Cara Main Saham Bagi Pemula yang Simple Tapi Untung

Beberapa cara main saham bagi pemula yang aman dan benar dapat diterapkan. Apalagi jika Anda memang tertarik untuk bermain, namun masih baru masuk dunia pasar saham jadi belum paham caranya.

Akhir-akhir ini memang kesadaran finansial, terutama berkaitan dengan investasi semakin membuat mata masyarakat terbuka. Hal tersebut pastinya tidak lepas dari mudahnya akses informasi sehingga membuat orang semakin mudah dapatkan literasi keuangan.

Salah satu jenis investasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dan mempunyai peminat cukup banyak ialah saham. Namun sayangnya berinvestasi ini tidak gampang, karena punya risiko cukup besar.

Jadi sebagai seorang pemula, pastinya Anda harus mempelajari lebih dulu mengenai bagaimana cara bermain yang benar. Jika belum tahu caranya, maka bisa memperbanyak bacaan via online atau media lain.

Paham Detail Investasi Saham Bagi Pemula

Sebenarnya cara bermain saham dapat dilakukan siapa saja, asalkan ada jaringan internet. Hal utama yang harus diketahui trader ketika melakukan aktivitas ini ialah tahu tujuan mengelola saham.

Apakah Anda ingin berinvestasi jangan pendek atau panjang. Setelah tahu apa tujuan melakukan investasi saham ini, maka selanjutnya bisa mengetahui bagaimana cara tepat bermainnya supaya bisa tetap untung.

Pertama pastikan paham ilmu investasi saham, karena di dalamnya ada banyak sekali istilah cukup sulit. Karena jika Anda belum paham istilah-istilahnya, maka akan sulit untuk memulai bermainnya.

Investasi saham sendiri merupakan instrumen dalam pasar finansial berupa tanda penyerta modal, baik perseorangan atau badan usaha dalam suatu perusahaan. Penting diketahui cara bermain saham bagi pemula yang benar.

Di mana newbie harus tahu beragam jenis saham serta memilih investasi yang paling sesuai. Pada umumnya, ada 3 cara dalam memilih investasi yakni saham individu, reksadana, serta bursa efek.

Selain itu cara bermain saham yang benar selanjutnya ialah menentukan sebagai investor atau trader. ketika ingin berinvestasi dalam jangka waktu panjang serta ambil profit pada periode lebih lama, maka pilih investor.

✔️  Apa Saja Hukum Investasi Saham yang Perlu Diketahui?

Sementara itu, jika Anda ingin mendapat laba investasi jangka pendek atau hanya ingin mendapat selisih harga jual dan beli, maka bisa memilih trader. Sehingga dapat dikatakan tujuan serta posisi berkaitan.

Pastinya ketika menentukan posisi mana yang akan dipilih, maka trader saham bagi pemula baiknya berhati-hati. Semua sisi harus dilihat supaya nantinya tidak menyebabkan risiko cukup tinggi dan membuat rugi.

Tepat Manfaatkan Waktu Jual Beli Saham

Pasti Anda sudah tahu cara berinvestasi yang minim ruginya untuk newbie yakni membeli ketika harganya turun. Sebab nantinya di periode berikutnya, kemungkinan besar harganya bisa kembali tinggi.

Jadi itu akan membawa trader mendapat profit dalam jumlah besar. Namun ketika harga saham perusahaan turun, maka baiknya lihat juga situasinya dan punya prediksi nantinya bisa naik lagi atau tidak.

Cara berinvestasi bagi newbie juga baiknya jangan memberikan semua modal yang dimiliki untuk membeli harga saham turun. Karena jika tidak berpikir tepat dan berhati-hati, maka dapat menyebabkan risiko tinggi.

Selanjutnya langkah main saham bagi pemula ialah diversifikasi. Di mana merupakan teknik dalam berinvestasi agar bisa mengelompokkan serta memilih mana yang punya risiko rugi rendah, yakni sektor perbankan, properti, atau good consumer.

Bagi Anda yang masih sangat baru dalam dunia bursa ini, maka cara bermain ini harus diikuti. Agar bisa berinvestasi di tahap awal, maka gunakan uang dingin atau sudah dipisah dari kebutuhan sehari-hari.

Biasanya uang tersebut kerap kali disebut sebagai dana menganggur. Datangnya dari mana? Umumnya didapat dari bonus serta memang jarang dipakai untuk keperluan harian, jadi bukan mengambil dari kebutuhan pokok.

