Cara Membuat Blog di Blogspot Menjadi Toko Online

Jika Anda sedang mencari cara membuat blog di blogspot menjadi tampilan toko online, tentu Anda saat ini sedang mencoba melakukan pengembangan bisnis dengan blogging bukan?

Jika iya, maka penting membaca ulasan ini hingga akhir sebagai panduan bagi Anda dalam membuat blog bisnis dengan tampilan toko online yang berkualitas dan profesional sehingga bisa menambah kepercayaan konsumen.

Tahapan Cara Membuat Blog di Blogspot Menjadi Toko Online

Jika Anda hanya ingin membuat blog untuk keperluan bisnis, dan tanpa ingin menjadi blogger profesional maka Anda tetap perlu belajar mengenai pengelolaan blog yang baik dan profesional.

Blog untuk pengembangan bisnis memang dibuat dengan lebih rumit dibandingkan dengan mengelola blog untuk keperluan hanya berbagi konten. Sehingga, mengerti tentang dunia blogging tetap penting Anda lakukan jika ingin blog bisnis Anda berkualitas & profesional.

Apalagi jika Anda ingin tampilan blog Anda bisa menjadi seperti tampilan toko online profesional. Maka dari itu pentingnya belajar mengenai pengelolaan blog dengan benar. Dan berikut merupakan tahapan cara membuat blog di blogspot menjadi toko online.

  • Pembuatan Blog di Blogspot

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat blog di blogspot. Untuk bisa membuat blog maka hal yang harus Anda punya adalah akun google atau gmail. Akun inilah yang nantinya akan Anda gunakan di blog bisnis tersebut.

  1. Buka laman blogger.com pada layar PC Anda
  2. Klik “Create Your Blog”
  3. Pilih Akun Gmail yang akan didaftarkan di blog
  4. Masukan pasword Anda
  5. Masukan nama panggilan Blog
  6. Klik Lanjutkan
  7. Klik “Buat Blog Baru” sebagai cara membuat blog di blogspot
  8. Masukan nama toko pada bagian judul
  9. Isi dengan url yang Anda inginkan di bagian judul
  10. Daftarkan alamat blog

Jika Anda telah melakukan semua langkah di atas, maka silahkan untuk melanjutkan tahap berikutnya dengan panduan di bawah ini.

  • Atur Desainan Toko Online
✔️  2 Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100kb - 200 kb Secara Online

Cara membuat blog di blogspot tahap kedua ini memerlukan sedikit pemrograman HTML dan CSS dengan teliti. Dan agar tampilan dari blog bisnis kita keren maka perlu menginstall Template toko online.

Salah satu template toko online yang bisa diambil adalah SoraCart dari Sora Templates. Untuk urutan langkah yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut.

  1. Download terlebih dahulu template SoraCart dari Sora Templates
  2. Tunggu hingga proses download selesai
  3. Extract terlebih dahulu dengan membuka template yang telah di download tersebut dengan Winrar, pilih extract in here dan tentukan lokasinya
  4. Mengganti template awal dengan template yang telah didownload tadi dengan membuka dashbord admin blog di blogger.com, masuk ke menu tema dan kemudian klik “Backup/Pulihkan”
  5. Klik lihat blog

Jika sudah, maka cara membuat blog di blogspot harus dilanjutkan dengan menghapus logo bawaan. Anda bisa mengubahnya dengan logo brand Anda. Jika Anda masih pemula dan memiliki logo, maka Anda bisa membuatnya dengan aplikasi edit gambar.

Saat ini telah banyak aplikasi dengan fungsi serupa. Bahkan ada banyak juga aplikasi desain logo yang menawarkan fitur keren dan memungkinkan Anda untuk mengedit logo dengan gratis.

  • Hapus Logo Bawaan Template

Tahap ini memang sangat penting dilakukan. Hal ini karena logo merupakan identitas dari sebuah bisnis. Logo menggambarkan tujuan dan identitas suatu brand. Dengan logo ini juga sebuah bisnis bisa dikenal lebih luas.

Jika Anda membiarkan logo dari template tetap terpasang di blog Anda, maka sama saja seperti identitas bisnis Anda digantikan oleh logo tersebut. Sehingga, Anda perlu tahu cara mengganti logo sebagai cara membuat blog di blogspot dengan melihat urutan ini.

