Cara Membuat Slideshow di Header Blog yang Keren

Cara membuat slideshow di header blog yang keren saat ini sangat mudah. Anda bisa langsung kunjungi situs web.

Biasanya, slideshow ini ada di bagian atas berupa gambar bergerak secara otomatis. Bagian ini ini isinya info penting, misalnya saja seperti diskon, promo, postingan terbaru atau info produk.

Cara Membuat Slideshow di Header Blog

Fitur slideshow ini merupakan salah satu hal penting agar Anda bisa menarik perhatian pengunjung. Fitur gambar yang bergerak ini dikenal sebagai slideshow, slider, atau carousel.

Apabila Anda tidak pernah buat slider di WordPress, maka saat ini telah tersedia beberapa plugin slider. Anda bisa menginstal plugin ini di WordPress.

Cara membuat slideshow di header blog di wordpress yang bagus sangat cepat. Hal ini karena slider dikenal sebagai fitur WordPress yang lebih menarik.

Bahkan, fitur ini juga bisa meningkatkan konversi serta mengurangi skor bounce rate. Adapun cara buat slider, sudah ada di bawah ini yang bisa diikuti.

Cara Buat Slider di WordPress dengan Cepat

Cara buat slider ini tergantung dari tujuan dan tipe websitenya. Biasanya, penempatan slider berada di bagian bawah dan atas.

Keduanya mempunyai fungsi berbeda, biasanya bagian atas untuk menampilkan konten-konten atau mengganti header penting. Sementara itu, slider bagian bawah akan berisi testimoni, serta komentar atau pelanggan.

Apabila Anda ingin melihat website berita yang lebih kompleks, maka bisa menemukan beberapa slider dengan konten video, artikel berita, bahkan iklan.

Hal ini dilakukan agar semua bisa ditampilkan hanya dalam satu tempat. Jadi Anda sudah bisa membayangkan jika satu saja ditampilkan secara bersamaan maka akan memerlukan space banyak.

Sementara itu, juga perlu diperhatikan untuk pemasangan slider tidak boleh terlalu banyak. Hal ini tentunya bisa memberatkan server, karena loading website lebih lambat.

Selain itu, Anda juga harus bisa menambahkan plugin SEO website agar tampak lebih powerful. Apalagi saat ini sudah ada 12 plugin SEO WordPress yang terbaik .

Keunggulan dari Slider Smart Slider

Secara umum, blog WordPress tidak memiliki fitur slider. Jadi Anda harus menginstall plugin tambahan untuk bisa memperoleh fitur seperti ini.

✔️  Cara Membuat Playlist Di Windows Media Player

Saat ini sudah ada beberapa jenis plugin slider yang tersedia. Namun, yang akan dibahas hanya plugin WordPress Smart Slider 3 .

Plugin ini sangat direkomendasikan, karena plugin WordPress Smart Slider 3 mempunyai berbagai fitur menarik. Misalnya saja seperti sederhana, lebih mudah digunakan, mempunyai banyak fitur, ramah pengembang, muat gambar dengan cepat, dan  ramah SEO.

Begini Cara Buat Slider di Akun WordPress

Cara membuat slideshow di header blog WordPress bisa lebih cepat. Namun, Anda pastikan terlebih domain hosting dan CMS WordPress sudah Anda kantongi.

Apabila Anda tidak mempunyai hosting domain, maka harus membeli paket hosting unlimited. Biasanya, jasa hosting akan menyediakan domain gratis.

Sehingga Anda hanya membayar hosting unlimited dan menikmati fiturnya saja. Ada beberapa cara untuk membuat slider di WordPress, antara lain:

  1. Login Akun Terlebih Dahulu

Cara membuat slideshow di header blog pertama, harus login ke akun WordPress terlebih dahulu. Setelah itu, pada bagian dashboard WordPress Anda bisa memilih Plugin, lalu klik Add New .

  1. Tambahkan Pengaya Baru

Setelah itu, bisa klik kolom pencarian tulis “ Smart Slider 3 ”. Biasanya, smart Slider 3 sudah mempunyai logo huruf “S” dengan background warna biru menggunakan developer yang berasal dari Nextend .

Setelah itu, Anda bisa memilih “ Install Now” dan “ Activate”. Apabila Anda sudah benar maka bisa pilih menu sendiri di bagian bawah.

  1. Buka Smart Slider

Cara membuat slideshow di header blog selanjutnya, dipersilahkan untuk cari dan buka Smart. Selanjutnya, bisa langsung masuk pada dashboard Smart Slider 3. Nantinya, akan ada pilihan New Slider atau Template Library.

