Cara Membuat PDF di HP 100% Aman

Ada yang belum tahu bagaimana cara membuat pdf di hp? Anda pasti sudah tahu jika sekarang ini sebagian besar dokumen sudah menggunakan bentuk digital atau tanpa kertas. Banyak orang merasa nyaman membagikan file dengan aman dengan memanfaatkan file PDF.

Membuat file PDF sebenarnya bukan hanya bisa dilakukan via PC/Laptop saja. Anda pun bisa memanfaatkan perangkat ponsel atau smartphone yang saat ini sudah dilengkapi dengan fitur super lengkap.

Hanya saja yang perlu Anda tahu, membuat file pdf melalui smartphone atau HP tidak sama dengan di PC/Laptop. Lalu apakah sulit untuk membuat file PDF di HP? Apakah sama mudahnya saat membuatnya via laptop/PC?

Jangan khawatir, cara membuat PDF di HP sebenarnya tak seberapa sulit kok. Anda hanya perlu memanfaatkan aplikasi bawaan ponsel, mengunduh lalu menginstall aplikasi pihak ketiga. Anda pun dapat mengakses situs tertentu untuk membuat file PDF dari HO.

Baca juga: screenshot hp samsung 

Membuat PDF di HP Melalui Aplikasi Bawaan HP (MS Word)

Cara membuat pdf di hp

Cara pertama adalah Anda bisa memanfaatkan aplikasi bawaan dari HP. Apalagi kalau bukan aplikasi ms word. Setiap perangkat HP masa kini rata-rata sudah diberikan fitur tersebut di dalamnya.

Sebagai informasi saja, ms word adalah aplikasi pengolah data dari Microsoft Office yang memungkinkan Anda membuat file berjenis PDF. Melalui aplikasi tersebut, Anda juga dapat mengkonversi gambar atau teks apapun ke format PDF.

Cara membuat pdf di hp melalui ms word ini juga terbilang mudah. Anda hanya perlu buka saja ms word dari HP, lalu silahkan ketik teks yang ingin dikonversi dalam bentuk PDF. Setelah itu ketuk menu dengan ikon titik tiga di bagian pojok kanan atas.

Langkah berikutnya klik “bagikan sebagai PDF”. Jangan lupa salin ke memori internal HP lalu tentukan lokasi penyimpanan data sesuai selera. Terakhir klik “simpan” dan periksa kembali apakah teks sudah berubah dalam bentuk PDF atau belum.

✔️  Cara Membuat Profil Facebook Terkunci

Membuat PDF di HP Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Apakah hanya bisa membuat PDF di HP dari aplikasi bawaan seperti ms word saja? Tentu saja tidak karena ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang sebetulnya dapat Anda gunakan. Sama dengan cara lainnya, membuat PDF pakai aplikasi pihak ketiga juga mudah.

Memakai Google Drive

Aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda pakai sebagai cara membuat pdf di hp adalah Google Drive. Kalau yang ini bukan aplikasi bawaan HP, tapi punya Google. Jangan salah, aplikasi ini juga sangat membantu Anda untuk mengkonversi file dokumen ke PDF.

Apalagi bukan hanya pengguna smartphone Android saha yang bisa menggunakanya. Namun juga pemakai OS ios pun demikian. Langkah pertama tentu saja Anda harus menginstall dulu aplikasinya.

Jika sudah, bisa langsung dibuka lalu masuk akun Google. Setelah itu ketuk ikon “+” yang terdapat pada pojok kanan atas. Lalu, tinggal pilih dokumen yang mau di convert, atau boleh juga menuliskan kembali teks yang baru.

Cara membuat pdf di hp ini pun memungkinkan pengguna untuk menambahkan gambar pada teks sebagai tambahan informasi. Klik titik tiga pada pojok kanan atas, pilih “bagikan dan ekspor” serta simpan file dengan format pdf. Terakhir tinggal klik “OK”.

