Cara Membuat URL Blog Menggunakan Plugin Gratis

Berkaitan dengan cara membuat url blog menggunakan plugin gratis, tentu erat kaitannya dengan pretty link lite. Namun jika Anda belum paham mengenai ini, Anda tidak perlu khawatir.

Anda hanya harus membaca ulasan ini hingga bagian paling akhirnya untuk paham secara keseluruhan mengenai pembuatan url menggunakan pretty link lite.

URL Blog Sebagai Alamat Situs Blog

URL merupakan kependekan dari Uniform Resource Locator yang memiliki pengertian sebuah abjad, lambang atau angka yang mengidentifikasikan sebuah website.

Jika Anda telah memiliki blog, tentu Anda sudah paham bahwa url blog merupakan alamat blog yang dengan itu orang lain dapat membuka situs Anda.

Ketika seseorang mengetikkan kata kunci di browser, maka server akan mengidentifikasi kata kunci tersebut kemudian mencari beberapa alamat dengan kata kunci yang sama. Ini sebabnya penting untuk Anda tahu cara membuat url blog yang baik.

Jika Anda membuat blog, maka langkah awal yang diarahkan dari halaman pendaftaran blog Anda yakni membuat url atau alamat blog. Pada kesempatan inilah Anda akan membuat alamat blog.

Dalam membuat url blog, Anda bisa menggunakan nama pribadi atau nama instansi jika Anda membuat blog untuk instansi. Dan dalam membuatnya juga tidak bisa secara sembarangan. Anda harus tahu mengenai bagaimana cara membuat url yang baik.

Bagaimana Contoh URL yang Baik?

Perlu Anda ketahui, sebelum melakukan cara membuat url blog maka Anda perlu mencari tahu bagaimana contoh url yang baik seperti pada beberapa poin di bawah ini.

  1. URL yang Berdasarkan Nama Perusahaan atau Brand

Seringkali, perusahaan besar telah menguras kantong untuk membeli sebuah domain yang singkat. Hal ini juga berhubungan erat dengan url yang akan mencerminkan sebuah perusahaan tersebut.

Semakin singkat dan jelas, maka akan semakin baik. Tentu ini berbeda dengan beberapa url yang sangat panjang hingga sulit diingat dan sulit untuk ditelusuri.

  1. Pembuatan URL berdasarkan Keyword
✔️  Cara Membuat Tulisan Melingkar Di Word

Alamat atau url blog yang mengandung kata kunci atau keyword dinilai dapat meningkatkan peringkat dari blog tersebut.

Sehingga, contoh url yang baik adalah url dengan mencantumkan kata kunci yang spesifik. Anda bisa meniru contoh seperti ini saat Anda melakukan cara membuat url blog untuk blog pribadi Anda.

  1. URL yang Mencantumkan Nama Pemilik Blog

Selain dapat mencantumkan nama perusahaan atau keyword, contoh url yang baik juga bisa dengan mencantumakan nama dari pemilik blog.

Dengan membuat url menggunakan nama pribadi, tentu hal ini juga menjadi strategi personal branding yang sangat baik. Nama Anda akan menjadi lebih banyak dilihat dan dikenal orang.

Cara membuat url blog yang saiu ini juga sudah banyak dilakoni oleh para blogger baik pemula maupun senior. Beberapa konten yang dibagikan juga tidak melulu tentang konten pribadi, Anda tetap bisa menyuguhkan konten umum meski dengan url nama pribadi.

Pemilihan url dengan menggunakan nama pribadi sebenarnya memang tidak begitu berpengaruh terhadap isi dari blog yang Anda kelola.

  1. Menggunakan Kalimat Umum

Pilihan selanjutnya dalam pembuatan url blog pribadi yakni dengan menggunakan kalimat umum. Keuntungannya ialah, kata—kata umum tersebut akan lebih mudah untuk diingat.

Contohnya saja seperti rumah.com atau benda umum lainnya. Tentu ini akan sangat mudah untuk diingat sehingga blog akan lebih familiar.

Dengan melihat beberapa contoh url yang memenuhi kriteria sebagai url yang baik seperti di atas, ini akan sedikit memberi gambaran bagi Anda saat akan membuat url untuk blog Anda sendiri.

