Cara Membuat Blog yang Menarik Meraup Banyak Visitor

Upaya cara membuat blog yang menarik bertujuan agar visitor datang dalam jumlah banyak. Tentunya hal ini memerlukan effort khusus mulai dari produksi konten, mainenance blog, dan sejenisnya.

Walau terdengar merepotkan, nyatanya jika dipraktikkan tergolong mudah. Banyak langkah menarik untuk mendatangkan banyak visitor ke website blog Anda, di antaranya:

Ragam Cara Membuat Blog yang Menarik Agar Visitor Meningkat

Pengunjung blog memang bisa menjadi amunisi menarik agar laman yang Anda miliki menghasilkan. Agar visitors blog konsisten meningkat setiap harinya, upaya berikut ini tentu menarik untuk dilakukan.

  1. Upayakan Konten SEO Friendly

Upaya pertama agar bisa merup banyak visitors ke blog Anda adalah memastikan konten ramah SEO. Teknik SEO merupakan upaya teknis agar website bisa meningkat trafficnya. Tentu agar konten ramah mesin pencari, harus pandai dalam riset kata kunci setiap artikelnya.

Lakukan riset dan cari kata kunci paling banyak dicari pembaca, masukkan dalam judul artikel. Teknik ini akan membuat mesin pencari Google menilai konten Anda relevan dengan pencarian teratas.

  1. Niche Blog dan Artikel Memiliki Relevansi

Antara niche blog yang sudah ditentukan dengan isi kontennya tidak boleh saling bertentangan. Misalnya dalam cara membuat blog yang menarik, Anda memilih niche teknologi gadget. Ternyata pada prakteknya sering memproduksi konten bertema kesehatan.

Tentu dua hal ini saling bertentangan, tidak ada relevansinya. Memang, pemilik blog sah saja memproduksi konten apa saja sesuka hati. Akan tetapi jika tujuannya agar visitor banyak, maka harus menyamakan niche dengan isi kontennya.

Pastikan Anda konsisten terhadap niche yang sudah ditentukan di awal pembuatan blog. Selain membuat blog terlihat profesional, nyaman dikunjungi, juga sangat ramah dengan mesin pencari.

  1. Lirik Konten Evergreen

Konten viral kerap dilirik mayoritas blogger karena dianggap berpotensi mendatangkan visitor yang melimpah. Padahal, persaingan untuk menarik pembaca dengan amunisi konten viral sangatlah tinggi. Jika kalah, otomatis konten tidak mampu mendulang tambahan pengunjung.

Oleh karena itu, melirik konten yang bersifat evergreen bisa menjadi solusi menarik. Konten ini memang tidak viral, akan tetapi sifatnya tidak lekang oleh waktu. Contoh konten yang sifatnya evergreen adalah tentang definisi, tips, tutorial, dan sejenisnya.

  1. Jangan Pasif, Promosikan
✔️  Cara Cek Nomor Resi Di Shopee Lewat HP Android

Banyak pemilik blog merasa sudah melakukan cara membuat blog yang menarik, tetapi tanpa hasil. Mungkin saja kontennya sudah sangat SEO, blog mudah diakses dan ringan, tetapi visitors stagnan. Bisa jadi karena pemilik blog terlalu pasif berpromosi.

Tanpa melakukan promosi, tidak akan banyak yang tahu adanya blog Anda. Cara mempromosikan blog sebenarnya gampang, salah satunya memanfaatkan sosial media. Facebook dan Instagram masih menjadi pilihan menarik untuk beriklan di sana.

  1. Teknik Newsjacking

Konten yang sedang trend dan evergreen bisa Anda gabungkan dalam satu buah artikel guna menggugah minat baca pengunjung. Memang menulis artikel viral cocok digunakan sebagai cara membuat blog yang menarik.

Akan tetapi, banyak blog yang pasti sudah memposting konten serupa. Alhasil besar kemungkinan konten di blog Anda akan tenggelam. Hal ini merupakan hal ironis dimana konten viral ternyata justru tidak berimbas sesuatu.

Bagi yang masih pemula di dunia blogging, istilah newsjacking tentunya masih asing. Teknik newsjacking dalam konten blog adalah menulis artikel yang sedang tren, tetapi dalam sudut pandang lain. Anda bisa memakai trik ini agar konten viral tetap berpotensi dibaca.

  1. Manfaatkan Konten Lama

Jangan hanya fokus pada konten baru untuk membuat blog yang menarik dan mengundang visitors. Coba update konten lama di blog dengan menambahkan beberapa informasi agar artikel lebih lengkap.

