Cara Membuat Blog Gratis, Gunakan Situs Berkualitas

Aneka macam layanan situs berkualitas bisa dipakai untuk cara membuat blog gratis. Mungkin sebagian besar dari Anda hanya familiar dengan WordPress dan Blogger. Sebenarnya, ada banyak layanan situs berkualitas untuk mendukung blogging.

Setiap situs ini hadir dengan banyak keunggulan dan pastinya mudah digunakan. Anda bisa memilih memakai aneka ragam situs ini sesuai dengan kebutuhan blogging. Lebih lengkapnya, akan diulas beberapa situs layanan blogging di bawah ini.

Ragam Situs Berkualitas untuk Cara Membuat Blog Gratis

Bagi yang sedang bingung mencari layanan untuk membuat blog terbaik, memilih situs terbaik sangat penting dilakukan. Fungsi dari layanan situs ini akan memudahkan dalam proses membuat blog hingga maintenance.

  1. Wix

Banyak pemula yang khawatir gagal membuat sebuah blog karena menyangkanya akan sulit. Padahal dengan memanfaatkan aneka layanan yang tersedia bisa dilakukan dengan mudah. Seperti misalnya Wix, salah satu platform website builder yang ramah dengan pemula.

Menariknya, Wix mampu menarik banyak pengguna di tengah persaingan antara WordPress dan Blogspot. Terbukti, penggunanya sudah mencapai angka 125 juta yang tentunya cukup besar.

Salah satu faktor utamanya karena ragam template profesional yang diberikan. Cara membuat blog gratis semakin mudah berkat layanan dari Wix.

Ratusan template profesional bisa Anda pakai, sehingga kustomisasi blog menjadi lebih menarik. Tidak hanya itu, Anda juga bisa merancang website sesuai kebutuhan dengan bantuan aneka aplikasi pendukung.

  1. Weebly

Layanan builder blog ini memiliki keunggulan membangun website secara cepat dan gratis. Anda bisa memanfaatkan Weebly untuk cara membuat blog gratis, mulai dari portofolio, bisnis, hingga blog pribadi. Tanpa repot coding, sudah bisa membuatnya dengan mudah.

Layanan ini menawarkan sistem drag and drop untuk pengembangan website, ramah pemula. Anda dapat menyesuaikan tampilan tanpa perlu repot memikirkan kode coding. Pengembangan website juga semakin mudah dengan 200 lebih aplikasi yang mendukungnya.

Anda bisa memanfaatkan Weebly tidak sebatas sebagai pembuatan blog gratis. Lebih dari itu, pengembangannya menjadi lebih next level juga bisa diperoleh. Mulai dari penjadwalan, live chat, hingga akuntansi bisa dilakukan.

  1. io
✔️  Cara Menggabungkan Tabel Di MySQL Menggunakan INNER JOIN

Jika Anda suka dengan blog berkonsep terbaru, Pen.io merupakan pilihan menariknya. Layanan ini bekerja dengan cara berbeda dimana pengguna tidak perlu repot login. Sebagai gantinya, cukup tentukan alamat URL untuk artikel yang hendak dibuat.

Setelah itu, baru atur password dan konten sudah siap untuk dibuat. Memang kinerja dari Pen.io sangat unik dan tergolong berbeda, bahkan dinilai aneh oleh sebagian orang. Walau demikian, banyak juga yang akhirnya melirik situs ini.

Anda bisa menambahkan gambar hanya dengan sekali drag, hingga membuat artikel menjadi beberapa halaman. Penambahan tag dan beberapa atribut artikel lain juga tidak lepas dari kemudahan yang diberikannya.

  1. Ghost

Cara membuat blog gratis ternyata bisa memanfaatkan layanan Ghost. Bagi yang masih awam di bidang blogging, Ghost mungkin terdengar aneh. Padahal, situs ini bisa memenuhi kebutuhan Anda seputar pembuatan blog gratis.

Anda bisa membuat blog tanpa membayar, dengan hanya beberapa langkah mudah. Akan tetapi, jika ingin menggunakan hosting sendiri maka harus menyiapkan budget khusus. Cukup daftar dengan beberapa langkah, situs impianmu bisa diwujudkan.

Layaknya penyedia layanan blogging lainnya, Anda bisa langsung setting pengaturan. Mulai dari setting tampilan, posting, dan berbagai pengaturan lain bisa dilakukan tanpa kesulitan.

  1. com

Jika Anda sempat mengikuti berita terdahulu, pasti sudah paham bahwa Tumblr.com pernah dibanned pemerintah Indonesia. Memang, layanan ini sempat tidak bisa dipakai sejak 2016 karena dilarang Kominfo. Akan tetapi jangan risau karena sekarang bebas lagi dipakai.

Walau sempat dilarang, Tumblr sebenarnya berkualitas untuk dipakai sebagai cara membuat blog gratis. Platform ini hadir dengan visualisasi apik sehingga blog menjadi lebih menarik. Aneka macam konten dapat Anda publikasikan hanya dengan beberapa langkah.

