Cara Membersihkan Cache Di Windows 11

Cara Membersihkan Cache Di Windows 11 – Pernahkah kamu merasa bahwa performa komputer atau laptop kamu mulai menurun? Padahal data di komputer atau laptop kamu tidak begitu banyak, tapi menghabiskan ruang penyimpanan data hardisk atau ssd kamu?

Saya akan memberitahu kamu apa penyebabnya, mungkin salah satu penyebabnya adalah banyaknya cache yang tersimpan di komputer atau laptop kamu.

Apa itu Cache?

Cache merupakan kumpulan file tersimpan yang dibuat oleh program aplikasi untuk melakukan tugas agar berjalan lebih cepat dan instan. File cache biasanya lebih banyak diproduksi oleh program atau aplikasi yang sering kita gunakan seperti Browser, Game, dll. Ketika cache semakin banyak tersimpan pada perangkat kita maka cache dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan dan sangat mempengaruhi kinerja Windows 11.

Oleh karena itu sangat disarankan bahwa cache harus rutin dibersihkan dari komputer secara berkala demi menjaga kinerja dan performa komputer.

Disini saya akan mengajarkan kepada kamu cara membersihkan file cache yang tersimpan pada komputer kita. Simak panduannya dibawah ini

Cara Membersihkan Cache Di Windows 11 Melalui Fitur Storage Sense.

1. Pertama, buka menu settings atau kamu dapat membukanya dengan tombol shortcut “Win + I” pada keyboard tekan secara bersamaan.

2. Cari menu System pada tab di dalam menu settings lalu klik.

3. Setelah masuk kedalam menu System kamu dapat memilih menu Storage.

4. Selanjutnya kamu bisa mengaktifkan fitur Storage Sense dengan cara Klik icon On/Off yang ada di bagian sebelah kanan.

Artikel Lainnya: 3 Cara Mengganti Wallpaper Laptop Di Windows 11

5. Setelah kamu berhasil mengaktifkan fitur Storage Sense, kamu bisa mengatur kategori Configurate Cleanupp Schedules pada menu :

  • Run Storage Sense atur waktu sesuai keinginan kamu.
  • Delete files in my recycle bin if they have been there for over atur waktu yang kamu mau.

6. Terakhir, Klik Run Storage Sense Now untuk menghapus cache Sekarang. Setelah cache terhapus maka selanjutnya File Cache yang tersimpan pada komputer kamu akan terhapus sesuai dengan waktu yang telah kamu atur.

7. Nah, itu dia cara menghapus file cache di windows 11. Apakah kinerja komputer kamu saat ini sudah membaik? Jika ya, artinya sudah sangat banyak file cache yang tersimpan didalam komputer kamu.

✔️  8 Cara Membuka Device Manager Di Windows 11

Demikianlah artikel ini, saya harap artikel ini dapat membantu kamu ya sobat. Jangan lupa jika artikel ini bermanfaat bagi kamu silahkan membagikan atau mengshare artikel kami di time line beranda facebook kamu, atau di akun sosial media lainnya.

Leave a Comment