Cara Membuat Blog Pribadi di IG, Definisi dan Keunggulannya

Ternyata, cara membuat blog pribadi di IG bukan lagi perkara yang sulit. Bahkan hanya berbekal aplikasi Instagram di smartphone, pengaturan tersebut bisa Anda lakukan. Blog pribadi di Instagram merupakan tanda jenis akun tersebut termasuk profesional.

Instagram memang banyak berbenah mengeluarkan aneka fitur yang kaya. Belum lama ini Reels diluncurkan, dimana pengguna bisa mengunggah aneka video menarik. Selain itu, ada juga fitur blog pribadi yang menjadi salah satu kategori akun profesional.

Sebenarnya selain blog pribadi di IG, ada juga kategori lain yang bisa Anda sematkan. Lebih lanjut tentang tutorial, definisi, hingga keuntungan membuat blog pribadi di IG, ini ulasannya.

Mengenal Akun Instagram Profesional, Menarik untuk Dimiliki

Mungkin beberapa tahun silam saat awal-awal Instagram belum ada layanan akun profesional. Instagram masih sebatas aplikasi sosial media untuk sharing video serta gambar. Akan tetapi, layanan sosial media ini terus berbenah hingga menghadirkan banyak fitur baru.

Sempat ada fitur reels yang sekilas mirip seperti yang ada di Tiktok. Selain itu, ada juga layanan IG TV untuk durasi video yang lebih panjang. Belum lama muncul lagi akun Instagram profesional yang juga menarik dimiliki.

Cara membuat blog pribadi di IG merupakan salah satu metode untuk beralih ke akun profesional. Akun Instagram Anda sebenarnya tetap sama, bedanya jenisnya sudah berbeda. Layanan ini ditujukan untuk para publik figur, influencer, toko daring, dan sejenisnya.

Akun bisnis dan kreator memang lebih cocok memakai layanan ini karena banyak fitur yang mendukung kebutuhan. Misalnya untuk kreator Instagram, ada data demografi followers, dasbor studio, dan sebagainya.

Selain itu, untuk jenis akun profesional bisnis terdapat layanan yang cocok untuk kebutuhan usaha. Cocok juga dipakai untuk para freelancer, desainer, dan kebutuhan lain agar bisnis lebih meluas. Ada banyak fitur eksklusif yang tidak bisa Anda jumpai di akun biasa, yakni:

  1. Insight
  2. Permintaan peringkat
  3. Label bisnis tambahan, dan sebagainya

Untuk cara membuat blog pribadi di IG dan memilih keterangan lain tidak sulit. Anda bisa merubahnya sesuai dengan keinginan lewat menu pengaturan. Selain itu, untuk mengembalikan akun ke settingan biasa lagi juga bisa dengan beberapa langkah.

✔️  Ini Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung Terlengkap

Perbedaan Akun Instagram Pribadi dan Profesional

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, akun Instagram pribadi dan profesional Instagram bisa Anda wujudkan. Jika akun Instagram Anda tidak sebatas untuk posting dan bersenang-senang, alihkan ke profesional.

Akun profesional Instagram ini menghadirkan banyak benefit seperti dapat melihat traffic followers. Cocok dipakai jika pengikut Instagram sudah banyak, serta untuk kebutuhan bisnis. Perbedaannya dengan akun pribadi bisa Anda lihat di beberapa poin berikut.

  1. Privasi

Anda tentu sudah tidak asing dengan akun Instagram yang terkadang digembok karena alasan privasi. Misalnya selain follower berarti tidak bisa melihat aneka postingan tersebut. Sebelum melakukan cara membuat blog pribadi di IG, perhatikan juga bagian satu ini.

Layanan akun profesional tidak bisa menggunakan fitur privasi, sehingga akun menjadi tipe publik. Artinya, baik followers atau bukan bisa melihat postingan Anda. Oleh karena itu, pertimbangkan dahulu sebelum memutuskan merubah tipe akun Instagram Anda.

  1. Jangkauan

Bisanya, cara membuat blog pribadi di IG bertujuan untuk menandakan akun sudah profesional. Pihak Instagram akan meningkatkan jangkauan konsumen jika pengguna berinvestasi di platform tersebut.

Artinya, Anda harus membayar layanan untuk meningkatkan jangkauan. Hal ini tentu berbeda dengan jangkauan di akun biasa yang lebih organik. Pengguna akun biasa juga tidak perlu memikirkan metode pembayaran, karena bisa memakai IG seperti biasanya.

  1. Manfaat Lain

Banyak orang melakukan cara membuat blog pribadi di IG karena memberikan banyak manfaat. Salah satunya bisa menandakan bahwa akun yang dimilikinya lebih profesional. Tentu untuk kebutuhan branding, hal tersebut sangatlah penting.

