Cara Memindahkan WA Ke HP Baru Termudah

Baru beli HP untuk menggantinya dengan yang lama? Apa selama ini Anda menggunakan aplikasi chatting WA? Mungkin sedang bingung bagaimana cara memindahkan WA ke HP baru. Tenang saja, karena proses pemindahan akan mudah kok.

Paling penting, Anda tidak boleh sampai melupakan aktivitas backup. Jika data-data di HP lama Anda simpan di SD Card, maka memindahkannya pasti lebih mudah. Tinggal pasang saja memori ke HP baru.

Tapi bagaimana dengan data WhatsApp? Apakah semua chat serta data-data di aplikasi tersebut otomatis hilang saat Anda berganti HP baru? Begitu juga obrolan-obrolan yang selama ini Anda lakukan juga tidak lagi ada?

Oleh sebab itu cara memindahkan WA ke HP baru begitu penting untuk diketahui. Dalam proses pemindahan tersebut, nantinya Anda harus melewati tahap backup. Supaya semua chat, kontak, dan data penting Anda lainnya tidak akan hilang.

Baca juga: cek IMEI hp 

Cara Memindahkan Aplikasi WA ke HP Baru (Android ke Android)

Cara memindahkan wa ke hp baru

Memindahkan WA ke HP baru memang tidak susah. Walaupun begitu, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana memindahkan WA di hp baru tanpa harus menghilangkan seluruh data di sana sebelumnya.

Backup Data WA Pada HP Lama

Proses pertama adalah Anda perlu backup data WA pada HP lama ke yang baru supaya data chat dan kontak tak hilang. Walaupun begitu, sebetulnya WA sendiri sudah secara otomatis melakukan backup sendiri sesuai jadwal yang ditentukan.

Kadang Anda ingin mengganti HP dan tanggal backup ternyata sudah cukup lama. Jadi usahakan tetap lakukan backup data secara manual saja. Hal ini juga merupakan proses dari cara memindahkan WA ke HP baru.

Untuk backup data Anda bisa buka aplikasi WhatsApp di HP lama dulu. Setelah itu temukan  dan pilih ikon titik tiga vertikal yang berada di sudut kanan atas lalu klik “setting”. Berikutnya silahkan klik opsi “chat”.

✔️  Aplikasi Keluarga Sehat Android, Cara Mengakses dan Fitur Menariknya

Nanti, diantara opsi lain yang muncul, Anda klik saja “chat backup”. Kalau sudah Anda klik “backup atau cadangkan”. Tunggu hingga proses selesai, chat WA akan otomatis ter-backup ke Google Drive.

Cara memindahkan WA ke HP baru terutama saat proses backup data begitu penting. Anda cara lain untuk mengalihkan obrolan ke Google Drive, tanpa harus menghapus aplikasi tersebut yaitu:

  • Buka aplikasi WA dan pilih ikon titik tiga pada sudut kanan atas
  • Klik “setting” dan pilih “obrolan”
  • Klik “cadangan obrolan”
  • Pilih “cadangkan ke Google Drive”
  • Pilih akun Google mana yang dipakai untuk backup obrolan WA
  • Klik “cadangkan”

Bagi pengguna ios langkah backup sebetulnya tak jauh berbeda. Anda tinggal klik ikon tiga titik sudut kanan atas dan klik “pengaturan”. Pilih “obrolan”→”cadangkan”, lalu Anda akan diarahkan ke Google Drive dengan tawaran periode backup yang diinginkan.

Backup Kontak

Langkah berikutnya adalah Anda perlu backup kontak yang terhubung dengan WhatsApp. Gunanya untuk mencadangkan kontak yang disimpan di HP atau kartu SIM. Setelah ganti Hp, Anda bisa memulihkan kontak pada perangkat yang baru.

Backup Dengan Mengekspor Kontak

Salah satu tahapan dari cara memindahkan WA ke HP baru terpenting adalah backup kontak. Anda bisa backup dengan cara mengekspor kontak terlebih dahulu, berikut tahapan-tahapannya:

  • Buka aplikasi kontak
  • Pilih opsi menu lalu buka “setelan” atau “setting”
  • Setelah itu pilih “impor atau ekspor kontak”
  • Pilih kontak mana saja yang mau diekspor
  • Klik ekspor ke file.VCF
  • Tinggal ekspor kontak ke Google Drive, walaupun Anda juga bisa mengekspor kontak ke kartu SIM jika HP baru masih pakai nomor lama.

