Cara Membuat Tabel Di WordPress Tanpa Plugin

Cara Membuat Tabel Di WordPress – Dahulu membuat tabel di wordpress itu sangat sulit seiring perkembangan dan pembaruan wordpress, sekarang kita bisa membuat tabel di wordpress tanpa plugin dan tentunya juga tanpa harus memasukan skrip koding terlebih dahulu.

Mungkin sebagian artikel yang kalian temui di search engine dalam artikel membuat tabel di wordpress mereka pasti memakai skrip kode html? nah dikesempatan kali ini saya tidak akan memakai teknik itu, karena apa? Karena di wordpress versi terbaru ini yaitu WordPress 5.8.0 atau versi atas nya kita dapat membuat sebuah table dengan mudah tanpa harus repot-repot memasukan skrip kode lagi.

Pasti mimin nanti buat tabel di wordpress nya pakai plugin? tidak, di artikel ini saya tidak akan menggunakan plugin melaikan memanfaatkan fitur yang ada di versi wordpress terbaru, min tabel yang akan dibuat nanti tabelnya responsive tidak? responsive kok sob kamu juga bisa mengatur baris dan kolom sesuai yang kamu inginkan.

Cara Membuat Tabel Di WordPress Tanpa Plugin

Lalu bagaimana caranya membuat tabel yang responsive di wordpress tanpa bantuan plugin atau memasukan skrip kode html? jawabanya ada dibawah ini. Pastikan kamu sudah login ke halaman dashboard wordpress kemudian sediakan artikel yang ingin kamu masukan menu tabel di dalamnya, sebagai contoh berikut ini, di contoh ini saya akan membuat sebuah post atau artikel baru.

1. Langkah pertama agar kita dapat membuat tabel di artikel wordpress pertama tama kamu harus sudah berada di dashboard wordpress kemudian di bagian pos kamu klik tambah baru.

2. Setelah kamu sudah berada di halaman tambahkan pos baru, di sini kamu klik fitur Beralih ke inserter block (+) anggap saja disini saya sudah mengisi seluruh artikel dan saya ingin membuat sebuah tabel.

3. Selanjutnya setelah kamu sudah berada di fitur block nantinya kamu akan menemukan sebuah fitur block yaitu tabel kamu klik fitur tsb.

4. Setelah kamu sudah mengklik fitur tabel nantinya di bagian post artikel akan muncul menu tampilan tabel “sisipkan tabel untuk membagikan data” di bagian Jumlah Kolom Dan Jumlah Baris tentukan jumlah angka kolom dan baris yang kamu inginkan kalau sudah klik buat tabel.

Artikel Lainnya: 3 Cara Cek Theme WordPress Orang Lain

5. Terakhir nantinya tabel sudah berhasil di masukan ke dalam artikel wordpress kamu di bagian ini kamu tinggal buat saja nama kolom dan baris yang kamu inginkan contoh disini saya ingin membuat tabel jabatan “saya mengisi di bagian satu Nama Pekerja, Dan jabatan pekerja, min kalau buat tabel pakai nomor gimana? gampang kok sob kamu tinggal masukan jumlah kolom menjadi 3 dan baris sesuaikan jumlah data yang ingin kamu masukan di bagian tabel contoh sebagai berikut.

Nah setelah kita sudah berhasil membuat tabel responsive dan sederhana lalu langkah selanjutnya apa? yaitu mempercantik tampilan tabel mulai dari warna teks dll. Lalu bagaimana cara mempercantik tabel wordpress?

6. Langkah selanjutnya kan tadi kita sudah berhasil membuat sebuah tabel, agar tabel yang sudah kita buat tadi terlihat cantik kamu bisa mengedit tabel yang sudah jadi tadi dengan menggunakan fitur warna teks, caranya klik tanda panah kebawah kemudian di bagian menu lanjutan klik Warna Teks atau fitur percantik yang kamu inginkan, min kalau kita salah membuat tabel dan ingin menghapus tabel yang sudah kita buat tadi gimana?

7. Nah untuk cara menghapus tabel yang sudah kita buat tadi, apabila kamu mengalami salah buat tabel seperti kurangnya jumlah kolom dan baris kamu bisa mengklik pilihan (tanda titik tiga) di bagian menu icon tabel kemudian kamu klik saja hapus block, nantinya tabel yang sudah kamu buat tadi akan terhapus.

✔️  Cara Membuat Next Page Di Wordpress

Penutup

Sekian dulu pembahasan kami tentang cara membuat tabel di wordpress semoga dengan adanya artikel ini kamu dapat terbantu.

Leave a Comment