3 Cara Mengatasi 404 Not Found di WordPress

Mengalami masalah error 404 not found di wordpress? tenang saja kita bisa kok mengatasi 404 not found di wordpress dengan mudah. Eror 404 kadang menjadi masalah yang sangat penting karena kalau terus-menerus kita biarkan saja masalah ini akan mengakibatkan masalah fatal terutama dalam masalah SEO.

Kenapa error 404 not found dikatakan masalah fatal? Logika sederhana nya seperti ini… kamu mungkin pernah membuat artikel, lalu karena artikel tersebut sudah tidak work it atau sudah gk ada yang baca, kepaksa kamu hapus? hal seperti ini pasti akan mengakibatkan masalah terutama sewaktu visitor atau pengunjung ingin membaca artikel kamu yang sudah di hapus dari cms wordpress.

Kalau sudah 404 not found pastinya, pengujung atau visitor tidak menemukan apa yang dia cari bukan? al hasil visitor kamu langsung pergi mencari refrensi dari artikel lain? sudah jelas dampaknya akan menjadi broken link, atau link rusak.

Nah untuk mengatasi masalah eror 404 not found pada artikel atau halaman wordpress, sebenarnya sangat mudah di lakukan dan sangat mudah di perbaiki, berikut cara perbaiki masalah 404 not found pada wordpress.

1. Cara Mengatasi 404 Not Found Di WordPress Menggunakan Rank Math

Bagi pengguna plugin seo rankmath kamu tidak perlu khawatir masalah ini, kamu tinggal mengaktifkan fitur monitor 404 dan pengalihan, nah kalau kamu menemukan eror 404 pada blog wordpress kamu, kamu bisa mengaturnya di rank math, berikut caranya.

Langkah pertama, kamu masuk ke dashboard wordpress kamu, kemudian cari menu rank math nah kalau sudah kamu masuk ke menu pengalihan.

Artikel Lainnya: Cara Membuat Next Page Di WordPress

Kedua, setelah berada di menu tampilan pengalihan rank math, kamu kelik tambah baru.

Nah dibagian tambah pengalihan, kamu masukan url sumber yang mengalami masalah 404 not found, dan di bagian url tujuan, kamu bisa mengalihkan url tujuan ke home page blog kamu, kalau artikel tersebut kamu rubah permalinknya kamu bisa mengarahkan url tujuannya ke permalink kamu yang baru, kalau sudah kelik tambah pengalihan.

✔️  Cara Mengatasi Gagal Update The Response Is Not A Valid JSON Response Di WordPress

Dan url yang 404 tersebut apabila di klik atau dibuka, akan ke redirect ke url tujuan yang sudah kamu masukan.

2. Menggunakan Bantuan Plugin Redirection

Bagi kamu yang tidak menggunakan plugin rank math, kamu tenang saja, cara alternatif lainnya masih ada kok, kita bisa memanfaat plugin redirection dengan plugin ini kita dapat mengatasi masalah error 404 yang ada di wordpress kamu, kamu tinggal install plugin redirection di wordpress kamu kemudian arahkan url yang error ke url yang dinginkan.

3. Alihkan Link 404 Not Found Menggunakan Kode .htaccess

Cara yang ketiga, kita bisa memanfaat fitur .htaccess di cpanel filemanger, kamu bisa menambakan kode 303 redirect di dalam baris kode .htacces berikut kodenya.

Redirect 301 /old-url https://yourdomain.com/new-url

Dimana kode /old-url kamu isi link yang 404, dan untuk new url kamu bisa isi url baru artikel kamu.

Artikel Lainnya: 2 Cara Membuat Related Post Di WordPress

Contohnya, apabila kamu masih bingung kamu bisa melihat sample atau contoh kode di bawah ini.

Redirect 301 /301-post https://kompirasi.com/artikel-blog-kami/

Nah apabila kamu ingin mengalihkan seluruh blog ke domain baru, kamu bisa menambahkan kode berikut.

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^olddomain.com [NC,OR]
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www.olddomain.com [NC]
RewriteRule ^(.*)$ https://newdomain.com/$1 [L,R=301,NC]

Nah itulah dia beberapa cara mengatasi error 404 not found pada wordpress, semoga dengan adanya artikel ini kami dapat membantu kamu.

Leave a Comment