Cara Mengaktifkan Scribble Apple Pencil Di iPad (Lengkap)

Kamu baru saja membeli Apple Pencil namun kamu tidak tahu cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad? Atau… Kamu belum tahu keunggulan fitur Scribble yang bisa kamu gunakan di iPad kamu? Tidak perlu panik dan gelisah ! Disini Kompirasi akan memberikan tutorial lengkap mengenai permasalahan kamu seputar fitur Scribble yang ada di iPad.

Apakah fitur Scribble itu?

Scribble adalah sebuah fitur yang ada di iPad yang bisa kamu gunakan saat kamu menggunakan Apple Pencil. Selain Apple pencil, kamu juga bisa menggunakan Scribble ini dengan Pencil merk lainnya seperti Goojodoq dan lain sebagainya.

Dengan mengaktifkan Scribble ini, maka kamu bisa menulis dengan leluasa layaknya menulis di kertas dengan pena di iPad kamu. Selain bisa digunakan untuk menulis catatan, fitur scribble ini juga bisa mendeteksi kalimat yang kamu coret dengan Apple Pen kamu. Setelah mengaktifkan scribble maka kamu juga bisa menulis di kolom pencarian ataupun menu search dan fitur scribble akan mendeteksi tulisan yang kamu coret ke bentuk huruf seperti biasa.

Cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad 2021

A. Bagaimana cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad untuk pertama kali?

Jika kamu baru pertama kali menggunakan Apple Pencil dan hendak mengaktifkan fitur scribble di iPad kamu, maka kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana saja. Dan apabila menu scribble tidak kamu temukan pada iPad kamu, maka kamu bisa langsung menuju ke langkah pada poin B tutorial ini yaaa…!

Baca Juga: Cara mengecek dan mengisi baterai Apple Pen gen 1 dan 2

Adapun cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad adalah sebagai berikut:

1. Klik menu setting atau pengaturan di iPad kamu

Cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad
Menu setting atau pengaturan di iPad

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka setting ataupun pengaturan di iPad kamu. Menu pengaturan ini akan kamu dapatkan di halaman utama tampilan aplikasi iPad yang kamu gunakan. Klik menu pengaturan agar kamu bisa langsung mempraktekkan tutorial cara mengaktifkan scribble apple pencil di iPad ini.

✔️  Investasi Saham Ala Fundamentalis Dunia yang Dapat Ditiru

2. Pilih menu Apple Pencil

Cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad
Cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad

Saat membuka setting atau pengaturan, maka kamu akan melihat beberapa opsi yang bisa kamu ubah di menu setting atau pengaturan tersebut. Scroll layar ke arah bawah hingga kamu menemukan menu ataupun opsi “Apple Pencil”.

Pada menu Apple Pencil ini kamu bisa melihat pengaturan menggambar dengan apple pencil, coretan dan gerakan pensil yang bisa digunakan.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Aplikasi Menggambar di iPad

3. Ubah Scribble ke mode ON atau hidup

Jika kamu bingung, bahasa indonesia atau terjemahan dari Scribble adalah Coretan yaa! Jadi jika kamu tidak menemukan kalimat Scribble dan hanya menemukan kalimat coretan maka kedua kalimat tersebut adalah fitur yang sama.

Cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad
coretan atau scribble di iPad

Klik tombol yang ada di samping kata coretan atau scribble hingga berubah menjadi warna hijau dan menandakan Scribble telah aktif seperti gambar diatas.

4. Selesai

Dan.. Taraaa!! Kamu sudah berhasil mempraktekkan tutorial cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad kamu.

Selanjutnya, jika kamu ingin mencoba serta belajar beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan dari Scribble, maka kamu bisa mengklik “Try Scribble” atau “Coba coretan” yaaa!

Cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad
coba coretan atau scribble

B. Bagaimana jika menu scribble tidak ada pada pengaturan Apple Pencil?

cara mengaktifkan scribble apple pencil di ipad
cara mengaktifkan scribble untuk pertama kali

Jika kamu tidak menemukan mode on/off Scribble pada pengaturan Apple Pencil di iPad yang tampak seperti gambar diatas. Maka kamu harus mengikuti langkah ekstra yang ada dibawah ini untuk memunculkan fitur Scribble di pengaturan Apple Pencil.

Baca Juga: 5 Aplikasi Menulis di iPad Gratis dan Terbaik

1. Buka pengaturan dan klik Umum

Cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad

Untuk memunculkan fitur Scribble yang hilang dari pengaturan Apple pencil maka kamu bisa kembali ke menu pengaturan /setting terlebih dahulu. Pada menu pengaturan, klik opsi general atau umum yang tampak seperti gambar diatas.

✔️  Cara Menyimpan Video dari Instagram ke Galeri Tanpa Aplikasi

2. Klik opsi Papan Ketik

Cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad

Selanjutnya, pilih “Papan Ketik” pada menu pengaturan umum agar kita bisa melakukan sedikit perubahan pada papan ketik atau keyboard kita.

3. Atur Papan Ketik atau Keyboard

Cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad

Pada pengaturan keyboard atau papan ketik, maka kamu akan melihat beberapa keyboard dengan bahasa yang berbeda pada papan ketik kamu. Nah… Inilah masalah utama terkait hilang atau tidak munculnya fitur Scribble di pengaturan Apple Pencil kamu.

Cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad

Disini kamu hanya perlu menambahkan papan ketik atau keyboard baru pada iPad kamu. Caranya adalah mengklik “Tambah Papan Ketik Baru” seperti gambar diatas. Selanjutna pilih bahasa inggris (AS) dan klik “continue” untuk menambah bahasa baru ke keyboard yang kamu gunakan di iPad.

Cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad

4. Selanjutnya, ikuti langkah yang ada pada tutorial sebelumnya yakni cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil untuk pertama kali.

Setelah menambahkan bahasa baru pada keyboard kamu, maka Kompirasi jamin menu Scribble akan muncul di pengaturan Apple Pencil kamu. Kamu bisa kembali ke tutorial pada poin A yang sudah saya jelaskan sebelumnya pada tutorial diatas.

5. Selesai

Selamat! Kamu sudah bisa mengembalikan ataupun memunculkan fitur Scribble di pengaturan iPad kamu. Selain memunculkan fitur Scribble, kamu juga telah sukses melaksanakan tutorial cara mengaktifkan Scribble Apple Pencil di iPad yang sudah Kompirasi jelaskan dengan tuntas dan lengkap.

Baiklah, itu saja tutorial cara mengaktifkan scribble apple pencil di iPad yang bisa kompirasi sampaikan kepada pembaca pengguna iPad dan Apple Pencil gen 1 dan 2. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan menghilangkan kerisauan hati para pembaca yang budiman. Kunjungi juga ribuan tutorial menarik lainnya di situs Kompirasi yaa!

Leave a Comment