Cara Membuat Blog Responsive Sesuai SEO

Para blogger pemula seperti Anda mungkin bingung cara membuat blog responsive dalam pengembangan blog Anda. Namun begitu, sebagai seorang blogger Anda juga harus terus tumbuh dan mempelajari segala sesuatu tentang dunia blogger.

Cara paling tepat untuk cepat tumbuh sebagai blogger adalah dengan lebih banyak membaca dan mencari tutorial juga tips dalam pengelolaan blog yang baik. Dan salah satunya adalah mengenai blog responsive.

Pentingnya Blog Responsive yang Harus Diketahui Para Blogger

Blog responsive merupakan salah satu syarat utama blog ANda menjadi blog yang berkualitas. Untuk itu penting mengetahui cara membuat blog responsive. Hal ini juga erat kaitannya dengan RWD atau Responsive Web Design.

Perlu Anda ketahui, RWD merupakan usaha pendekatan web design untuk memperoleh tampilan layar yang optimal. Selain itu, dengan menggunakannya juga akan membuat konten lebih mudah dibaca.

RWD membuat tampilan navigasi lebih minimal agar bisa dibuka di berbagai perangkat dan browser dengan lebih mudah. Dengan beberapa keuntungan tersebut, maka penting sekali para blogger menggunakannya sebagai strategi pengelolaan blog yang baik.

Sebuah blog yang telah terpasang template responsive sebenarnya bisa dicek dengan mudah. Anda bisa melakukan cek apakah blog Anda sudah responsive atau belum dengan melalui situs web seperti https://www.websiteplanet.com.

Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan pada poin berikutnya. Sehingga Anda juga bisa mengikuti langkahnya yang akan dicantumkan secara lengkap dan jelas.

Cara Cek Apakah Blog Sudah Masuk Blog Responsive

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pada ulasan ini bukan hanya membahas terkait cara membuat blog responsive saja, namun juga dijelaskan detil mengenai cara cek apakah blog sudah menggunakan template responsive atau belum.

Hanya dengan menilai dari melihat saja, tentu ini belum cukup untuk mengetahui apakah blog sudah termasuk blog responsive atau bukan. Sehingga diperlukan juga untuk melakukan cek menggunakan situs web yang dibuat khusus untuk cek blog.

✔️  Cara Setting Subdomain Ke Blogspot Melalui Cpanel

Dan berikut merupakan tutorial lengkapnya untuk cek apakah blog Anda responsive atau belum.

  1. Buka situs https://www.websiteplanet.com/webtools/responsive-checker/ pada browser
  2. Masukan alamat blog yang akan di cek di kotak url yang telah disediakan
  3. Klik tombol Test My site
  4. Selanjutnya, hasil cek blog akan keluar dengan beberapa tampilan blog kita di beberapa perangkat seperti Mobile, Tablet ataupun Dekstop
  5. Amati hasil yang keluar dengan teliti
  6. Perhatikan apakah blog kita sudah dapat dilihat dengan baik pada beberapa perangkat tersebut
  7. Jika sekiranya belum, maka Anda bisa atur ulang dengan cara membuat blog responsive.

Blog responsive sebenarnya juga bisa dibuat dengan mudah. Design blog yang responsive ini juga bisa dibuat dengan menggunakan template gratis yang bisa dipakai secara gratis maupun berbayar untuk template premium.

Jika Anda tidak menyukai cara yang instan, Anda juga masih bisa membuatnya sendiri tanpa menggunakan template. Namun begitu dengan menggunakan template, tentunya akan memudahkan Anda dalam membuat blog responsive sesuai SEO.

Cara Membuat Blog Responsive Sesuai SEO

Anda tentu sudah mengenal apa itu SEO bukan? SEO memang menjadi hal utama dalam dunia blogger. Search Engine Optimization atau SEO ini menjadi salah satu cara untuk mengoptimalkan konten artikel di blog Anda menduduki peringkat teratas hasil pencarian.

Dengan mudahnya, SEO akan membantu menaikkan trafic blog. Dan salah satu caranya yakni dengan membuat blog yang responsive. Namun Anda tidak perlu khawatir. Pada kesempatan kali ini juga akan ditampilkan secara detil mengenai urutan langkahnya.

