Cara Membuat Tabel Di Google Spreadsheet

Kamu ingin membuat tabel di google spreadsheet? Mungkin sebagian dari kalian pernah membuat tabel di ms excel, dan kalau kalian sudah sering membuat tabel di program aplikasi microsoft excel, pastinya kalian sudah paham cara membuat tabel, namun pernah tidak kamu mencoba membuat tabel di google spreadsheet?

Jika kamu baru saja menggunakan google sheets, mungkin kamu sedikit bingung apabila ingin membuat tabel di aplikasi pengelolah angka dan data yang satu ini, secara segi tampilan dan fitur google spreadsheets dan excel itu hampir sama.

Walaupun dibilang hampir sama, tapi saat ini masih banyak orang yang mengalami masalah sewaktu ingin membuat tabel di google sheets, Bagi kamu yang sedang ingin buat tabel di google sheets, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa mengikuti panduannya dari kami dibawah ini.

Cara Membuat Tabel Di Google Spreadsheet

1. Langkah pertama agar kita dapat membuat tabel di google spreadsheet pertama kamu buka dan jalankan spreadsheets di laptop atau android kamu, disini saya memakai google spreadsheets melalui pc, bagi kamu yang pakai android, kamu bisa menggunakan aplikasi google spreadsheets.

Kalau sudah kamu buka buat saja dokumen baru dengan cara mengklik + blank pada menu start a new spreadsheets, kamu juga bisa menggunakan dokumen yang sudah ada.

2. Langkah kedua, kita bisa membuat judul tabel yang kita inginkan sebagai contoh, disini saya membuat judul tabelnya “Cara Buat Tabel Di Google Spreadsheets” untuk membuat judul tabel kamu bisa menulisnya di bagian kolom FX.

3. Langkah selanjutnya seleksi cell a 1, untuk meyeleksi cell kamu bisa tekan pada pojok kanan bawah atau pojok kiri atas, atau juga bisa menakan kolom cell a kemudian arahkan mouse kamu ke L atau bisa sampai ujung, tanda kalau kita sudah berhasil melakukan seleksi pada cell tanda akan bewarna biru, selanjutnya nanti akan muncul menu merge cell, atau gabungkan cell, kamu klik saja menu ini.

Artikel Lainnya: Cara Mengunci Cell Di Google Spreadsheet

4. Karena posisinya disini judulnya kurah rapih, jadi saya merubahnya ketengah, bagi kamu yang ingin merubah posisi judul ketengah kamu bisa klik menu horizontal align, kemudian klik center.

5. Setelah judulnya sudah jadi, dan rapih selanjutnya kita gabungkan kembali kolom cell a2 dan a3, kenapa saya gabungkan 2 kolom tersebut? karena nantinya di kolom tersebut kita akan membuat sebuah data tabel, dari mulai nomor, nama dan daftar tabel yang ingin kita buat, untuk mengabungkan kedua tabel a2 dan a3 kamu bisa melakukan seleksi cell ke dua cell tersebut kemudian klik kembali merge cell, agar kedua seleksi cell tersebut bergabung menjadi satu.

6. Kemudian kamu tinggal isi saja data tabel sesuai yang kamu inginkan, disini saya sudah membuat sebuah tabel, untuk nomor, nama siswa, nilai, semester kamu bisa menaruhnya tepat dibawah judul tabel kamu, untuk merubah posisi teks menjadi ketengah kamu bisa memanfaatkan fitur horizontal align.

7. Nah setelah tabel sudah jadi, selanjutnya kita percantik tabel dengan menggunakan border, caranya klik all boder kemudian klik style borders yang ingin kamu pakai, nanti hasilnya akan seperti gambar diatas.

✔️  Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2010

Kesimpulan

Mungkin kalian bingung, mas kenapa tabel yang mas buat tidak rapih? karena ini contoh saja, dan saya hanya membuat tabel sederhana di spreadsheet, Untuk merapihkan tabel yang sudah kamu buat, kamu bisa merapihkannya kembali.

Leave a Comment