Namun, Anda harus bisa menggunakan gambar sendiri yang biasanya disarankan untuk memilih New Slider. Jika sudah memilih New Slider, nantinya sudah ada pilihan Full Width, Preset Default, serta Thumbnail Horizontal.

Berikutnya, Anda bisa mencoba pilih Default dan klik menu Create. Setelah itu, Anda bisa memilih Add Slide Image, nantinya akan langsung diarahkan ke Media Library WordPress.

✔️  4 Cara Menambah Followers Tiktok Gratis (Terbaru)

Cara membuat slideshow di header blog berikutnya, Anda dipersilahkan pilih gambar yang akan digunakan sebagai slider. Sementara itu, pada gambar yang sudah dipilih. Anda bisa mengklik Edit dan sesuaikanlah dengan desain yang diinginkan.

  1. Edit sesuai dengan kreativitas

Berikutnya, Anda bisa menambahkan Deskripsi, Header, Button dan lainnya. Anda bisa menemukannya di pojok kiri berwarna hijau.

  1. Edit bilah geser khusus

Apabila Anda sudah berhasil klik Save slider di pojok kanan atas. Nantinya, Anda bisa mengklik menu Slider di pojokan dan scroll ke bawah hingga bagian Publish .

  1. Publikasikan penggeser

Terdapat 3 metode yang dapat Anda lakukan agar bisa memasang slider di blog WordPress. Namun, untuk metode 1 dan 2 tidak jauh berbeda.

Apalagi jika dilihat dari publish yang berada di Post atau Page, akan tampak lebih mudah. Cara membuat slideshow di header blog selanjutnya, Anda bisa klik copy shortcodenya, langsung ke menu dashboard Post dan pilih Add New.

  1. Tambahkan penerbit penggeser

Kemudian, Anda bisa langsung paste di halaman post dan bisa mengubahnya menjadi “edit as HTML”. Jadi Anda sudah bisa Publish slider yang di buat.

Sementara itu, untuk PHP Code sebenarnya Anda bisa langsung mengcopy PHP Codenya. Setelah itu, bisa pergi Dashboard  lalu Appearance. Kemudian, bisa klik Theme Editor dan Cari file Main Index Template

Cara membuat slideshow di header blog selanjutnya, bisa simpan kode script di themes. Anda juga bisa melakukan paste file PHP Code di bawah penutup header. Setelah itu, Anda jangan lupa Update File. Lalu Anda bisa cek alamat website sudah bisa atau belum.

Jadi dapat dikatakan slider ini akan menampilkan informasi artikel yang sengaja disematkan atau terbaru. Hal ini tentunya agar Anda bisa langsung tampil di halaman pertama.

Ini juga akan membuat pengunjung lebih mudah untuk membuka artikel terbaru. Selain itu, bagi Anda yang saat ini sudah memiliki website e-commerce, maka bisa menggunakan fitur slider untuk mengenalkan produk yang sedang dipromosikan.

✔️  Cara Mengembalikan Akun Twitter Yang Di Hack

Cara membuat slideshow di header blog selanjutnya, Anda bisa memperkenalkan produk dengan penjualan paling banyak, atau produk andalan. Sementara itu, konten yang tertampil di bagian slider biasanya dapat mencuri perhatian.

Sehingga pengunjung lebih besar ketimbang dengan konten yang lainnya. Jadi meskipun pemasangan slider di blog WordPress bisa dilakukan secara manual, namun saat Anda menggunakan plugin pemasangan akan lebih mudah.

Selain itu, Anda hanya perlu melakukan aktivasi plugin dan proses instalasi. Jadi proses konfigurasinya akan mudah dimengerti karena  menggunakan interface sederhana.

Cara membuat slideshow di header blog selanjutnya, Anda juga bisa melakukan berbagai macam variasi slider. Hal ini dilakukan agar konten yang ada di slider bisa menarik perhatian pengunjung lebih besar.

Bahkan, Anda juga bisa menambah berbagai macam efek atau modifikasi. Contohnya saja, Anda bisa menambahkan memodifikasi teks, efek transisi dan membuat tombol unik di slider.

Jadi hanya dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mengubah tampilan slides yang tadinya membosankan menjadi lebih menarik. Hal ini juga bisa mempengaruhi kesan pengunjung saat mengunjungi halaman website.

Oleh karena itu, Anda harus cari tahu bagaimana slider bisa didapatkan. Anda bisa menggunakan Cara membuat slideshow di header blog dengan mudah.

Leave a Comment