Pastikan bahwa nama yang Anda gunakan betul-betul sudah dipertimbangkan dengan matang. Karena url ini tida dapat diganti.

Cara Membuat URL Blog dengan Menggunakan Plugin Gratis

Setelah mengetahui ciri-ciri dan contoh url yang baik, selanjutnya akan dibahas terkait cara membuat url blog dengan menggunakan plugin gratis yang bisa dilakukan dengan sangat mudah untuk para blogger. Beberapa langkahnya yakni sebagai berikut:

  1. Menginstal Pretty Link Lite dan Mengaktifkannya
✔️  2 Cara Ganti Font Xiaomi Tanpa Aplikasi

Jika Anda belum memiliki pretty link lite si laptop atau komputer, maka Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu. Mengenai tahapan menginstal dan mengaktifkan pretty link lite akan dijelaskan dengan mudah agar bisa Anda ikuti di rumah.

  • Log in di blog wordpress self-hosting
  • Pilih add new plugin ada fitur plugins
  • Ketik pretty link lite di kotak pencarian
  • Klik enter
  • Klik tombol install now
  • Klik link active plugin supaya pretty link lite aktif

Setelah melakukan keenam tahapan tersebut, maka Anda akan mendapkan notifikasi bahwa pretty link lite telah aktif dan bisa melanjutkan untuk cara membuat url blog.

  1. Membuat URL dengan Singkat dan Sederhana

Setelah pretty link lite aktif, maka Anda bisa melanjutkan ke tahapa pembuatan url singkat dan sederhana. Tahapan untuk membuat url singkat dan sederhana juga bisa dilakukan dengan sangat mudah yakni sebagai berikut.

  • Klik add new link pada fitur pretty link lite
  • Isi kotak target url dengan url yang akan anda disingkat
  • Jika target url link afiliasi, maka cari tahu apakah url boleh disingkat atau tidak
  • Beri atribut nofollow jika anda menginginkannya
  • Klik tombol create untuk cara membuat url blog

Pastikan tidak ada langkah yang terlewat agar pembuatan url singkat bisa berhasil. Jika sudah, maka Anda bisa melanjutkan ke tahap terakhirnya yakni pengujian url singkat yang telah dibuat.

  1. Menguji URL yang Telah Berhasil Dibuat

Langkah terakhir adalah menguji URL singkat yang baru Anda buat. Ini untuk memastikan apakah URL tersebut menuju URL target yang benar atau tidak. Caranya sebagai berikut:

  • Buka tab baru di browser Anda melalui laptop atau komputer
  • Copy url yang sebelumnya telah berhasil dibuat
  • Paste url tersebut pada menu bar browser
  • Klik enter untuk mengecek apakah cara membuat url blog yang telah Anda lakukan berhasil
  • Perhatikan apakah URL tujuan sudah benar
  • Jika setelah diperhatikan tetap belum benar, maka bisa jadi terdapat kesalahan ketika menaruh link di url target
  • Segera perbaiki dengan mengedit url singkat yang sebelumnya telah dibuat
✔️  Cara Mengaktifkan Mode Gelap Di HP Xiaomi

Pretty link lite merupakan solusi bagi para blogger untuk bisa membuat url singkat dengan plugin gratis. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan data klik untuk url tersebut dari plugin gratis yang satu ini sehingga Anda bisa menganalisisnya.

Apakah URL Blog Bisa Diganti?

Setelah mengetahui cara membuat url blog melalui plugin gratis, tentu Anda juga penasaran apakah sebenarnya url blog ini bisa diganti atau tidak. Jawabannya ialah tidak.

Meskipun bisa, nanti akan sangat rumit dalam prosesnya dan mempengaruhi keseluruhan blog pribadi yang telah Anda kelola sejak lama. Untuk itu, pastikan bahwa Anda memikirkan matang-matang terkait url yang akan dibuat.

Pastikan agar Anda tidak menyesal setelah membuat url dengan kata atau kalimat tertentu di masa yang selanjutnya.

Alamat blog yang berbentuk url memang menjadi salah satu hal utama dari performa suatu blog. Dan setelah membaca ulasan ini hingga akhir, tentu Anda menjadi lebih paham mengenai bagaimana cara membuat url blog yang baik.

 

Leave a Comment