2 Cara Membuat User Baru Di Linux Ubuntu

Cara Membuat User Baru Di Linux Ubuntu, Kompirasi.com Waktu kita pertama kali meginstall sistem operasi ubuntu pastinya kita sudah mempunyai user default yang bernama root user. Dengan adanya user root kita sudah dapat mengelolah seluruh sistem pada linux termasuk ganti background, tambah user baru, hapus user dan settingan pada sistem operasi ubuntu.

Walapun kita sudah mempunyai user root tapi ada sebagian pengguna yang ingin menambahkan user baru di komputer atau laptop mereka. Ya.. salah satunya saya disini saya ingin membuat user baru di sistem operasi ubuntu yang saya gunakan.

Nah disini dari pada bingung mau buat konten apa… ya lebih baik saya buat saja sekalian tutorial cara buat user baru di linux ubuntu.

Cara Membuat User Baru Di Linux Ubuntu

Untuk tambah user, dan buat user baru di linux ubuntu ada tiga caranya kita bisa buat user baru lewat terminal linux. dari menu user. Di artikel ini saya akan mengajarkan kamu nih cara buat user administrator di ubuntu dan user biasa (standard) user di sistem operasi ubuntu, berikut caranya.

1. Cara Tambah User Baru Di Linux Ubuntu Melalui Menu Settings.

Cara yang pertama kita dapat membuat user baru di sistem operasi ubuntu melalui fitur settings, melalui fitur settings kita dapat membuat dua jenis akun user baru yang pertama standart user (user biasa) dan yang kedua user administrator.

1. Buka Menu Show Applications Di Ubuntu

Show Applications Kemudian Settings

2. Setelah sudah berada di menu tampilan show applications kamu ketikan kata kunci “settings” di bagian kolom pencarian kalau sudah ketemu masuk dan buka menu fitur settings di sistem operasi ubuntu kamu.

Baca Juga: Cara Install Steam Di Linux/ Ubuntu
Fitur Users

3. Kalau kamu sudah berada di menu tampilan settings, selanjutnya kamu drag menu fitur ke bawah, nantinya kamu menemukan fitur users kalau sudah ketemu masuk ke fitur users di ubuntu

Unlock To Add Users

4. Kemudian nantinya kamu akan menemukan notifikasi tampilan “Unlock to add user and change settings” di sini klik saja unlock.

Masukan Password Ubuntu Kamu

5. Kalau kamu menemukan tampilan pop window “Authentication Required” kamu masukan saja password ubuntu kamu, kalau sudah kelik authenticate.

Add User

6. Di bagian user klik add user untuk menambah user baru di sistem operasi ubuntu.

Baca Juga: Cara Install TeamViewer Di Linux Untuk Pemula Terbaru
User Standard Dan Administrator Ubuntu

7. Di menu tampilan Add User kamu pilih account type, kalau kamu mau buat akun baru di ubuntu atau user biasa pilih standard kalau administrator pilih administrator, kamu isi full name, username dan di bagian password kamu centang set a password now dan buat password user kamu kalau sudah klik add.

Masukan Password Ubuntu

8. Dan nantinya kamu akan diminta memasukan password akun ubuntu kamu, kamu tinggal masukan password akun ubuntu kamu, kalau sudah kelik authenticate.

Dua User Administrator DI Ubuntu

9. Dan Terakhir kita sudah berhasil membuat user administrator di ubuntu, sekarang saya sudah mempunyai dua user akun di sistem operasi ubuntu saya, kamu juga bisa login ke akun administrator yang sudah kita buat di ubuntu.

✔️  Cara Install AnyDesk Di Linux Ubuntu

2. Cara Buat User Baru Di Ubuntu Lewat Terminal Linux

Bagi kamu yang tidak mau repot dan maunya yang lebih mudah dari cara yang saya ajarkan diatas, kita juga bisa membuat user baru di linux ubuntu dengan mudah lewat terminal linux, berikut caranya.

Terminal DI Ubuntu

1. Langkah pertama kamu buka terminal di linux ubuntu, untuk cara cepatnya kamu bisa menekan tombol CTRL + ALT + T.

Perintah Tambah User Linux

2. Kemudian di terminal kamu masukan perintah “sudo add user (nama user kamu) kemdian tekan enter, nantinya kamu akan diminta untuk memasukan password ubuntu, ketikan password kamu kemudian tekan enter. Nah untuk new password kamu buat password akun baru kamu.

Baca Juga: Mengenal Perintah Dasar Sistem Operasi Linux Untuk Pemula
Masukan data kamu

3. Kalau kita sudah berhasil membuat password akun, selanjutnya di bagian changing to user information kamu diminta untuk memasukan seluruh data lengkap kamu, mulai dari user nama, dan dll, di bagian is the information correct? ketikan y untuk menyimpan data user kamu kemudian tekan enter.

Periksa User Di Ubuntu Lewat Terminal Linux

4. Dan terakhir kita periksa apakah kita sudah berhasil membuat user di ubuntu, untuk memeriksa user lewat terminal linux. Kamu tinggal ketikan perintah ” tail -n 2 /etc/passwd ” kemudian tekan enter nantinya output akan memunculkan informasi seluruh user di sistem operasi ubuntu kamu.

Penutup

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami ajarkan kepada kamu terkait artikel kami yang berjudul cara membuat user baru di linux ubuntu semoga dengan adanya artikel ini kamu dapat terbantu.

Leave a Comment