Cara Membuat Halaman Depan Blog dengan Mudah dan Cepat

Seorang blogger tentu wajib tahu mengenai cara membuat halaman depan blog yang baik. Terutama jika blog yang dikelola diharapkan bisa memberi penghasilan bagi pengelolanya. Hal ini tentu mengharuskan para blogger mengetahui trik pengelolaan blog yang baik.

Salah stau hal yang tidak bisa dilewatkan ialah mengenai halaman depan sebuah blog. Halaman depan adalah salah satu penentu utama apakah blog bisa dikatakan berkualitas atau tidak. Jadi, simak ulasan berikut untuk tahu lebih jauh terkait halaman depan blog.

Mengenal Halaman Depan yang Ada di Blog

Halaman depan atau yang sering disebut dengan istilah halaman statis adalah salah satu bagian dari beberapa halaman blog. Biasanya para blogger akan melakukan cara membuat halaman depan blog yang baik agar blog terlihat profesional.

Halam depan blog sebenarnya bisa dikatakan hampir mirip dengan halaman website yang independen. Halaman ini berdiri sendiri dan bukan bagian dari halaman posting. Tentu sebagai blogger Anda juga sudah pernah tahu mengenai halaman posting bukan?

Meski sama-sama menjadi bagian dari blog, kedua halaman tersebut memiliki perbedaan yang cukup jauh. Beberapa perbedaan yang mencolok yakni dari segi fungsinya. Halaman posting ini bagian dari halaman untuk pemilik blog bisa mempublish karya-karyanya.

Halaman depan blog memiliki aturan general yang harus dipenuhi oleh pembuatnya. Dan aturan-aturan tersebut meliputi aturan yang disesuaikan dengan template dan style CSS sehingga para blogger tidak bisa sembarangan dalam membuat halaman yang satu ini.

Fungsi Halaman Depan Sebuah Blog

Fungsi dari seorang bloger mempraktikkan cara membuat halaman depan blog untuk memuat berbagai informasi terkait blog tersebut. Namun isi dari halaman ini berbeda dengan halaman posting.

Sehingga, dari sini tentu Anda mulai paham bahwa halaman depan tidak memiliki fungsi sebagai halaman untuk memposting sebuah konten. Selain itu halaman ini bersifat timeless sehingga tidak mengandung url waktu.

✔️  Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Facebook

Perlu kamu tahu juga, halaman ini tidak diarsipkan berdasarkan waktu. Tentu inilah yang membuatnya berbeda dengan halaman posting. Untuk itu, isi dari kedua halaman ini juga sangat berbeda.

Dari segi fungsinya, halaman posting memang tempat khusus untuk blogger memposting konten blog. Sedangkan untuk fungsi cara membuat halaman depan blog yakni untuk menampilkan beberapa informasi atau identitas sebuah blog.

Untuk lebih jelasnya, pembahasan terkait isi halaman depan akan dijelaskan pada bagian selanjutnya. Hal ini penting diketahui karena bisa menjadi rujukan saat Anda hendak mengedit halaman depan pada blog Anda.

Beberapa Hal yang Harus Ada di Halaman Depan

Pada umumnya, halaman depan sebuah blog memang berisi identitas dari blog tersebut. Misalnya saja “about me”, “contact form”, “daftar isi”, maupun beberapa informasi lain yang ingin ditonjolkan.

Namun selain dari beberapa informasi di atas, ada cara membuat halaman depan blog yang mencantumkan beberapa widget dengan lengkap seperti yang akan dituliskan di bawah ini.

  1. Recent Post

Recent post atau tulisan terbaru seringkali akan ditampilkan pada halaman depan sebuah blog. Recent post ini bisa dikatakan sebuah daftar yang berisi postingan terbaru dari sebuah blog.

Widget ini memungkinkan untuk mengajak para pengunjung blok membuka postingan terbaru Anda. Ini juga merupakan bagian dari strategi para bloger dalam cara membuat halaman depan blog.

  1. Popular Post

Populer post atau yang biasa dikenal dengan istilah artikel terpopuler juga menjadi andalan bagi para blogger untuk ditampilkan di halaman depan sebuah blog.

Widget ini berisi artikel populer dengan jumlah pengunjung terbanyak diantara beberapa artikel lainnya yang dipublish di blog tersebut. Pada bagian ini Anda tidak hanya bisa menampilkan satu postingan saja melainkan lebih dari satu.