Menggunakan Aplikasi WPS Office

Membuat pdf di hp

Jika tak keberatan, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu WPS Office. WPS Office dapat Anda install secara gratis dengan fitur yang cukup mumpuni. Untuk membuat pdf di HP pakai aplikasi ini, berikut tahap-tahapannya:

  • Download kemudian install WPS Office
  • Buka, lalu klik ikon “+”
  • Klik “dokumen” lalu edit teks sesuai selera
  • Jika merasa sudah cocok, klik “save” pada pojok kiri atas
  • Klik bagian jalur untuk simpan file dalam bentuk PDF di memori internal HP
  • Tentukan lokasi di mana ingin menyimpan file
  • Klik dropdown pilih format pdf
  • Klik “ekspor ke PDF”
  • Tunggu hingga proses convert selesai
✔️  3 Cara Edit Video tanpa Aplikasi dengan Cepat

Membuat PDF di HP Melalui Situs (Online)

Sedang dalam jaringan internet lancar? Tidak mau mengunduh aplikasi pihak ketiga karena takut memori HP berkurang? Tenang saja, karena Anda masih tetap bisa membuat pdf di HP secara online, artinya dengan mengandalkan situs.

Mengakses Situs SmallPDF

Situs yang pertama adalah smallPDF. Smallpdf adalah satu dari banyaknya situs yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat file pdf melalui perangkat HP. Situs tersebut menyediakan versi gratis, sehingga Anda tak perlu repot menyiapkan dana lebih.

Untuk cara membuat pdf di hp melalui situs ini juga sangat mudah. Anda tinggal siapkan dulu file word yang mau diubah menjadi pdf dan jangan lupa pastikan Anda sedang berada di jaringan internet. Setelah itu buka saja browser lalu ketik smallpdf.

Selanjutnya pilih file yang mau di convert. Proses convert akan berjalan sampai selesai. Unduh pdf supaya bisa disimpan di HP dengan cara klik tombol “unduh file” pada pojok kanan. Lanjut periksa penyimpanan apakah file sudah berubah atau belum.

Dengan IlovePDF

Cara membuat pdf

Bukan hanya situs SmallPDF saja, Anda pun dapat memanfaatkan IlovePDF. Situs ini bukan hanya bisa membantu Anda untuk mengubah file pdf saja, namun juga mengecilkan ukuran filenya, menggabungkan, dan lain-lain.

Jika ingin tahu cara membuat pdf di hp dari situs ini, tinggal masuk situsnya lali pilih “word to pdf”. Lanjut pilih “select word files”. Temukan file yang mau diubah, klik “convert to pdf” lalu tunggu sampai selesai. Tinggal klik “download” untuk unduh file.

Pakai Situs jpg2pdf.com

Banyak keunggulan situs ini diantaranya mudah dan tanpa batas ukuran file, tanpa registrasi yang rumit, bisa tetap menjaga resolusinya, dan lain-lain. Jadi, banyak yang menyarankan menggunakan situs ini untuk membuat file pdf di HP.

✔️  Cara Agar Komputer Tidak Sleep Secara Otomatis

Anda cukup buku browser dan ketik pada kolom pencarian jpg2pdf.com lalu klik upload files. Tunggu hingga semua file terupload dan proses convert ke pdf selesai. Lanjutkan dengan klik “combined” untuk mengunduh hasil konversi tadi.

Membuat PDF dari HP iPhone Dan iPad

Pdf di hp

Ada lagi cara membuat pdf di hp khususnya untuk pengguna OS IOS seperti Iphone maupun IPad. Bagi Anda yang sekarang menggunakan OS tersebut catat informasi ini baik-baik.

Untuk membuat pdf, Anda tinggal buka notes di iPhone atau iPad. Selanjutnya buat new note atau catatan yang baru. Walaupun begitu, Anda juga sebenarnya masih bisa menggunakan catatan yang memang sudah ada sebelumnya.

Lalu klik tombol kamera di bawah layar/atas keyboard, pilih “pindai dokumen/scan dokumen”. Sejajarkan dokumen yang mau dipindai atau klik tombol rana jika tidak mau memindai otomatis. Tinggal klik “save” dan akan ditampilkan halaman yang dipindai tadi.

Itu dia tadi beberapa cara membuat pdf di hp yang paling mudah. Anda boleh pilih pakai aplikasi bawaan, menginstall aplikasi pihak ketiga, atau secara online. Semuanya terbilang mudah, dapat dapat Anda sesuaikan sendiri dengan selera.

Leave a Comment