Pastinya ada alasan mengapa trader baiknya memanfaatkan uang tersebut sebagai modal berinvestasi. Salah satunya karena saham sendiri pergerakannya sangat tidak stabil, setiap saat bisa naik turun sesuai keadaan perekonomian.

Sehingga apabila saham yang Anda pilih turun nilainya, maka uang untuk memenuhi kebutuhan hariannya tidak terganggu. Kenali dengan baik bagaimana langkah tepat bermain saham bagi pemula agar tidak rugi.

✔️  Cara Investasi Saham untuk Pemula Aman dan Menguntungkan

Beli Saham Profit Tinggi

Setelah paham waktu bermain tepat, maka Anda bisa mulai melakukan transaksi jual beli. Ketika bertransaksi, ada beberapa tips yang baiknya dipahami oleh tiap trader agar peluang profitnya lebih besar.

Pertama ialah pilih saham yang sudah terdaftar dalam indeks LQ45 atau IDX30. Selain itu belilah dari perusahaan perbankan atau juga customer good karena harganya lebih stabil dibanding lainnya.

Baiknya Anda juga melakukan pembelian ketika harganya merosot dengan menerapkan sistem analisa tepat. Sebelum membeli memahami fundamental juga penting. Supaya dapat laba dalam jumlah besar, maka gunakan investasi jangka panjang.

Anda baiknya membuat tujuan berinvestasi dalam jangka waktu lama. Karena ada cukup banyak kegunaan jika melakukan investasi saham bagi pemula ini diterapkan, bahkan trader profesional juga sering menggunakannya.

Tipe berinvestasi ini biasanya digunakan untuk pendapatan pasif, mempersiapkan bekal pensiunan, serta membantu perekonomian agar tetap stabil. Banyak investor pro yang lebih memilih jangka panjang karena risikonya kecil.

Apabila Anda sudah paham bagaimana risiko dari berinvestasi, maka selanjutnya pilih sekuritas saham. Perusahaan perantara ini akan menjadi jembatan bagi penjual dan pembeli dalam pasar bursa saham.

Transaksi jual beli tersebut nantinya juga akan dikenakan biaya. Di mana perhitungannya ialah dari ratio harga saham yang dibeli maupun dijual. Jadi sebagai trader Anda harus paham agar tidak tersesat.

Cara bermain saham bagi pemula ketika memilih broker ini sebaiknya pilih yang memberikan biaya transaksi rendah. Selain itu pastikan jika perusahaan tersebut sudah punyai sertifikat resmi serta izin dari OJK.

Cara Tepat Trading Saham

Ada dua jenis orang yang bermain saham, yakni trader dan investor. Pada intinya, keduanya sama-sama menjalankan proses jual beli di pasar bursa. Namun tujuan dari dua belah pihak tersebut jelas berbeda.

✔️  Apa itu PVP Coin dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Investor biasanya akan membeli saham kemudian akan bertambah dalam kurun waktu tertentu. Sebab mereka ingin mendapat laba dari dividen serta penjualan ketika targetnya sudah tercapai ketika bermain investasi ini.

Beda dengan seorang trader saham, di mana mereka akan memanfaatkan nilainya untuk memperoleh profit. Ini mengartikan jika trader membeli saham jika harga rendah dan langsung menjual jika sudah ada selisih.

Banyak orang berpendapat jika trader ini punya risiko lebih tinggi. Karena bisa saja sahamnya tidak naik-naik atau bahkan turun, jadi mereka harus menjualnya. Jadi beberapa trading saham bagi pemula ini baiknya dijadikan panduan:

  1. Pilih saham potensial

Tidak ada yang tahu pasti, kapan dan mana saham yang akan naik serta turun. Akan tetapi umumnya trader akan memilih di mana nilainya bisa meningkat dalam waktu relatif lebih cepat.

  1. Perhatikan nilainya

Menjadi seorang trader, maka Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat bagaimana nilainya tiap saat. Jika harganya berubah, maka bisa melakukan proses jual beli dan ketahui kapan naik turunnya.

  1. Cepat ambil keputusan

Salah satu skill yang wajib dipunyai trader ialah dalam mengambil keputusan. Bukan hanya jual beli, melainkan bertahan agar bisa mendapat nilai bagus.

Ketika ingin memulai,bagi pemula maka pastikan untuk tahu serta paham mengenai investasi. Selanjutnya kenali cara serta strategi bermain saham bagi pemula agar dapat mengurangi risiko.

 

 

Leave a Comment