Cara Membuat Navigasi Blog Keren Simpel dan Mudah

Cara membuat navigasi blog keren adalah sesuatu yang cukup penting untuk diperhatikan para blogger. Sebab, navigasi sama halnya sebagai pengarah bagi pengunjung untuk lebih mengenal konten yang ada di dalam blog tersebut.

Blog yang memiliki sistem navigasi baik, maka besar kemungkinan akan membuat pengunjung semakin betah hingga melakukan konversi. Tentunya hal tersebut tidak mudah oleh karena harus dimulai dengan membuat navigasi dengan benar.

Jika memang demikian, maka bagaimana supaya bisa membuat navigasi yang keren bagi para pengunjung? Terlebih mencari pengunjung blog maupun website bukan hal yang mudah. Untuk itu, Anda perlu memahami beberapa bahasan berikut ini.

Apa Itu Navigasi Blog?

Sebelum Anda membuat sebuah navigasi, sebaiknya memahami terlebih dahulu makna dari navigasi itu sendiri. Dalam sebuah blog, navigasi seperti petunjuk bagi para pengunjung untuk melihat halaman lain yang berisi konten menarik.

Cara membuat navigasi blog keren tentu tidak akan sulit. Selain itu, dengan adanya navigasi akan mempercepat menaikkan traffic pengunjung situs Anda. Hal ini karena pengunjung merasa terbantu sehingga bisa menuju konten yang mereka inginkan dengan lebih cepat.

Jadi, bahasa mudahnya dalam memahami navigasi adalah bagian blog yang berisi menu akan tetapi terdapat link di dalamnya. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk langsung menuju halaman lain ketika mengklik salah satu menu tersebut.

Barisan menu ini biasanya terletak di bagian samping kanan atau kiri halaman. Namun, pada beberapa blog, navigasi juga bisa terletak di bagian bawah halaman sehingga para pengunjung tidak akan kesulitan mencarinya.

Maka dari itu, Anda harus tahu cara membuat navigasi blog keren dan mudah untuk menaikkan traffic pengunjung.

Jenis-jenis Navigasi yang Sering digunakan

Dalam sebuah blog maupun website, terdapat beberapa jenis navigasi dengan fungsi berbeda. Selain itu, cara peletakan linknya juga tidak sama, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Navigasi Global
✔️  Cara Membuat Gambar GIF Di PC, Laptop & HP Tanpa Aplikasi

Navigasi yang pertama adalah global yang memiliki ciri khas berupa peletakkan link yang sama untuk semua halaman blog. Menu navigasi ini adalah yang termudah baik bagi blogger maupun pengunjung itu sendiri.

Sebab, navigasi global akan meletakkan setiap linknya di tempat yang sama meskipun Anda sudah berpindah halaman sekalipun. Sehingga, ketika ingin berpindah ke halaman lainnya lagi Anda tidak akan kerepotan.

  1. Navigasi Hirarki

Cara membuat navigasi blog keren berikutnya bisa dengan memilih jenis Hierarki. Jenis ini biasanya sering digunakan untuk website portal berita yang memiliki beberapa kategori konten sehingga lebih mudah dikelompokkan.

Misalnya dalam halaman utama terdapat navigasi berisi kategori konten dan ketika diklik, maka akan menuju ke sub menu berikutnya yang berisi konten. Kemudian ketika Anda mengklik salah satunya, maka navigasi selanjutnya sudah berbeda peletakannya.

  1. Navigasi Lokal

Berbeda dengan kedua jenis sebelumnya karena peletakkan link pada navigasi lokal ini terletak di dalam blog itu sendiri. Jika kedua jenis sebelumnya link berada pada menu di header, maka untuk navigasi lokal terletak di bagian dalam konten.

Jadi, semisal dalam sebuah artikel pembaca sedang menyimak artikelnya, maka di dalam tulisan tersebut terdapat beberapa keyword yang dapat diklik ke halaman berikutnya. Cara membuat navigasi blog keren seperti ini sering digunakan untuk website maupun blog.

  1. Navigasi Liniear

Navigasi linear memiliki konsep yang berbeda dengan ketiga jenis sebelumnya. Bagi pembaca, maka harus menyimak satu-per satu artikel di dalamnya layaknya sebuah buku karena peletakkan linknya yang memang hanya ada satu dalam setiap halaman.

Navigasi link yang diberikan di setiap halaman akan sesuai dengan konten yang dibuka pertama kali. Kemudian ketika menuju ke halaman beriktunya, maka menu navigasi tersebut akan berubah lagi.

✔️  Cara Menambahkan Nomor Hp Di Akun Discord

Pentingkah Menggunakan Navigasi dalam Sebuah Blog?