Cara lainnya bisa dengan memperbaharui judul artikel sehingga menarik perhatian pembaca, serta ramah mesin pencari. Jika hendak melakukan cara satu ini, riset dahulu dari berbagai sumber, baru putuskan perihal editing kontennya.

  1. Jangan Lupa Terhadap Gambar

Cara membuat blog yang menarik sehingga visitors tertarik salah satunya dengan gambar. Memang, konten di blog mayoritas berisikan tulisan artikel. Akan tetapi, gambar sangat penting disematkan dalam setiap kontennya.

✔️  Cara Ganti PIN OVO Di HP Android

Gambar penting agar selalu tampil di segala pencarian, karena tidak semua pengguna browser mencari konten artikel. Konten juga akan muncul di kolom pencarian gambar, sehingga visitors dapat bertambah. Adanya gambar juga membuat artikel terlihat lebih variatif.

  1. Anchor Text Benar

Melakukan cara membuat blog yang menarik juga harus memperhatikan anchor text. Perlu diketahui, website atau blog harus memiliki halaman pertama yang bagus. Selain itu, halaman ini juga harus mudah diakses dengan tabulasi dan pemilihan kata tepat.

Tabulasi yang dimaksud disini bisa diartikan juga dengan anchor text kategori. Anchor text ini bisa berguna menjadi keyword yang relevan dengan pencarian. Misalnya jika berjualan jersey, anchor text yang dipakai adalah jersey murah tetapi artikelnya membahas tentang olahraga.

  1. Judul Artikel Lebih Berkualitas

Tidak sekadar mengandalkan popularitas dan potensi sebuah kata kunci. Olah juga artikel di blog Anda dengan judul berkualitas dan menarik. Judul adalah komponen pertama yang dilihat para pembaca sehingga sifatnya krusial.

Anda bisa membuat judul yang menjawab kebutuhan pembaca. Judul ini juga menjadi alasan pembaca tertarik dengan artikel, sehingga tidak segan mengunjungi blog. Walau harus membuat judul yang menarik, jangan juga terlalu over.

Misalnya membuat judul dengan click bait terlalu berlebihan ternyata isi artikelnya mengecewakan. Tentu hal ini akan mengecewakan pembaca, dan berujung pada reputasi blogmu yang anjlok.

  1. Fokus Produksi Konten

Cara membuat blog yang menarik agar pengunjung tertarik tidak sebatas mengandalkan satu buah konten. Konten artikel yang banyak, relevan, dan pastinya menarik membuat blog dinilai lebih berkualitas.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk fokus pada produksi konten yang berkualitas dan tidak melenceng dari niche. Buat jadwal posting per harinya, agar artikel di blog Anda semakin banyak.

Keuntungan memproduksi banyak artikel juga akan mempermudah mesin pencari bekerja. Selain itu, kemungkinan menyisipkan long tail keyword juga bisa Anda lakukan. Memasukkan internal link yang mendukung SEO juga dapat dilakukan jika kontennya banyak.

  1. Buat Domain dengan Sederhana
✔️  2 Cara Download Subtitle Youtube Di Android

Hal lain bersifat membantu dalam cara membuat blog yang menarik adalah di bagian domain. Sebaiknya, pilih nama domain blog yang sifatnya relevan dengan niche pilihan. Misalnya jika memiliki niche pertanian, domainnya bisa berupa tanisukses.com.

Selain itu, upayakan menyusun nama domain yang tidak memiliki huruf double agar tidak rancu saat dieja. Contohnya nama URL hellomania.com tentu dieja bisa salah menjadi helomania.com.

Buatlah nama domain yang sederhana, gampang diketik, serta mudah diingat agar pengunjung lebih mudah. Pastikan ketersediaannya juga masih ada, karena persaingan nama domain saat ini juga kian ketat.

  1. Bangun Networking dengan Sesama Blogger

Cara membuat blog yang menarik dan meraup banyak visitor juga harus rendah hati bersosialisi dengan sesama. Maksud bersosialisasi di sini adalah membangun networking dengan sesama blogger.

Anda bisa melakukan blogwalking, mengunjungi blog lain kemudian berinteraksi di dalamnya. Misalnya membubuhkan komentar, tanya jawab, dan sejenisnya. Cara ini bisa dipakai untuk memperoleh tambahan ide konten hingga mengenalkan blog Anda ke yang lain.

Jika hendak melakukan cara ini, sebaiknya cari blog dengan niche yang sama. Berikan komentar berupa apreasiasi terhadap konten yang diposting blog tersebut, agar direspon balik oleh pemilik.

Membuat sebuah blog agar memiliki daya tarik visitor memang memerlukan ketekunan. Walau pertamanya sulit, cara membuat blog yang menarik berujung sukses dan menjadi ladang penghasilan.

 

Leave a Comment