Cara Membuat Website Gratis Di Google Sites

Kamu ingin membuat website gratis di google? Sekarang ini sudah banyak sekali platform untuk membuat website gratis seperti wordpress, blogger, weebly dan google sites. Saat ini mungkin sebagian orang sudah pernah membuat website di wordpress, blogger, weebly namun tidak untuk google sites.

Memang bisa ya kita membuat website di google sites? sebenarnya google sites itu apasih? Google Sites adalah aplikasi wiki terstruktur untuk membuat situs web pribadi maupun kelompok, untuk keperluan personal maupun korporat. Google Sites disiapkan sebagai pengganti dari Google Page Creator.

Tidak hanya itu saja kamu juga bisa membuat website gratis di google sites, sebenarnya platform ini sama seperti blogger (blogspot), wordpress, weebly dan platform penyedia website gratis lainnya, namun bedanya google sites ini memang resmi dari google.

Lalu Bagaimana Cara Membuat Website Gratis Di Google Sites?

Agar kita dapat membuat sebuah website di google sites, syarat utamanya kamu harus mempunyai akun gmail, kalau sudah kamu tinggal mengikuti caranya dibawah ini.

1. Langkah pertama untuk membuat website gratis di google sites, pertama kamu buka https://sites.google.com di laptop atau pc kamu. Selanjutnya kamu login saja menggunakan gmail kamu seperti biasa. Setelah sudah login ke gmail kamu cari menu Start a new site kemudian klik tanda +

2. Langkah kedua di bagian edit website di google sites, kamu buat nama situs kamu, dan judul situs di google sites, di bagian ini kamu bisa menambakan logo dan mempercantik halaman website kamu. Kamu juga bisa membuat landing page sederhana dengan memanfaatkan fitur-fitur yang sudah disediakan seperti fitur, table of contents, slides, button, dan kamu juga bisa menyesuaikan home page, dan thema dari situs kamu. Oh iya kamu juga bisa menetukan layout yang ingin kamu gunakan.

3. Kalau kamu sudah selesai membuat desain website kamu, selanjutnya klik publish.

4. Langkah selanjutnya dibagian publish to the web kamu buat web address google sites kamu, nantinya url website kamu akan menjadi sites.google.com/view/kompirasi sesuai web address yang sudah kamu buat, oh iya kamu juga dapat melakukan custom domain, dengan mengklik manage dibagian custom domain.

✔️  Inilah Review Web Hosting Terbaik Kaskus Tahun 2022

Custom domain di google site berfungsi untuk membeli nama domain tld yang ingin kamu gunakan seperti domain .com, net, org, dan nama domain lainya. Kalau kamu tidak ingin membeli domain kamu klik saja publish untuk mempublikasikan webstite yang sudah kamu buat di google sites.

Artikel Lainnya: Cara Menulis Artikel Di Hipwee

5. Oh…iya bagi kamu yang ingin membeli domain, dan bingung waktu ingin membeli domain di fitur custom domain, dibagian settings kamu tinggal klik start setup.

6. Setelah kamu berada di tampilan set up custom domain, nantinya kamu akan menemukan dua opsi yang pertama use a domain from a third party, opsi yang pertama ini apabila kamu sudah mempuyai domain yang sudah kamu beli di penyedia hosting dan domain kamu bisa pakai opsi ini, untuk cara mengaitkannya kamu tinggal mengikuti step by step yang sudah di arahkan oleh google site, namun kalau kamu belum mempunyai nama domain sama sekali kamu bisa membelinya dengan cara menggunakan opsi kedua yaitu dengan cara mengklik buy a domain selanjutnya klik next.

7. Setelah itu nantinya kamu akan diarahkan ke website google domain, di bagian buy a domain with google sites, kamu tulis saja nama domain yang kamu inginkan kalau sudah kamu tentukan dan ingin membeli nama domain kamu tinggal klik saja buy.

8. Nah dibagian ini kamu tinggal melakukan pembayaran domain yang ingin kamu beli tadi, untuk menyelesaikan pembelian domain di google domain kamu tinggal klik check out, dan pilih metode pembayaran, setelah itu bayar, nantinya domain kamu sudah berhasil di beli, oh iya untuk metode pembayaran tidak akan saya jelaskan, biasanya sih memakai credit card, kartu atm, atau metode pembayaran lain, untuk metode pembayaran e-wallet seperti gopay, dana, saya kurang tahu apakah bisa atau tidak.

✔️  Review Galaksion: Iklan CPM Dengan Bayaran Termahal Untuk Publisher Indonesia (Blogger Wajib Coba)

Akhir Kata

Setelah kamu sudah mempublish website yang sudah kamu buat tadi, sekarang kamu bisa membuat artikel, membuat konten di website yang sudah kamu buat di google sites. Nah bagi kamu yang mengalami masalah atau kendala sewaktu membuat website di google sites kamu bisa berdikusi bersama kami melalui kolom komentar ya sob.

Leave a Comment