Cara Membuat Akun Blog untuk Company Profile

Biasanya, cara membuat akun blog ditujukan untuk berbagai macam kebutuhan. Salah satu yang paling banyak dilakukan adalah sebagai company profile. Profil perusahaan saat ini memang semakin mudah dibuat.

Terlebih layanan blogging semakin berkembang secara kualitas dan fitur. Bagi perusahaan, hadirnya company profile tidak sebatas sebagai identitas. Melainkan juga untuk membantu mendulang banyak investor.

Company profile yang bagus bisa berasal dari blog gratisan, kemudian upgrade secara profesional. Selengkapnya tentang membuat akun blog untuk perusahaan, akan diulas di poin-poin berikut ini.

Blog untuk Company Profile, Definisi Menarik

Sebelum pembahasan berlanjut ke cara membuat akun blog untuk company profile, pahami dahulu tentang definisinya. Company profile juga kerap disebut dengan istilah profil perusahaan, akan tetapi konteksnya lebih spesifik.

Maksud dari profil perusahaan dalam blog company profile berarti deskripsi tentang perusahaan secara lengkap dan dituangkan dalam bentuk blog. Blog sendiri merupakan laman yang berisikan aneka informasi di internet, bisa diakses melalui browser.

Berarti bisa didefinisikan bahwa blog company profile berarti sebuah website atau blog berisikan sebuah profil perusahaan. Profil perusahaan ini bisa Anda jumpai di situs resmi perusahaan tersebut secara mudah.

Isinya meliputi sejarah, produk, posisi dalam pasar, alamat, dan sejenisnya. Memang company profile ini akan menjelaskan secara terperinci hal-hal terkait perusahaan. Sebenarnya penggambarannya memang singkat, akan tetapi informasinya sangat padat.

Company Profile Bagi Perusahaan Hadir dengan Banyak Manfaat

Ternyata, company profile perusahaan sifatnya sangat penting karena memiliki banyak sekali manfaat. Bagi Anda yang penasaran alasan mengapa profil perusahaan itu harus dimiliki, berikut beberapa manfaatnya.

  1. Pengenalan Perusahaan

Tentu saja manfaat paling utama dari cara membuat akun blog untuk company profile adalah sebagai pengenalan. Perusahaan yang ada di seluruh dunia tentu jumlahnya tidak terhitung. Oleh karena itu, Anda harus pandai menerapkan strategi agar perusahaan bisa dikenali.

Company profile yang Anda susun lewat blog, akan membuat pengenalan perusahaan lebih mudah. Cukup diletakkan di sebuah platform online, orang-orang bisa dengan mudah mengaksesnya.

✔️  Cara Membuat Tabel Di Microsoft Word

Sebuah company profile pastinya menyertakan data diri perusahaan, layanan yang tersedia, bahkan sampai sejarah. Sangat efektif sebagai ajang pengenalan, apalagi jika perusahaan sifatnya masih baru.

  1. Upaya Branding

Hal yang tidak lepas dari isi sebuah company profile keunggulan perusahaan dengan pesaingnya. Deskripsi tersebut tidak hanya sebatas portofolio, melainkan mendukung branding usaha.

Tentu Anda sudah paham bahwa sebuah usaha harus memiliki citra positif. Membangun sebuah citra usaha bisa dengan banyak hal. Mulai dari iklan, merancang produk dan layanan bagus, hingga membuat profil perusahaan secara daring.

  1. Alat Marketing

Alat pemasaran yang ada saat ini sifatnya tergolong dinamis, gampang sekali berkembang. Salah satu wujud nyatanya adalah company profile, yang bisa dipakai sebagai tools marketing. Isi dari website company profile salah satunya adalah tentang produk dan layanan.

Produk atau layanan tersebut dideskripsikan secara lengkap. Keuntungan dari deskripsi ini akan membuat produk dan layanan diketahui pembeli dengan detail. Keputusan untuk pembelian juga lebih cepat berkat adanya deskripsi tersebut.

  1. Mempermudah Komunikasi

Mengapa harus melakukan cara membuat akun blog untuk profil perusahaan? Jawaban paling gampangnya agar pelanggan memperoleh kontak perusahaan dengan mudah. Hal terpenting dari company profile adalah hubungan antar perusahaan dan pelanggan yang tercipta.

Berbagai informasi terkait perusahaan termasuk kontak telepon, tentu penting diketahui. Selain itu, pelanggan juga bisa melihat secara rinci aneka info seputar perusahaan. Komunikasi dengan tim marketing lebih mudah, hanya dengan kontak yang tersedia.

Hasil akhir yang diharapkan adalah bisa membantu terciptanya pertumbuhan bisnis. Apa hubungannya? Hubungannya adalah melalui informasi yang jelas, company profile diharapkan bisa mengarahkan pelanggan secara tepat.

