Cara Mengatasi Laptop Atau PC Yang Hang

Cara Mengatasi Laptop Atau PC Yang Hang – Pernah tidak sewaktu kamu bermain komputer atau laptop pas lagi asik-asiknya main eh tiba-tiba komputer atau laptop kamu macet? seperti mouse tidak dapat digerakan dan layar komputer kamu ngeartefak.

Kalau ia berarti pc atau laptop kamu mengalami hang, biasanya masalah hang pada pc atau laptop ada banyak penyebanya seperti pada VGA Card, Tingginya Kinerja CPU Dan RAM komputer atau laptop.

Masalah umum yang sering terjadi menurut saya terletak pada kedua hal tersebut terutama bagi pengguna spesifikasi rendah kayak pc saya ini, ya maklum pc saya tidak ada VGA, secara pengalaman pribadi saya hang bisa terjadi sewaktu kita membuka banyak program aplikasi/

contoh ram komputer saya hanya 4GB dan tidak pakai VGA saya paksa main game berat seperti atlantica, adobe photoshop dan beberapa aplikasi lainnya yang dijalankan secara bersamaan sehingga proses kinerja ram dan cpu meningkat sebanyak 98% hal inilah yang mengakibatkan pc hang.

Apakah hal ini terbukti dan ada contohnya? Berikut coba kamu perhatikan gambar saya sewaktu saya main game online dan perhatikan beberapa kinerja ram dan cpu komputer saya sewaktu menjalankan program aplikasi secara bersamaan.

Di gambar yang saya upload diatas sudah dipastikan bahwa kinerja komputer akan semakin berat, kalau cpu menyentuh 100% dan Memory 100% maka biasanya akan terjadi masalah hang pada pc, seperti kasus Not responding pada program atau juga lag, serta parahnya lagi komputer akan mengalami artefak atau masalah garis-garis bewarna pada layar, lalu bagaimana solusinya mengatasi masalah hang pada komputer atau laptop?

Cara Mengatasi Laptop Atau PC Hang Yang Tidak Bisa Bergerak

Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa solusi, berikut solusi yang dapat kami berikan dalam mengatasi masalah hang pada pc atau laptop.

✔️  Cara Transfer Saldo Shopeepay Ke Rekening Bank

1. Naikan RAM

Solusi awal ini ditujukan untuk pengguna komputer, langkah awal agar masalah ini teratasi kamu bisa melakukan upgrade ram atau menaikan kapasitas ram kamu, ya kalau kamu menggunakan beberapa aplikasi berat saya sarankan pakailah ram setidaknya 8GB-16GB. Makin tinggi makin bagus

Mas bagaimana kalau untuk pengguna Laptop? solusi terbaiknya bagaimana? saya sarankan kamu berkonsultasi kepada yang lebih paham yaitu teknisi komputer agar bisa mengganti ram laptop kamu ke lebih yang tinggi, tentunya ini akan memakan biaya juga.

2. Upgrade Processor

Perlu kamu ketahui terjadinya hang bisa diakibatkan dari processor, ada banyak sekali masalah hang yang sering terjadi terutama di bagian processor sebagai pengguna komputer saya sarankan kamu memperhatikan processor komputer kamu, kenapa gitu min? Alasanya terletak pada pasta processor kalau pasta processor kamu kering tentunya kinerja komputer akan semakin berkurang, maka dari itu kamu harus mengganti pasta processornya, kalau tidak ada kendala di pasta processor kamu sebaiknya melakukan upgrade processor ke lebih tinggi.

Alasanya kenapa harus melakukan upgrade processor? Mungkin kamu seperti saya hobi bermain game berat dan kamu memaksa komputer kamu untuk memainkan game tersebut padahal syarat untuk memainkan game tersebut minimal Ryzen 5 sedangkan kamu pakai Core I3 Gen 2 tanpa VGA Card lagi kalau sudah begini sudah dipastikan kinerja ram dan cpu kamu akan tinggi, dan fatalnya lagi mungkin game atau aplikasi yang kamu mainkan akan mental atau force close.

3. Hapus Program Aplikasi Yang Tidak Penting

Solusi ketiga ini merupakan solusi terbaik sangat cocok bagi pengguna laptop dan komputer kalau kamu tidak ingin mengalami masalah hang sebaiknya kamu hapus beberapa program aplikasi yang sedang kamu jalankan secara bersamaan karena kalau kamu menjalankan beberapa program apliakasi yang berat secara bersamaan tentunya membuat kinerja ram dan cpu akan semakin tinggi.

✔️  Cara Upload Lagu Di SoundCloud

4. Naikan Vram VGA Onboard Di Motherboard/ Bios

Solusi yang keempat ini, menurut saya cara yang paling jitu, sebelumnya saya kurang tahu Vram itu memengaruhi kinerja komputer, jadi ceritanya kemarin saya mengalami masalah hang pada komputer, seperti masalah force close sewaktu main game, ngeartefak sampai macet sewaktu main komputer atau laptop, setelah menaikan Vram Vga pada komputer atau laptop ternyata ngaruhnya beda sekali.

Sampai saat ini masalah lag, artefak, force close tidak pernah saya alami, min ini bisa diterapkan di komputer atau laptop juga? yups mau itu komputer atau laptop semua bisa, namun beda motherboard beda juga caranya, bagi kamu yang memakai Motherboard Asrock kamu bisa melihat tutorial cara menambahkan Vram Vga onboard di motherboard asrock dari situs teman kami, untuk jenis vga lainnya kamu bisa mencari refrensinya di google.

Penutup

Nah itu saja solusi yang bisa saya berikan kepada kamu tentang cara mengatasi masalah laptop atau pc yang hang.

Leave a Comment