkatkan kapasitas RAM komputer atau laptop kamu ya setidaknya 8GB lah minimal.

Min lalu kenapa mimin menganjurkan pakai SSD juga? kan ssd mahal min saya aja pakai hardisk, perlu kamu ketahui dulu komputer saya yang saya gunakan ini pakai HDD sebelum pakai SSD saya sering mengalami error not responding sewaktu menjalankan aplikasi, setelah saya ganti ke SSD setidaknya masalah ini berkurang sebesar 50% dan masalah error ini jarang muncul sekarang terkecuali apabila saya memainkan game berat, ya maklum mas komputer saya tidak pakai VGA jadi tidak heran kalau mengalami masalah seperti ini.

Penutup

Nah itu saja saran dari saya tentang mengatasi masalah error not responding pada laptop dan komputer semoga dengan adanya artikel ini kamu dapat terbantu ya sobat kompi.

Leave a Comment