Cara Membuat Blog Pribadi di IG Itu Mudah

Sebenarnya cara membuat blog pribadi di IG tidak memakan banyak waktu. Bahkan hanya dengan beberapa langkah, hasilnya sudah bisa Anda peroleh. Hanya saja, masih banyak orang yang belum paham sepenuhnya arti tulisan blog pribadi di Instagram.

Tulisan tersebut biasanya ada di bawah persis nama akun Instagram Anda. Bisa dimunculkan dan dihilangkan hanya dengan langkah mudah. Agar lebih memahami dan tahu cara membuat Instagram menampilkan tulisan demikian, simak pemaparannya.

Mengenal Blog Pribadi di Instagram, Agar Tepat Guna

Blog pribadi di Instagram dan website tentu dua hal yang tidak sama. Sebelum membahas cara membuat Blog Pribadi di IG, ketahui definisinya. Blog sendiri berarti sebuah jurnal atau catatan online.

Jika diartikan Blog Pribadi di Instagram berarti sebuah catatan online pribadi pemilik akun yang bersangkutan. Berbeda dengan blog di WordPress, catatan yang dimaksud berarti kumpulan gambar, video, reels, hingga tulisan.

Keterangan Blog Pribadi di sebuah Instagram sebenarnya merupakan kategori dari sebuah akun. Selain kategori tersebut, sebenarnya ada kategori lain yang bisa Anda sematkan. Misalnya saja Tokoh Publik, Seniman, Blogger, dan banyak keterangan lainnya.

Bisa diartikan juga bahwa blog pribadi merupakan salah satu kategori di Instagram, sesuai dengan isi postingan akun. Pengguna bisa mengatur kategori tersebut sesuka hati, asalkan sudah beralih mode Instagram.

Akun Instagram pada umumnya belum menjadi mode profesional. Jika hendak menyematkan tulisan demikian, berarti Anda harus merubah akun IG menjadi mode profesional terlebih dahulu.

Cara Membuat Blog Pribadi di IG, Mengganti, Hingga Menghapusnya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, membuat akun Instagram memiliki keterangan Blog Pribadi harus dengan syarat. Syaratnya dengan merubahnya ke dalam mode profesional. Lakukan langkahnya di pengaturan, kemudian lanjut dengan langkah berikut.

  1. Menampilkan Blog Pribadi

Keterangan Blog Pribadi di Instagram sebenarnya menjadi tanda bahwa akun yang Anda miliki lebih profesional. Biasanya untuk para public figure, akun untuk sharing ilmu, dan sejenisnya menggunakan keterangan Bio ini. Cara menampilkannya hanya dengan beberapa step yakni:

  • Pastikan sudah masuk ke akun Instagram lewat smartphone
  • Masuk ke menu profil, lanjut cari opsi Pengaturan tekan Akun
  • Setelah itu, ada pilihan menu Beralih ke Akun Profesional pilih menu tersebut
  • Lanjut dengan menekan opsi Bisnis, kategori Blog Pribadi
  • Isi kontak yang diajukan seperti alamat, nomor ponsel, hingga email
  • Cara membuat blog pribadi di IG bagian terakhir adalah menautkannya dengan Facebook
  1. Mengganti Kategori
✔️  Cara Mengatur Margin Di Google Docs

Sebenarnya kategori yang tersedia di keterangan BIO tidak sekadar Blog Pribadi. Ada juga beberapa opsi seperti Seniman, Artis, Bisnis, dan banyak lagi. Jika hendak mengganti kategorinya, cukup lakukan langkah mudah ini.

  • Pastikan login Instagram dengan smartphone, kemudian masuklah ke menu profil
  • Lanjut ke pilihan Edit Profil di bagian Bio
  • Setelah itu, klik opsi Kategori, pilihlah kategori baru yang diinginkan
  • Konfirmasikan dengan menekan opsi Selanjutnya agar perubahan tersimpan
  1. Menghapus Kategori

Jika melakukan cara membuat blog pribadi di IG dengan merubah mode ke akun profesional/bisnis, maka menghapusnya berarti sebaliknya. Anda tinggal merubah kembali akun Instagram ke mode biasa dengan langkah:

  • Tap menu pengaturan akun Instagram Anda, lanjut ke opsi Akun
  • Setelah itu, scroll ke bawah, pilih Beralih ke Akun Pribadi untuk mengembalikan mode
  • Lanjutkan dengan konfirmasi, dengan menekan menu Beralih Kembali
  • Otomatis keterangan Blog Pribadi atau keterangan lainnya akan terhapus

Mengenal Manfaat Menyematkan Blog Pribadi di Instagram

Mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang manfaat menyematkan blog pribadi di Instagram. Sebenarnya hal tersebut bukanlah perkara mubazir karena menyimpan beberapa benefit yang menarik.

