Cara Membuat Instagram menjadi Blog Pribadi Mudah dan Sederhana

Cara membuat Instagram menjadi blog pribadi saat ini memang lebih mudah dan sederhana. Apalagi dengan adanya zaman digital, bisa dipastikan orang berkarya lebih bebas.

Adanya kebebasan berekspresi sebenarnya memang bisa dituangkan melalui wordpress atau blog. Bahkan, Anda juga lebih mudah menghasilkan uang yang menggiurkan,jika dikelola dengan benar.

Cara Membuat Instagram Menjadi Blog Pribadi di Website

Pada dasarnya, cara buat blog pribadi di Instagram tidak sulit. Sebelum Anda mengetahui tutorial lengkapnya, maka harus paham bahwa blog pribadi berarti tulisan “Blog Pribadi” di profil Instagram.

Jadi bila Anda sering buka media sosial IG, pasti sudah tidak asing dengan tulisan yang ada di profil Instagram. Namun, bila Anda ingin menampilkan tulisan “Blog Pribadi”, maka harus tahu bagaimana membuat Instagram menjadi blog pribadi.

Melansir dari laman resmi Instagram, cara buat Instagram menjadi blog pribadi sebenarnya harus beralih dari akun pribadi ke profesional. Apalagi fitur “Blog Pribadi” ini hanya tersedia di akun yang profesional.

Apabila jenis akunnya tidak Anda ubah, maka tulisan tersebut tidak bisa ditampilkan. Sementara itu, untuk tulisan Blog Pribadi ini memang hanya berada di bagian profil tepatnya dekat bio IG.

Oleh karena itu, Anda harus tahu cara buat blog pribadi di Instagram. Berikut Cara membuat Instagram menjadi blog pribadi, antara lain:

  1. Pertama, Anda harus bisa masuk ke aplikasi Instagram di website. Kemudian, bisa lakukan login ke akun IG pribadi.
  2. Apabila belum pernah, maka bisa masuk menggunakan nama pengguna dan password. Berikutnya, jika Anda sudah berhasil masuk ke bagian Profil, maka lanjut pilih Edit Profil.
  3. Cara membuat Instagram menjadi blog pribadi selanjutnya, Anda bisa pilih opsi Switch to Professional Account. Setelah itu, harus bisa Beralih ke Akun Profesional.
  4. Kemudian, bisa klik Lanjutkan untuk proses buat blog pribadi di Instagram. Selanjutnya, akan muncul pula berbagai macam kategori.
  5. Setelah itu, Anda bisa pilih Blog Pribadi atau Personal blog. Kemudian, langsung klik Selesai.
  6. Lalu dilanjutkan dengan konfirmasi perubahan tersebut dengan menekan OK. Jika sudah selesai, berarti Cara membuat Instagram menjadi blog pribadi berhasil dilakukan.
✔️  Cara Menggunakan Google Form Di PC/ Laptop

Cara Hilangkan Tulisan Blog Pribadi di IG

Apabila akun IG pribadi milik Anda sudah beralih menjadi akun profesional, maka tidak bisa lagi menggunakan mode privat. Walaupun begitu, jenis akun yang profesional juga sudah memiliki berbagai macam keunggulan, terutama dalam hal melihat statistik akun IG.

Misalkan, sudah ada interaksi konten, jangkauan akun, audiens, dan lainnya. Seluruh fitur ini tentunya bisa Anda lihat melalui menu Insight yang sudah ada di akun profil.

Namun, jika Anda memang lebih nyaman dan suka menggunakan mode akun privat, maka bisa langsung mengubahnya kembali. Jadi Cara membuat Instagram menjadi blog pribadi tidak perlu Anda lakukan.

Sementara itu, bagi Anda yang ingin tahu cara menghilangkan tulisan blog pribadi di IG agar akun dapat di private sangat mudah. Di bawah ini sudah ada cara untuk menghilangkan tulisan blog, antara lain:

  1. Pertama, Anda bisa buka aplikasi Instagram terlebih dahulu. Setelah itu, bisa melakukan login ke akun IG pribadi.
  2. Kemudian, Anda bisa masuk langsung ke menu profil. Caranya Anda bisa menekan foto profil yang sudah ada di bagian pojok kanan bawah.
  3. Selanjutnya, bisa menekan ikon tiga garis yang ada di sudut kanan atas, kemudian klik Pengaturan. Setelah itu, bisa klik tulisan Akun, dan gulir layar ke bawah.
  4. Berikutnya, Anda bisa mengklik pada tulisan Ubah Jenis Akun. Setelah itu, pilihlah opsi Beralih ke Akun Pribadi.
  5. Nantinya, akan muncul pesan yang isinya konfirmasi beralih akun. Selanjutnya, bisa klik Beralih ke Akun Pribadi dan selesai.