Tidak sekadar pembuatan blog yang mudah, tetapi mengisi konten tentu lebih sederhana. Anda akan lebih gampang menampilkan aneka konten di website, bahkan secara mobile.

  1. io

Layanan blog dengan tagline easiet way to blog ini hadir dengan keunggulan terintegrasi yang unik. Postach.io terintregasi langsung dengan aplikasi catatan yakni Evernote, sehingga kinerjanya lebih menarik.

✔️  Cara Menurunkan Kualitas Video Facebook Di Android

Alhasil, pengguna hanya perlu menghubungkan aplikasi ini dengan Evernote, sehingga posting artikel lebih mudah. Bahkan, lewat aplikasi bisa menandai aneka catatan postingan menjadi Published. Sangat cocok digunakan untuk Anda yang sering beraktivitas mobile.

Tidak hanya layanannya yang terintregasi. Cara membuat blog gratis dengan aplikasi ini juga hadir dengan keunggulan lain. Salah satunya memudahkan penyesuaian tema, menambahkan website lain, hingga penggunaan Dropbox.

  1. Livejournal

Jika menganggap Blogger adalah platform blog paling tua, simpan anggapan tersebut dahulu. Kenalkan Livejournal, platform yang secara usia lebih banyak dibandingkan Blogger. Pengembangannya bahkan dimulai tahun 1999 lalu dengan konsep kinerja menarik.

Layanan ini tidak sebatas sebagai website builder, melainkan wadah bagi komunitas yang ingin memiliki ruang sendiri. Anda yang gemar menulis dan berdiskusi sebenarnya lebih cocok dengan situs cara membuat blog gratis ini.

Banyak orang yang menganggap blog saat ini hanya urusan SEO dan keuntungan material lainnya. Padahal, ada juga platform yang masih menyediakan wadah ruang diskusi, seperti halnya yang diberikan Livejournal ini.

  1. Webs

Cara membuat blog gratis tidak lengkap tanpa melirik Webs sebagai laman penyedianya. Website builder ini memudahkan Anda dalam membangun sebuah situs yang menarik dan tentunya gampang. Tampilan antar mukanya bisa disesuaikan secara leluasa.

Bahkan, basis dari tampilan antar muka ini memakai peramban, dengan sistem drag and drop. Anda bisa menyesuaikan halaman sesuai kebutuhan, dan pasti gampang diwujudkan. Biasanya, Webs dipakai untuk kebutuhan profesional seperti profil perusahaan misalnya.

Walau banyak dipakai untuk alasan profesional, sebenarnya layanan ini sifatnya fleksibel. Jika ingin membuat blog untuk kebutuhan pribadi, bisa saja Anda lakukan. Bahkan toko online juga dapat diwujudkan dengan layanan website builder ini.

  1. Penzu

Jika Anda ingin cara membuat blog gratis untuk kebutuhan jurnal, coba pakai Penzu. Berbagi jurnal dan kebutuhan lain terkait hal demikian bisa dilakukan secara gampang. Jangan khawatir dengan tingkat kemanannya, karena sudah pasti terjaga.

✔️  Cara Melihat Password WiFi di Laptop Tanpa Aplikasi

Pengguna bisa menjaga jurnal tetap aman berkat adanya enkripsi ganda serta password yang terproteksi. Apa yang Anda posting di layanan ini tidak akan mudah diretas, sehingga banyak jurnal yang tersedia di Penzu.

Tidak sebatas keamanan, layanan ini juga tergolong fleksibel dari segi kustomisasi. Anda bisa menggunakan berbagai tipe blog yang telah disediakan. Tipe blog yang dapat dipilih mulai dari Daily Diary, Travel Journal, hingga Ekspresif Journal.

Bahkan, aneka tipe blog tersebut sifatnya juga beragam. Tentu bisa Anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan. Untuk Daily Diary bersifat publik, sedangkan Ekspresif Journal lebih pribadi, dan Travel Journal umum sifatnya.

  1. Medium

Siapa sangka jika Medium juga dikembangkan oleh salah satu developer Blogger, Evan Williams. Blog builder ini digunakan sejak 2012 lalu oleh banyak penulis berbakat untuk berbagi aneka ide.

Layanan yang diberikan bisa Anda peroleh secara gratis, sehingga cocok untuk siapa saja. Medium hadir dengan interface yang sangat kekinian dan minimalis. Anda bisa membuat tulisan serta membagikannya, sehingga ide Anda lebih bermanfaat.

Selain itu, platform penulisan ini juga menyediakan pengaturan yang sangat mudah. Bahkan, banyak pemula yang belajar blogging dengan mengandalkan Medium.com.

Ternyata tidak sekadar WordPress dan Blogspot yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat blog. Banyak sekali layanan situs berkualitas yang menjadikan cara membuat blog gratis semakin mudah.

 

Leave a Comment