Cara Mengaktifkan Keyboard Layar Sentuh Di Windows 11

Cara Mengaktifkan Keyboard Layar Sentuh Di Windows 11 Hai sobat, apakah kamu tahu bahwa di Windows 11 kamu juga bisa menampilkan keyboard pada layar dekstop loh. Jadi kalau keyboard bawaan laptop kamu ada beberapa tombol yang tidak dapat digunakan kamu bisa menggunakan keyboard layar sentuh bawaan di windows 11 ini.

Karena sering menggunakan keyboard pada laptop kamu, terkadang beberapa fungsi tombol akan rusak. Lalu kamu bepergian jauh dan lupa membawa papan keyboard cadangan kamu. Jadi bagaimana solusi mengatasinya? Ya tentu saja dengan menggunakan papan keyboard sentuh yang ada pada windows 11.

Keyboard sentuh sebenarnya sudah ada pada seri-seri versi sebelumnya pada windows 10. Namun, mungkin ada beberapa pengguna windows juga yang belum mengetahui adanya keyboard sentuh ini.

Jadi sekarang, bagaimana cara mengaktifkan keyboard layar sentuh di windows 11 ini? Dan bagaimana cara menggunakan keyboard layar sentuh tersebut? Baik langsung saja, baca artikel dibawah berikut.

Cara Mengaktifkan Keyboard Layar Sentuh Di Windows 11

1. Pertama buka “Settings” lalu pilih menu “Personalize” untuk mengatur menu pada taskbar. Atau kamu bisa membukanya dengan klik kanan pada taskbar yang kosong kemudian pilih “Taskbar Settings”.

2. Setelah pengaturan taksbar terbuka, Pada kategori Taskbar corner icon terdapat menu Touch Keyboard.

Aktifkan Touch Keyboard dengan geser bulatan ke arah kanan agar dapat aktif. Atau kamu bisa mengaktifkannya dengan mengklik on.

Artikel Lainnya: 3 Cara Mengunci Layar Laptop Di Windows 11

Touch Keyboard berhasil diaktifkan dan akan terpasang default pada icon taskbar.

3. Buka Keyboard Sentuh dengan cara klik 2x pada icon keyboard yang ada di taskbar.

4. Setelah itu keyboard sentuh akan tampil di layar dekstop kamu dan beginilah tampilannya.

5. Kamu bisa mencoba keyboard sentuh, bukalah sebuah tempat untuk kamu dapat menulis seperti word, notepad, dll. Saya akan mencobanya dengan menuliskan kata kunci pada kolom pencarian. Buka kolom pencarian yang ada di taskbar.

6. Lalu masukan kata kunci di kolom pencarian untuk mencoba keyboard sentuh kita apakah berfungsi.

Artikel Lainnya: 3 Cara Mengubah Nama Komputer Di Windows 11

7. Disini kamu juga bisa menggunakan fitur suara, jadi anda hanya perlu mengucapkan kata kunci tanpa harus mengetik tulisannya.

✔️  2 Cara Mengganti Nama Folder Di Windows 11

Pertama ubah language IND menjadi ENG.

8. ubah language IND menjadi ENG

9. Kemudian klik tombol gambar microphone pada keyboard.

10. Setelah itu huruf-huruf serta keyboard akan menghilang dan akan muncul tombol rekam audio seperti dibawah ini.

11. Untuk mencobanya buka kembali kolom pencarian yang ada di taskbar.

12. Lalu klik tombol audio ditengah berikut, maka proses perekaman suara akan dimulai untuk mendeteksi apa yang kamu katakan. Sehingga suara akan dikonversi menjadi sebuat data dalam komputer.

Keyboard dan audio berfungsi. Sekarang kamu sudah bisa menggunakan keyboard sentuh untuk pengerjaan dalam menulis di komputer. Kamu juga bisa menggunakan audio untuk memasukan sebuah kata atau kalimat di komputer.

Namun saat ingin menggunakan suara di saat ingin memasukan kata ke dalam komputer pastikan saran bahasa yang digunakan keyboard sesuai. Jika kamu banyak menggunakan kosakata bahasa Indonesia maka gunakan language IND, namun jika kamu banyak menggunakan bahasa Inggris maka kamu wajib gunakan language ENG pada keyboard.

Artikel Lainnya: Cara Mengubah Ukuran Font Di Windows 11

Alasannya adalah agar hasil kata yang diucapkan sesuai dengan yang kamu maksudkan. Untuk mengganti language kamu juga bisa mengubahnya langsung dari taskbar sebelum kamu membuka touch keyboard.

Caranya adalah dengan klik icon language berikut.

Lalu pilih bahasa keyboard mana yang akan kamu gunakan, setelah itu baru kamu membuka keyboard sentuh, dan language yang telah kamu pilih sebelumnya akan ikut berubah juga.

Itu dia cara mengaktifkan keyboard sentuh di komputer kamu, disini kamu juga diberikan bagaimana cara menggunakan keyboard sentuh serta cara menggunakan audio yang tersedia di keyboard sentuh. Demikianlah artikel mengenai touch keyboard ini dibuat, untuk informasi yang kurang jelass dan lengkap kami mohon maaf dan semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu serta bermanfaat terimakasih.

Leave a Comment