Cara Membuat Akun Blog untuk Company Profile yang Mudah

Sebuah perusahaan yang memiliki website company profile dinilai lebih kredibel serta profesional. Pengenalan usaha tidak lagi secara perorangan, melainkan otomatis menggunakan platform blog.

Mengingat pentingnya company profile, upayakan usaha Anda juga memilikinya. Jangan khawatir, cara membuatnya sebenarnya sangat mudah hanya dengan beberapa step sederhana.

  1. Siapkan Hosting dan Nama Domain
✔️  Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang Pakai SEO

Hal pertama dalam cara membuat akun blog untuk company profile adalah menyiapkan nama domain dan hostingnya. Web hosting akan memudahkan Anda dalam mempublikasikan website. Selain itu, performa blog juga lebih lancar karena didukung server pilihan.

Tidak hanya itu, Anda juga harus menyiapkan nama domain dengan ekstensi khas profesional. Misalnya saja “.co.id”, “.com”, “.id”, dan masih banyak pilihan lain. Tidak disarankan membuat company profile tapi ekstensinya masih bersifat gratisan.

  1. Buat Pakai WordPress

Setelah memiliki hosting dan domain, baru unduh WordPress dan buat website dengan platform tersebut. Jika sudah memiliki dua hal tersebut, otomatis dengan layanan cPanel sudah bisa login WordPress.

Cukup masuk ke WordPress, ketikkan langsung nama domain yang diinginkan dengan tambahan “/cpanel”. Kemudian akses aplikasi Softaculous App Installer, lanjut Install Now. Pilih domain yang Anda inginkan, atur dengan jelas nama dan enkripsinya.

  1. Login Dasbor

Login dasbor bisa langsung dilakukan dalam cara membuat akun blog untuk profil perusahaan. Konfirmasikan dengan ketik username beserta passwordnya. Lanjut ke tahapan pemilihan tema tampilan website Anda.

Setelah itu, Anda bisa melengkapi informasi terkait identitas perusahaan secara detail. Cara untuk melengkapi detail informasinya bisa langsung ke menu:

  • Appearance di dasbor, kemudian klik Customize
  • Setelah itu, klik Site Identity lengkapi beberapa kolom. Mulai dari Site Title, Tagline, sampai logo perusahaan Anda

Tips Agar Website Company Profile Lebih Berkualitas

Membuat company profile memang bisa dilakukan dengan alat sederhana. Baru kemudian bisa Anda upgrade sesuai dengan kebutuhan. Agar cara membuat akun blog untuk perusahaan lebih berkualitas, perhatikan beberapa hal berikut.

  1. Bubuhkan Detail Perusahaan Secara Lengkap

Sebuah company profile harus menampilkan detail informasi tentang perusahaan. Hal ini sangat berguna agar profil perusahaan tampil berkualitas karena lengkap. Beberapa detail informasi perusahaan dalam company profile diantaranya:

  • Nama perusahaan yang dimaksud
  • Alamat serta nomor telepon
  • Alamat email dan situs website
  • Tanggal pendirian perusahaan
  1. Masukkan Informasi Dasar Perusahaan
✔️  Ide Menarik Cara Membuat Header Blog Keren

Cara membuat akun blog untuk company profile belum lengkap tanpa membubuhkan aneka informasi dasar perusahaan. Informasi dasar berguna untuk semakin melengkapi profil perusahaan yang harus diketahui.

Informasi tersebut bisa meliputi visi dan misi, deskripsi seputar layanan atau produk perusahaan, serta masih banyak lagi. Bisa juga dituliskan tentang detail tim inti, sejarah, sampai portofolio kerja sama dengan para klien.

  1. Tuliskan Pencapaian Perusahaan

Company profile tidak sebatas pengenalan usaha baik alamat dan bidang yang ditekuni. Lebih dari itu, harus ada informasi seputar pencapaiannya. Hal ini sangat penting untuk menambah citra lebih kepada para pembacanya.

Pencapaian yang bisa Anda tuliskan di profil perusahaan bisa berupa penghargaan, sertifikasi, dan masih banyak lagi. Sebenarnya, testimoni dari para mitra dan pelanggan juga bisa dimasukkan ke dalam profil perusahaan.

  1. Berikan Informasi Tambahan

Cara membuat akun blog untuk company profile juga harus menyertakan aneka informasi tambahan. Informasi tambahan yang dimaksud bisa berupa penjualan, dan masih banyak lagi.

Bisa juga menyertakan informasi seputar mitra, aneka macam foto, jumlah karyawan, dan sebagainya. Ragam informasi tambahan ini berguna agar website semakin terlihat kredibel, informasi perusahaan juga lebih jelas.

Ternyata, membuat akun blog untuk profil perusahaan tidak terlalu sulit. Asalkan tepat memilih platform dan lengkap pengisiannya, cara membuat akun blog untuk company profile pasti berkualitas.

 

 

Leave a Comment