Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang untuk Pemula

Cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula tentu menjadi topik yang sangat menarik. Terutama bagi para blogger pemula, informasi seperti ini akan sangat membantu dalam pengembangan blog yang dikelolanya.

Untuk itu, simak tips membuat blog yang dapat menghasilkan uang bagi para blogger pemula seperti Anda berikut ini.

Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang untuk Pemula

Dalam membuat dan mengelola sebuah blog, Anda diharuskan kreatif dan memiliki strategi yang baik sehingga bisa menghasilkan uang dengan besaran yang fantastis dari blog yang Anda kelola tersebut.

Dengan strategi yang baik, maka kualitas blog akan dipercaya untuk mendapatkan banyak iklan maupun endorse yang dari inilah Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan melalui konten yang dibagikan di blog tersebut.

Beberapa tips yang bisa Anda ikuti sebagai strategi membuat dan mengelola blog yakni sebagai berikut:

  1. Menentukan Niche dari Blog yang Dibuat

Cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula pertama yakni dengan menentukan niche yang baik dan menarik pada blog tersebut.

Bagi Anda yang mungkin masih belum paham mengenai niche, baca ulasan ini secara perlahan agar bisa memahami lebih dalam terkait pentingnya menentukan niche pada blog yang Anda buat.

Niche merupakan topik atau tema khusus yang ditetapkan untuk blog Anda ketika membagikan suatu konten. Dengan niche blog yang baik, maka kualitas blog Anda juga akan meningkat.

Anda bisa memilih niche yang menarik dan memiliki peluang besar untuk disukai banyak orang. Dengan begitu, maka peringkat blog Anda akan naik dan dapat menghasilkan uang yang lebih banyak.

Jika Anda masih bingung mengenai cara membuat niche, maka Anda bisa mulai dengan membuat daftar terkait hal yang Anda sukai dan kuasai. Selanjutnya lakukan riset blog dengan niche yang hampir sama sebagai referensi dan inspirasi pembuatan blog.

  1. Memilih Web Hosting untuk Blog
✔️  6 Cara Memperbaiki Video Yang Tidak Ada Suaranya

Setelah menentukan niche, cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula selanjutnya yakni dengan memilih web hosting secara tepat untuk blog Anda.

Web hosting memiliki kegunaan agar blog yang Anda kelola dapat dikunjungi oleh pengguna internet. Dengan kegunaan hosting yang sangat penting ini, maka dalam memilih web hosting juga tidak bisa secara asal-asalan.

Ada beberapa hal terkait web hosting yang harus dipertimbangkan yakni sebagai berikut:

  • Seberapa tinggi peluang trafic pada blog yang Anda buat
  • Bagaimana kemudahan proses setupnya
  • Ada tidaknya customer support
  • Fitur Pembuatan blog yang profesional
  • Dan yang kelima yakni besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk berlangganan web hosting

Pertimbangan kelima hal tersebut menjadi langkah penting pada cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula.

Jika Anda telah mempertimbangakan kelima hal di atas, maka Anda bisa mencari penyedia layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Karena saat ini ada sangat banyak penyedia web hosting, maka ini akan memberikan banyak pilihan bagi Anda.

  1. Mendaftarkan Domain Blog

Langkah ketiga berikut ini adalah tahap yang akan sangat menentukan keberhasilan blog Anda. Hal ini karena domain pada alamat blog atau url yang Anda buat haruslah unik. Sehingga ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pendaftaran domain.

Untuk melakukannya, pastikan bahwa Anda tidak terburu-buru dan melakukan secara hati-hati. Gunakanlah tool domain name generator agar Anda mendapatkan nama-nama domain yang potensial.

Cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula dengan mendaftarkan domain blog adalah hal yang tidak bisa diabaikan. Itu sebabnya pengelolaan blog tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Anda juga perlu untuk memilih ekstensi pada tool cek domain ketika sudah ada calon domainnya saat Anda melakukan cek ketersediannya.