Dan berikut cara membuat blog responsive dengan menggunakan template yang sudah disediakan penyedia template gratis.

  1. Buka situs penyedia template
  2. Jika sudah, maka akan ditampilkan banyak pilihan template pada situs tersebut

Pada langkah kedua ini, Anda bisa memilih template gratis maupun berbayar untuk template blog responsive premium

  1. Klik download pada template yang Anda suka
  2. Tunggu hingga proses download untuk cara membuat blog responsive berhasil
  3. Jika sudah berhasil, lakukan extrak file (.zip)
  4. Selanjutnya akan muncul banyak file berekstensi (.xml)
  5. Lakukan login ke blog Anda
  6. Klik tombol Cadangkan / Pulihkan di menu Template
  7. Cari lokasi file template (.xml) yang telah di download sebelumnya
  8. Lanjutkan dengan klik Open
  9. Klik upload dan tunggu sebentar hingga proses selesai
  10. Pilih menu lihat blog di sebelah kiri halaman lauar PC Anda
  11. Jika berhasil maka cara membuat blog responsive telah selesai
✔️  Cara Membuat Akun Linkedin

Pada tahap ini tema pada blog masih dengan foto, Icon dan internal link seperti yang ada di template untuk itu Anda perlu mengubahnya terlebih dahulu. Lanjutkan juga untuk menyesuaikan pada tombol template.

Tidak cukup disitu saja, Anda juga harus mengganti elemen design pada blog seperti header, favicon, pagelist, footer sesuai keinginan kita. Jika sudah, akhiri dengan menyimpannya. Dengan begitu, maka sekarang blog Anda telah berubah menjadi blog responsive.

Sangat mudah bukan? Itulah kenapa Anda harus menggunakan template yang sudah ada jika Anda ingin melakukan prosesnya dengan cepat dan mudah tanpa membuang banyak waktu.

Apalagi template juga tersedia secara gratis. Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan template dibandingkan harus membuatnya sendiri secara manual untuk membuat blog lebih responsive.

Keuntungan Menggunakan Template Design Web Gratis

Setelah mengetahui cara membuat blog responsive dengan menggunakan template yang sangat mudah, ada beberapa kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan template design web gratis. Dan beberapa keuntungannya ialah:

  1. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Sedikitpun

Karena template juga tersedia secara gratis, maka keuntungan terbesarnya dengan menggunakan template design web gratis adalah Anda bisa menghemat biaya. Hal ini karena template memang bisa diunduh tanpa membayar biaya sedikitpun.

Namun jika Anda menginginkan design yang sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda bisa mencari template yang berbayar dan memiliki model sesuai keinginan dan selera Anda.

  1. Naik Kelas Premium

Dengan menggunakan template web design gratis, maka Anda akan bisa naik ke kelas premium jika Anda mengerti CSS, Struktur SEO, HTML, dan lainnya. Untuk itu, pelajari dulu dengan lebih baik agar bisa naik ke kelas premium.

  1. Tampilan yang Indah
✔️  Cara Mengganti Nada Dering Telegram Di Android

Jika Anda melakukan cara membuat blog responsive dengan menggunakan template web design gratis ini, maka Anda akan bisa mendapatkan tampilan yang indah setelah menambahkan beberapa widget dan coding javascript.

Melihat dari ketiga keuntungan tersebut, maka Anda tidak lagi perlu untuk repot-repot membuat template sendiri yang mengharuskan Anda untuk paham mengenai coding, java script, html maupun css.

Hal ini karena dengan memakai template gratis, Anda bisa langsung mendownloadnya dan dilanjutkan dengan memasang template tersebut di blog pribadi milik Anda. Namun begitu, Anda perlu mengedit sedikit untuk menyesuaikan template dengan gaya blog Anda.

 

Blog responsive merupakan usaha yang dilakukan oleh para blogger mengelola blog secara profesional dan sesuai SEO. Hal ini juga akan memberikan banyak keuntungan bagi pemilik blog itu sendiri.

Pentingnya membuat blog responsive sesuai SEO juga degan tujuan utama agar blog memiliki trafic yang tinggi. Dengan demikian, maka peluang menghasilkan keuntungan dari cara membuat blog responsive juga akan semakin tinggi.

 

Leave a Comment