Setelah memahami beberapa jenis navigasi tersebut, maka sekarang Anda juga perlu memahami pentingnya memiliki navigasi dalam sebuah blog. Hal ini karena yang pertama dapat menurunkan bounce rate atau perginya pengunjung karena blog susah dipahami.

Maksudnya adalah pengunjung lebih memilih pergi dari blog Anda karena navigasi yang terlalu buruk sehingga mereka kesulitan mencari apa yang mereka butuhkan. Tentunya hal ini akan merugikan Anda sebagai pemilih blog.

Keuntungan berikutnya ketika Anda mampu membuat navigasi yang baik adalah konversi penjualan dapat meningkat drastis. Hal ini karena tampilan website atau blog terlihat menarik dan meyakinkan sehingga mereka bersedia membeli produk tersebut.

Cara membuat navigasi blog keren yang seperti ini juga mampu membantu peningkatan SEO karena google bisa memahami apa yang ada di dalam blog Anda. Ketika sebuah blog berisi konten yang teratur dan dapat dipahami, maka peringkat SEO juga akan naik.

Hal ini juga bisa meningkatkan user eperience yang baik. Bahkan ketika Anda berhasil menerapkan pembuatan navigasi blog keren, maka google akan menyediakan sitelink yang berada di bawah link utama di mesin pencarian google.

Oleh karena itu, memiliki navigasi dalam sebuah blog sangat penting bahkan menjadi kewajiban bagi setiap blogger untuk meningkatkan blognya sendiri.

Cara Membuat Navigasi Blog Keren dengan Mudah

Lantas bagaimana upaya yang perlu dilakukan untuk menghasilkan navigasi keren? Untuk hal ini, Anda bisa mencoba membuatnya di JavaScript. Caranya adalah dengan login ke akun blogger dan masuk ke bagian dashboard.

Cara membuat navigasi blog keren berikutnya bisa masuk ke menu Layout dan klik opsi tambahkan gadget. Kemudian klik & drag sehingga muncul pilihan untuk memilih HTML atau JavaScript.

Untuk bagian judul tidak perlu Anda isikan tetapi hanya perlu mengcopy paste script yang ada di bawah ini:

✔️  Cara Mendapatkan Kuota Gratis by.U 3GB-23GB Dari Reward U-Coin

</ul><style>

 

#tab_menu {

background:url(http://3.bp.blogspot.com/-OycpSljNY-E/UbidzWvOk4I/AAAAAAAACYs/lGxPWmjfzlA/s1600/menu_bg.png) no-repeat;

height:50px;

width:960px;

line-height:50px;

list-style:none;

margin-top:10px;

font-size:14px;

font-family:Verdana, Geneva, sans-serif;

font-weight:bold;

overflow:hidden;

}

 

#tab_menu li {

float:left;

border-right:1px solid #FFA722;

border-left:1px solid #CC5200;

}

 

#tab_menu li:first-child {

border-left:none;

}

 

#tab_menu li:last-child {

border-right:none;

}

 

#tab_menu li a{

text-decoration:none;

float:left;

display:block;

height:50px;

padding:0 20px;

color:#FFF;

}

 

#tab_menu li a.current, #tab_menu li a:hover, #tab_menu li a.tool:hover {

color:#622900;

text-shadow:1px 1px 0px #E8964B;

}

 

#tab_menu li a.tool{

color:#000;

text-shadow:1px 1px 0px #E8964B;

}

</style>

 

<ul id=’tab_menu’>

<li ><a href=’#’>Home</a></li>

<li ><a href=’#’>PRODUCT</a></li>

<li ><a href=’#’>FAQS</a></li>

<li ><a href=’#’>CONTACT US</a></li>

<li ><a href=’#’>ABOUT US</a></li>

 

Khusus pada bagian alamat URL, Anda bisa mengganti dengan alamat blog sendri yang ingin dinavigasikan. Kemudian jika ingin semua menu tersebut berada di bawah label kategori, maka bisa menambahkan link ke halaman label.

Itu merupakan cara membuat navigasi blog keren dengan JavaScript. Kemudian Anda juga perlu memperhatikan detail-detail kecil dalam membuat navigasi link. Misalnya warna text yang berbeda, tampilan halaman yang lebih sederhana tetapi mudah di pahami dan lainnya.

Dalam membuat navigasi memang dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Akan tetapi, pada dasarnya cara membuat navigasi blog keren itu mudah dan sangat menguntungkan sehingga jangan sampai melewatkannya jika ingin menjadi blogger profesional.

 

Leave a Comment