Itu saja beberapa Cara membuat Instagram menjadi blog pribadi dan cara menghilangkan blog pribadi. Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan blog pribadi, maka bisa memilih kategori lain.

Misalnya saja seperti, Blogger, Gamer, Kreator Digital, Penulis, dan lainnya. Kategori ini hanya ada di akun Instagram yang profesional.

Cara buat blog pribadi yang Menghasilkan Uang

Sebenarnya, cara buat blog pribadi di IG juga bisa menghasilkan uang yang banyak. Apalagi jika Anda serius ingin mendapatkan uang dari blog IG, berikut ini sudah cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Jadi Selebgram atau Influencer
✔️  Mengkompres Ukuran Gambar Dengan Plugin Wp Smush.IT

Cara membuat Instagram menjadi blog pribadi pertama yang dapat Anda lakukan yaitu jadi influencer atau selebgram. Namun, Anda perlu konsisten jika ingin menjadi influencer atau selebgram apalagi dalam membangun personal branding di Instagram.

Anda bisa jadi seorang product reviewer untuk memperoleh endorsement dan sponsored content. Selain itu, Anda juga bisa menjadi Affiliate dalam menjalankan Instagram Product Reviewer

Affiliate disini berarti Anda akan mengulas keunikan dan kelebihan produk serta mencantumkan kode referal untuk melakukan pembelian produk. Jadi nantinya, setiap ada audiens yang ingin beli bisa menggunakan kode Referal atau link.

Nantinya, beberapa komisi akan masuk ke dompet secara otomatis.  Selain itu, Anda juga bisa review produk yang dijual sendiri. Caranya dengan mencantumkan link pembelian pada setiap unggahan di IG.

  1. Paid Promote

Cara membuat Instagram menjadi blog pribadi ini juga bisa dijadikan ajang dalam membuka jasa paid promote. Hal ini berguna untuk mendapatkan uang dari Instagram. Melalui cara ini, Anda bisa melakukan layanan promosi yang berbayar memanfaatkan fitur Feed Instagram.

Biasanya, materi promosi bisa diperoleh dari perusahaan yang akan menggunakan jasa Anda. Kini memang sudah banyak sekali pelaku usaha atau UKM yang menggunakan layanan ini.

Dikarenakan harga dari paid promote jauh lebih murah. Jadi bagi Anda yang ingin sekali mencoba bisnis ini ada beberapa hal yang harus diketahui, antara lain:

  • Gunakan akun asli: Anda harus bisa memastikan sudah menggunakan akun asli Instagram. Hal ini tentunya untuk mempermudah mendapatkan klien. Selain itu, ini juga berpengaruh dengan kredibilitas akun Instagram.
  • Selektif: Anda juga harus lebih selektif dalam hal memilih perusahaan. Oleh karena itu, pilihlah perusahaan yang sudah terpercaya dan mempunyai produk berkualitas agar bisa menjaga kepercayaan dari pengikut IG.
  • Beri pelayanan terbaik: dalam membuka layanan paid promote sebenarnya tidak hanya sekedar mempromosikan layanan atau produk saja. Akan tetapi, Anda harus lebih aktif memberikan respon terhadap komentar atau pesan dari pengikut.
  • Tingkatkan engagement: Anda juga harus bisa melakukan langkah untuk meningkatkan engagement. Hal ini karena engagement termasuk salah satu tolak ukur dari perusahaan untuk memilih sebuah jasa paid promote.
✔️  Cara Menghubungkan Nomor Whatsapp Ke Halaman Facebook

Cara Buat Tulisan Blog di IG melalui HP

Cara membuat Instagram menjadi blog pribadi juga bisa Anda coba melalui aplikasi IG di HP maupun iOS. Namun, Anda harus memastikan sudah memasang aplikasi Instagram di smartphone. Kemudian, Anda bisa ikuti cara buat tulisan blog pribadi di IG, di bawah ini:

  • Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Instagram di Handphone Anda. Setelah itu, lanjut login menggunakan akun IG.
  • Kemudian, bisa pergi ke profil dan masuk ke menu pengaturan. Setelah itu, masuklah ke menu Akun dan pilih opsi untuk Beralih ke Akun Profesional.
  • Selanjutnya, Anda bisa memilih Bisnis dan pilihlah kategori Blog Pribadi pada pilihan yang akan muncul. Kemudian, Anda bisa memberikan kontak seperti nomor HP, alamat email, atau alamat.
  • Langkah terakhir, Anda bisa menghubungkan akun Instagram ke halaman facebook. Jadi sekarang akun Instagram Anda sudah berubah menjadi akun profil bisnis.

Namun, jika Anda ingin mengubah ke akun biasa juga mudah tinggal klik pengaturan saja. Jadi dapat dikatakan Cara membuat Instagram menjadi blog pribadi memang sangat mudah.

 

Leave a Comment