Sebenarnya, manfaat dari sisi profesionalisme ini hampir sama layaknya sebuah blog dengan domain. Bedanya, Anda tidak perlu membayar jika ingin membubuhkan keterangan blog pribadi di IG. Sebaliknya jika ingin memakai domain pribadi di blog berarti mesti membayar.

Jika dibandingkan dengan akun Instagram biasa, tentunya pengunjung lebih tertarik dengan yang profesional. Apalagi jika urusannya untuk berbelanja, melihat keaslian akun, dan sebagainya.

✔️  2 Cara Mengirim Google Form Ke Whatsapp

Cara Membuat Blog Pribadi di IG Bisa Menikmati Fitur Berikut Ini

Walau secara sisi privasi memang tidak ada batasan, ternyata akun Instagram profesional tetap menyimpan banyak benefit. Terbukti, semakin banyak akun profesional yang Anda jumpai di laman Instagram.

  1. Dasbor Lebih Profesional

Berbeda dengan memakai profil Instagram biasa, layanan dasbor bisa diperoleh di akun profesional. Dasbor berisikan kinerja akun, akses tools, dan sejenisnya bisa Anda nikmati. Tujuannya agar peforma pemakaian akun Instagram juga lebih optimal.

  1. Tautan ke Facebook Diperoleh

Facebook masih banyak dipakai karena menyimpan banyak kenangan dan mudah dipakai. Selain itu, untuk kebutuhan branding juga masih banyak yang memakai Facebook. Beruntungnya, Anda bisa menautkan otomatis akun Instagram profesional ke Facebook.

Tautan ini memang ada di fitur akun biasa. Akan tetapi bedanya aksesnya bisa diperoleh langsung. Anda bisa menautkan editor, admin, page, dan berbagai fitur Facebook lainnya ke Instagram.

  1. Insight Akan Tampil

Berbeda dengan akun biasa, informasi tentang followers bisa Anda peroleh jika beralih akun profesional. Insight Instagram akan memberi informasi detail tentang interaksi terhadap postingan. Mulai dari jumlah like, tayangan, dan interaksi semua dilaporkan detail.

Hal ini tentunya sangat membantu untuk mengoptimalkan peforma akun Anda. Apalagi kebutuhannya untuk urusan bisnis, pasti Insight ini memiliki peranan penting.

  1. Info Profil Lebih Lengkap

Jika akun Instagram Anda dipakai untuk layanan profesional, maka info profil yang lengkap wajib disematkan. Melakukan cara membuat blog pribadi di IG ternyata bisa melakukan hal demikian. Info kontak seperti lokasi akurat, email, nomor ponsel bisa dibubuhkan.

Tampilan info profil yang lengkap di bawah deskripsi sangat membantu konsumen untuk menghubungi Anda. Tentu saja berjualan di Instagram akan semakin mudah berkat layanan ini. Selain itu, label kategori juga bisa ditambahkan dan dipilih berdasarkan kebutuhan.

Cara Membuat Blog Pribadi di IG, Tutorial Ringkas

✔️  Aplikasi Paling Banyak Dicari, Aplikasi Simontx com Android 2020

Membuat blog pribadi di IG sebenarnya berbeda dengan mekanime membuat blog di WordPress atau website builder lainnya. Tutorialnya hanya merubah settingan akun dari biasa ke profesional.

Oleh karena itu, di poin sebelumnya dijelaskan tentang akun Instagram profesional sebagai gambaran Anda. Ini dia beberapa step untuk menambahkan deskripsi blog pribadi di Instagram.

  1. Pastikan Sudah Login

Langkah utama untuk merubah Instagram menjadi blog pribadi adalah harus login ke aplikasi. Pakai aplikasi Instagram di Hp untuk mempermudah dalam memakai Instagram. Memang aplikasi ini lebih cenderung dipakai untuk smartphone.

  1. Masuk ke Pengaturan

Setelah memastikan sudah login, cara membuat blog pribadi di IG selanjutnya dengan masuk ke Pengaturan. Menu setting ini ada di bagian profil Instagram berlogo gambar gear. Setelah itu, klik Switch to professional account.

  1. Alih Akun dan Pilih Kategori

Langkah berikutnya adalah harus memilih kategori yang tepat. Pilih kategori yang Anda inginkan yakni Blog Pribadi. Untuk melakukan konfirmasi, langsung saja klik Done.

  1. Pilih Sub Kategori

Ada sub kategori yang juga harus Anda pilih yakni Kreator atau Bisnis. Pilih sub kategori sesuai dengan keperluan. Lanjut dengan penyesuaian informasi seperti pengisian niche Instagram, profil, sampai Explore Professional Tools.

Instagram memang sudah banyak fitur menarik yang sekaligus mendukung para pebisnis dan kreator. Terbukti dengan layanan profesional akun ini tentu menjadi kabar gembira. Tentu saja cara membuat blog pribadi di IG ini juga mudah sekali dipraktekkan.

 

Leave a Comment