  1. Tampilan atau wajah Instagram Lebih Keren

Cara membuat blog pribadi di IG yang Anda coba ternyata akan membuat tampilan Instagram lebih keren. Akun Instagram akan terlihat lain dari pengguna pada umumnya. Tidak jarang banyak artis yang juga turut menyematkan keterangan bio tersebut.

Selain itu, secara tampilan juga akan membuat akun Instagrammu lebih profesional. Apalagi jika akun tersebut sifatnya untuk branding, tentunya semakin meyakinkan.

  1. Agar Mudah Dihubungi

Jika akun instagram Anda fungsinya untuk jualan produk dan jasa, merubah settingan bio sangat berguna. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, saat melakukan cara membuat blog pribadi di IG, harus mengisi kontak terkait.

✔️  Begini Cara Edit Jedag Jedug di Capcut yang Seru

Tujuan dari pengisian kontak ini agar nantinya konsumen lebih mudah menghubungi Anda. Konsumen lebih gampang menemukan kontak telepon, sehingga peluang untuk closing orderan lebih besar.

  1. Status Lebih Jelas

Pengguna Instagram sangat melimpah, apalagi era sekarang merupakan masanya sosial media. Tidak heran dengan banyaknya akun Instagram, harus ada pembeda dengan status di Bio. Jika Anda menyematkan keterangan profil tersebut, maka status akun lebih jelas.

Pengguna lain bisa dengan mudah mengidentifikasi perihal jenis akun yang sedang disambangi. Misalnya hendak mencari informasi terkait tips, foto, dan sebagainya menjadi lebih mudah berkat ada keterangan bio tersebut.

  1. Analitik Instagram Lebih Mudah

Siapa sangka dibalik cara membuat blog pribadi di IG akan memudahkan Anda melakukan analitik. Analitik akun Instagram sangat penting agar tahu jumlah visitors ke profil. Prospek dalam bentuk grafik akan ditampilkan, sehingga mempermudah analisa.

Jika data analitik terkumpul, maka untuk memutuskan sebuah strategi marketing dan konten lebih gampang. Anda jadi tahu postingan seperti apa yang banyak disukai dan mendapat respo menarik.

Membuat Akun Instagram Bisnis Profesional, Ini Manfaatnya untuk Usaha

Saat melakukan cara membuat blog pribadi di IG, Anda harus merubah status akun menjadi bisnis profesional. Sebenarnya tidak sekadar menampilkan keterangan bio, melainkan ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

  1. Mudah Promosi

Promosi produk lebih mudah menggunakan fitur Instagram bisnis karena banyak faktor. Salah satunya adalah kinerja Instagram akan berusaha membantu mengiklankan produk Anda. Memang ada harga yang harus dibayarkan, tetapi manfaatnya sangat membantu.

Cara kerjanya dengan menyorot iklan yang akan dipromosikan. Selain itu, atur audiens dan sisihkan budget untuk membayar kinerja fitur ini.

  1. Ada Insight

Hal menarik yang ada di akun bisnis adalah fitur Insight. Fitur ini merupakan rangkaian statistik aktivitas akun Anda. Informasi yang ditampilkan tergolong variatif mulai dari jumlah klik, tayangan, kiriman, hingga pengikut.

✔️  Langkah Mudah Belajar Options Trading Sendiri atau Otodidak

Siapa saja yang mengunjungi profil berdasarkan usia dan gender juga akan ditampilkan. Statistik ini sangat berguna sebagai feed back kinerja iklan yang Anda posting.

  1. Tahu Waktu Terbaik

Hal lain yang membuat cara membuat blog pribadi di IG sangat membantu adalah laporan analisanya. Analisa yang diberikan bisa berupa statistik hari dan jam optimal postingan. Adanya informasi ini tentu membuat Anda bisa mengatur strategi posting lebih akurat.

Jika postingan promo, iklan, dan jenis lainnya diunggah di waktu yang tepat, maka akan membuat promosi efektif. Potensi mendatangkan calon konsumen juga tentunya lebih besar.

  1. Jangkauan Luas

Cara kerja akun Instagram bisnis sebenarnya hampir mirip dengan Facebook Ads. Jangkauan postingan akan diperluas dan disesuaikan. Tentu sangat membantu mengoptimalkan iklan dan aneka promosi yang Anda unggah.

Selain itu, kebanyakan orang juga saat ini lebih prefer membeli barang di akun bisnis, alih-alih akun biasa. Terlihat profesional, meyakinkan, dan pastinya untuk menghubungi kontak personnya juga mudah.

Penyambungan akun Instagram bisnis ke Facebook page juga membuat jangkauan iklan lebih luas. Cocok sekali untuk menjaring interaksi dengan sebanyak mungkin pengguna media sosial tersebut.

Bisa disimpulkan bahwa blog pribadi yang ada di Instagram ternyata mudah sekali diatur. Selain itu, cara membuat blog pribadi di IG juga kaya manfaat untuk aneka kebutuhan Anda.

 

 

Leave a Comment