  1. Masukan ke laman blogger.com dengan membuka akun blog bisnis Anda
  2. Pilih bagian “Tata-tata Letak”
  3. Cari bagian “Blog Logo”
  4. Pilih edit
  5. Selanjutnya akan muncul Windows baru. Dan pada bawah logo terdapat tulisan Hapus Gambar
  6. Simpan
  7. Klik simpan setelan
✔️  2 Cara Beli Pulsa Pakai Gopay Paylater

Jika Anda selesai melakukan ketujuh langkah tersebut, maka Anda bisa lanjutkan untuk melakukan langkah-langkah pada tahap selanjutnya,

  • Atur Halaman About dan Contact

Cara membuat blog di blogspot menjadi toko online selanjutnya yakni dengan mengatur halaman about dan contact. Halaman ini juga merupakan bagian terpenting dari sebuah blog dengan niche apapun baik itu blog bisnis, pribadi, maupun instansi.

  1. Buat halaman About terlebih dahulu dengan menuju menu laman, selanjutnya klik Halaman Baru pada layara PC Anda
  2. Isi penjelasan terkait barang apa saja yang Anda jual
  3. Jelaskan pula bagaimana metode pembayaran yang bisa dilakukan ketika membeli produk melalui blog tersebut

Jika sudah membuat halaman about, maka Anda bisa lanjutkan untuk membuat halaman contact dengan cara membuat halaman baru di menu laman.

  • Memasukan Produk yang Dijual

Tahap cara membuat blog di blogspot menjadi toko online selanjutnya yakni memasukkan produk yang Anda jual di blog. Untuk memasukkan beberapa produk di toko online blog Anda, ikuti langkah di bawah yang akan dijelaskan dengan sangat detil.

  1. Silahkan menuju menu postingan
  2. Klik Tambah Baru.
  3. Masukan foto produk yang akan dijual
  4. Masukan Deskripsi mengenai produk. Lakukanlah hal ini dengan sangat hati-hati. Deskripsi produk yang dicantumkan juga harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Bagian ni juga bisa diisi mengenai spesifikasi produk.
  5. Masukan harga setiap produk yang dijual
  6. Klik publikasikan untuk membuat postingan produk

Tentu cara yang sangat mudah bukan? Anda bisa melakukannya dengan sangat cepat dan praktis. Dan satu hal yang paling penting adalah, cantumkan gambar produk semenarik mungkin hingga memperbesar peluang penjualan produk.

Jika telah selesai dengan tahap ini. Anda perlu melanjutkan ke tahap metode pembayaran dalam penjualan di toko online blog Anda.

  • Mencantumkan Metode Pembayaran
✔️  2 Cara Membuat Shortcut Web Di Desktop

Mencantumkan metode pembayaran merupakan bagian penting dari cara membuat blog di blogspot menjadi toko online.

Berbeda dengan wordpress yang memiliki plugin sehingga bisa melakukan kustomisasi, pada blogspot tidak tersedia hal yang sedemikian itu. Sehingga, metode pembayaran yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan 2 cara.

Cara pertama untuk metode pembayaran bisa dengan melalui paypal. Untuk itu, pelajari lebih dalam mengenai paypal ini sebelum Anda mengelola blog toko online Anda. Dan cara kedua untuk metode pembayaran yakni dengan transfer biasa.

Dari keseluruhan tahapan di atas, inilah yang akan memandu Anda dalam membuat blog menjadi toko online untuk pengembangan bisnis dan memperluas pemasaran produk. Jangan lupa untuk sering-sering membagikan toko online Anda dan mempromosikannya.

Anda bisa mempromosikan toko online tersebut dengan membagikannya di seluruh platform media sosial yang Anda miliki agar para pengikut Anda juga mengetahui tentang toko online tersebut.

Pengembangan bisnis dengan membuat toko online di blog adalah hal yang sangat berpeluang tinggi. Pada faktanya seseorang akan lebih percaya membeli produk yang memiliki situs resmi seperti contohnya toko online di blog.

Dengan mengetahui hal tersebut, maka penting bagi para pelaku bisnis mengetahui cara membuat blog di blogspot menjadi toko online beserta pengelolaannya.

 

Leave a Comment