Backup ke Akun Google

Tidak mau backup dengan mengekspor kontak? Ada cara lain karena Anda bisa backup semuanya ke akun Google. Cara ini juga tak kalah mudah, dan begini tahapan yang perlu dilakukan.

✔️  Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android

Memindah wa

  • Buka menu “pengaturan”
  • Pilih “Pengaturan Google”
  • Klik “backup Now”, pada opsi ini akan sekaligus memback-up data, pesan teks, pengaturan HP, riwayat telepon, serta kontak.

Pulihkan Akun WA

Kalau semua sudah dibackup, Anda boleh mulai memindahkan WA ke HP baru. Namun sebelumnya pulihkan dulu akun WA. Memulihkan akun WA tahapan lumayan mudah yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan akun WA sudah benar-benar ter-backup terlebih dahulu di HP lama
  • Install WA di HP yang baru
  • Buka WA lalu verifikasi nomor telepon
  • Tunggu beberapa saat, pilih “restore” atau dipulihkan”. Hal ini dilakukan untuk memulihkan chat dan media dari Google Drive.
  • Jika sudah selesai, klik lanjut. Chat Anda sebelumnya akan ditampilkan dengan utuh seperti HP sebelumnya
  • WA bisa mulai memulihkan file media setelah semua chat dipulihkan.
  • Proses selesai

Pulihkan Kontak

Cara memindahkan WA ke HP baru Setelah proses backup dan memulihkan aplikasi tersebut adalah memulihkan kontak. Proses pemulihan kontak supaya kontak WA bisa muncul di HP yang baru.

Langkahnya pun terbilang sangat sederhana. Anda hanya perlu membuka menu “setelah/setting” lalu klik opsi “Google”. Apabila sudah, langsung pilih opsi “restore contact”. Lanjut klik “tap to restore”

Pada umumnya, proses ini akan memakan waktu. Tergantung seberapa banyak kontak yang perlu dipulihkan. Namun, biasanya tak akan terlalu lama. Jadi, Anda tinggal tunggu saja dan ketika proses selesai, kontak akan otomatis tercantum pada HP baru Anda.

Cara Memindahkan WhatsApp Android ke iPhone

Kalau yang sebelumnya diinformasikan tentang cara memindahkan WA ke HP baru yaitu perangkat os Android ke Android. Lalu bagaimana jika perangkat Anda dulu Android dan mau memindahkan ke iPhone? Silahkan pakai 2 cara di bawah ini saja

✔️  Aplikasi Sadap WA Jarak Jauh Tanpa Menyentuh HP Dijamin Aman

Pindahkan Chat WA dari Android ke ios Via Email Chat

Anda bisa memindahkan chat WA dari Android ke ios melalui email chat. Fitur ini relatif mudah dipergunakan, sehingga tidak ada salahnya Anda memilihnya. Tahapan memindahkan chat WA dari Android ke iPhone melalui cara ini adalah:

  • Buka WA
  • Klik “chats settings”→”chat history”→”email chat”
  • Pilih history chat WA yang mau Anda transfer. Dalam hal ini Anda pun dapat memilih untuk ikut mentransfer media dalam obrolan atau tidak.
  • Masuk “sending page”, lalu pastikan telah login di WA iPhone baru.
  • Kirimkan history chat ke akun WA di iPhone.

 

Pindahkan Chat WA Dari Android ke ios Via Aplikasi Move to ios

Cara memindah wa

Move to ios sendiri adalah aplikasi pemindah data dari Android ke ios milik Apple. Anda tinggal unduh aplikasinya dulu, lalu install dan buka. Terima syarat dan ketentuan lalu Anda akan diberikan kode untuk dimasukkan ke aplikasinya dan proses transfer data pun dimulai.

Itu dia tadi beberapa cara memindahkan WA ke HP baru. Mulai sekarang tak perlu lagi bingung jika mau ganti HP baru. WhatsApp Anda tetap bisa digunakan seperti sedia kala, yang terpenting tak melupakan proses utama yaitu backup data.

Leave a Comment