  1. Memulai untuk Mengistal Pengelolaan Blog

Platform yang sekiranya paling pas dalam membuat blog baru yakni CMS atau yang biasa diartikan sebagai sistem manajemen konten. Dengan menggunakan CMS, maka ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan.

  • Tidak Harus mempelajari coding maupun bahasa pemrograman lainnya saat membuat blog
  • Dapat membuat konten dan mempublikasikannya sebagai cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula
  • Tidak perlu mengkhawatirkan aspek teknik saat membuat konten pada blog yang dikelola
  • Mendapatkan bantuan plugin dan module dalam membuat fitur baru
  • Mendapatkan template gratis untuk tampilan halaman yang menarik
✔️  Gmailnator: Layanan Email Gratis, Dapat Digunakan Untuk Daftar Sosial Media

Keseluruhan keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan jika menggunakan platform blog pada situs wordpress. Hal ini berbeda dengan platform blogspot yang meski bisa diakses secara gratis, namun ada banyak kelemahan dan kekurangan dalam membuat blog.

  1. Mempublikasikan Konten untuk Pengembangan Blog

Cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula selanjutnya yakni dengan mempublikasikan konten untuk pengelolaan dan pengembangan blog probadi Anda. Ada banyak strategi yang bisa dilakukan untuk upaya publikasi konten.

Strategi publikasi atau pemasaran konten blog menjadi bagian yang paling penting. Semakin luas Anda mengenalkan konten blog Anda, maka uang yang akan dihasilkan dari blog juga semakin besar.

Dan beberapa cara ager blog Anda bisa menghasilkan uang dengan lebih banyak yakni sebagai berikut:

  1. Pasang Iklan

Strategi pertama untuk mendapatkan uang adalah dengan memasang iklan di blog yang Anda kelola. Pilihlah iklan yang relevan dengan menggunakan Google Adsense sesuai isi konten yang Anda tulis.

  1. Program Afiliasi

Cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula juga bisa dilakukan dengan mengikuti program afiliasi.

Perlu Anda tahu bahwa syarat utama untuk bisa mengikuti program afiliasi ialah telah memiliki trafic yang tinggi dan kredibel pada blog yang dikelola. Cara kerjanya yakni, Anda akan diberikan link afiliasai yang bisa dipasang di blog pribadi Anda.

Kerjasama yang dilakukan seperti ini adalah dengan tujuan mempromosikan produk atau layanan tertentu dari pihak yang bekerjasama dengan blog Anda. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu bahwa blog Anda memiliki trafic yang tinggi untuk bisa bergabung.

  1. Menjual Produk maupaun Layanan

Jika Anda memiliki produk dan brand pribadi, maka Anda bisa menggunakan blog Anda untuk mereviuew produk tersebut. Ini juga menjadi cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula yang bisa Anda lakukan.

  1. Postingan Bersponsor
✔️  Kelola Penggunaan Aplikasi di Android dengan Fitur Pembatasan Aplikasi

Jika blog Anda telah mendapatkan banyak pengunjung dan memiliki trafic yang tinggi maka peluang untuk bisa memasang sponsor juga lebih tinggi.

Dengan tingkat trafic pada blog yang belum tinggi, maka akan lebih sulit untuk mendapatkan sponsor atau iklan. Mengapa demikian? Hal ini karena blog dengan trafic yang tinggi akan meningkatkan exposure.

Mengenai cara pembarannya, jumlah besaran yang akan Anda dapatkan disesuaikan dengan banyaknya klik dari postingan tersebut.

  1. Mengubah Blog Menjadi Portofolio Online

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan yakni dengan mengadakan workshpop online mengenai kepenulisan maupun cara lainnya untuk mengubah blog menjadi portofolio online.

Hal tersebut sama saja seperti Anda menyediakan situs penyedia tulisan dari blog yang Anda kelola.

Menghasilkan uang dari blog pribadi memang harus diupayakan dengan telaten. Anda bisa mencari cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula dengan berbagai strategi seperti yang telah diulas lengkap di atas.

 

Leave a Comment