Cara membuat halaman depan blog yang berisi populer post juga banyak ditemui pada blog-blog profesional. Sehingga jika Anda masih pemula, maka Anda juga bisa menggunakan cara yang satu ini.

  1. Archiev
✔️  Cara Menyimpan Gambar Di Word Ke Format JPG & PNG

Arsip blog adalah salah satu widget yang sangat penting untuk ditampilkan dihalaman depan sebuah blog. Dengan adanya widget yang satu ini, maka akan memungkinkan bagi para pengunjung lebih mudah untuk mencari judul yang sesuai dengan keinginannya.

Pada bagian ini juga akan ditampilkan bulan dan tahun yang akan memudahkan pembacanya untuk menemukan apa yang menjadi pencariannya. Arsip blog ini bisa dimodifikasi dengan tampilan sesuai dengan keinginan dari pembuatnya.

Sebagai salah satu cara membuat halaman depan blog yang baik, maka sangat penting bagi Anda untuk mencantumkan bagian ini.

  1. About me

About me adalah istilah lain dari profil blogger. Halaman ini bisa dinilai sebagai halaman yang sangat penting dan sangat mempengaruhi performa sebuah blog. untuk membuatnya, maka Anda bisa mengisikan segala informasi tentang diri Anda,

Beberapa hal yang diisikan pada halaman ini adalah identitas diri, deskripsi diri dan apa saja yang ingin Anda sampaikan pada pengunjung blog. Pada bagian ini tidak perlu terlalu lengkap namun tetap bisa mengenalkan diri Anda sebagai pemilik blog tersebut.

Halaman ini sangat penting bagi para blogger karena bisa dibilang sebagai halaman mengenalkan diri ke publik melalui blog pribadi yang dibuat. Dengan begitu, maka para pengunjung menjadi kenal dan mengetahui tentang profil pemilik blog.

Cara membuat halaman depan blog dengan mencantumkan “about me” ini juga telah dilakukan hampir semua blogger.

  1. Label

Label atau kategori tulisan merupakan widget yang seringkali digunakan oleh para blogger mengelompokkan beberapa konten yang memiliki kesamaan. Kesamaan yang dimaksudkan bisa jadi sama dalam hal tema ataupun yang lainnya.

Keuntungan dengan adanya widget yang satu ini adalah, menjadikan blog Anda lebih mudah dinavigasi. Hal ini juga akan memberikan kemudahan bagi para pengunjung untuk menemukan konten sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

✔️  Begini Cara Edit Jedag Jedug di Capcut yang Seru

Jika Anda sudah memahami keseluruhan dari apa saja yang harus ada pada halaman depan blog, maka selanjutnya akan dibahas terkait cara membuat halaman depan untuk blog Anda.

Cara Membuat Halaman Depan Blog di PC dengan Mudah

Setelah mengetahui keseluruhan isi dari halaman depan, tentu inilah yang akan menjadi panduan utama bagi Anda untuk mulai membuat halaman depan yang baik dan keren di blog pribadi yang Anda kelola.

Untuk itu, siapkan beberapa data yang akan Anda masukkan pada halaman depan tersebut dari sebelumnya. Jika sudah, maka Anda bisa mulai mempraktikkan cara membuat halaman depan dengan langkah-langkahnya adalah:

  1. Buat entry baru
  2. Membuat postingan baru
  3. klik simpan
  4. Masuk pada halaman dashboard
  5. Klik setelan lanjutkan dengan klik pos dan komentar
  6. Pilih tab pos lanjutkan dengan tampilan sebanyak mungkin
  7. Isi angka 1 dan simpan
  8. Jika sudah kembali ke pos, ,maka klik edit kemudian klik jadwal
  9. Ubah tanggal dan tahunnya dan lanjutkan dengan klik publikasikan

Jika Anda telah menyelesaikan semua langkah tersebut, maka halaman depan atau halaman statis Anda telah siap.

Strategi penting dalam pengelolaan blog adalah bukan hanya fokus pada postingan yang dibuat. Sehingga penting bagi para blogger untuk memperhatikan cara membuat halaman depan blog dengan baik untuk meningkatkan kualitas blog Anda lebih profesional.

 

Leave a Comment