Cara Main Saham Bagi Pemula yang Baru Belajar

Pelajari bagaimana cara main saham bagi pemula. Karena jika Anda melakukan investasi saham tanpa belajar terlebih dulu, maka akan bingung bagaimana memainkannya. Perlu diingat, jika saham itu risikonya cukup tinggi.

Ketika dari awal Anda belajar sebagai seorang pemula, pasti ada persiapan, kemudian memahami cara pembelian hingga memainkannya. Jadi, saat praktik langsung juga tidak terlalu bingung mulai dari mana.

Bagi Anda yang memang sudah ada niatan untuk mulai mencari tahu cara main saham untuk pemula, baca informasi ini. Nanti Anda juga akan paham bagaimana caranya secara bertahap.

10 Cara Main Saham Bagi Pemula yang Aman

Meski namanya bermain, tapi jika menyangkut tentang saham, tidak boleh main-main. Anda harus serius dalam menjalaninya. Salah sedikit, nanti akan mengalami kerugian yang mungkin sangat besar.

Memulai dari belajar cara main saham bagi pemula, nanti Anda akan tahu bagaimana tahapan yang benar. Saham merupakan investasi jenis pasar modal dengan tingkat risiko cukup tinggi.

Akan tetapi, sekali Anda sukses dalam permainan saham ini, keuntungannya nanti bisa sangat banyak. Kunci untuk memulai adalah teliti dan sabar.

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara main saham bagi pemula yang benar, pastikan belajar secara bertahap. Kesuksesan tidak bisa terjadi secara instan, maka perlu memahaminya dengan baik.

Kami memiliki 10 poin yang bisa Anda ikuti untuk bisa memahami saham dengan baik. Silakan terapkan jika Anda ingin membeli jenis investasi pasar modal satu ini :

  1. Memilih Sekuritas dengan Biaya Transaksi yang Minim Dulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin main saham secara aman sebagai pemula baru belajar, yaitu pilih sekuritas yang biaya transaksinya minim.

Di Indonesia, broker saham itu ada banyak, namun Anda harus pilih yang sesuai dengan kondisi modal yang dimiliki saat ini.

Jika Anda bingung dengan biaya transaksi, jadi jika ingin memulai main saham, nasabah harus membuka akun rekening efek yang difasilitasi oleh perusahaan sekuritas.

✔️  Cara Menyimpan Stiker Di WA Dari Teman

Lalu, sebelum memulai cara main saham bagi pemula, maka nasabah harus melakukan top up untuk membeli saham terpilih. Tentu saja biaya tiap perusahaan sekuritas berbeda-beda. Pilih terkecil tapi masih bisa untung.

  1. Usahakan Jangan Terlalu Pelit, Tapi Jangan Boros Juga

Setelah memiliki rekening efek, ini saatnya Anda untuk mulai top up ke rekening efek Anda dan mulai membeli saham.

Awal transfer memang ragu, karena Anda mungkin takut kehilangan uang tersebut. Tapi tenang, kini Anda bisa membeli saham dengan harga 100rb saja. Tapi memang progres keuntungannya lambat.

Intinya, jangan terlalu pelit, tetap konsisten dan terukur sesuai kemampuan, jangan  berbelanja seluruh uang Anda untuk membeli saham secara gegabah.

  1. Perhatikan Indeks Saham yang Dipilih

Selanjutnya, cara main saham bagi pemula yang aman adalah dengan memperhatikan indeks sebelum membeli.

Jika Anda belum tahu, dalam saham terdapat 35 indeks yang terdaftar di BEI. Agar nantinya Anda tidak bingung, masih pemula pilih saja indeks yang tergabung dalam indeks IDX30 atau LQ45.

Apa alasan yang mendasar memilih kedua indeks tersebut? Alasannya saham-saham yang ada di indeks tersebut memiliki likuiditas yang cukup tinggi.

Selain itu, fundamental perusahaannya juga dinilai sangat baik. Sebutan untuk saham yang ada di indeks tersebut juga disebut dengan blue chips atau saham papan atas.

  1. Beli Saham Pada Jenis yang Tepat

Selain memperhatikan indeks ketika membeli, cara main saham bagi pemula adalah dengan beli saham yang jenisnya tepat.

Maka, sebagai pemula disarankan untuk membeli jenis consumer goods atau perbankan. Meski ketika membeli harga turun, tapi lambat laun bisa untung.

Alasannya cukup sederhana karena kedua jenis ini banyak dipilih oleh masyarakat, sehingga memiliki kemungkinan besar mencetak laba besar secara signifikan setiap tahunnya.

  1. Disiplin dengan Melakukan Stop Loss
✔️  2 Cara Membuat Akun Hago Baru Di Android

Kunci agar investasi saham bisa berhasil adalah tetap tenang meski saham yang Anda miliki sedang mengalami penurunan. Ingat, harus tetap tenang jangan panik.

Lalu, cara main saham bagi pemula yang baik selanjutnya adalah melakukan stop-loss ketika penurunan tersebut disebabkan oleh faktor fundamental keuangan.

Apa itu stop-loss? Itu adalah nilai batasan harga terendah yang ditentukan untuk membatasi kerugian Anda nanti. Karena kerugian bisa semakin besar bila perusahaan mengalami kerugian.

  1. Pilih Mau Jadi Trader atau Investor

Langkah berikutnya jika ingin main saham dengan baik sebagai pemula, maka Anda pilih mau jadi trader atau investor.

Jika cara main saham bagi pemula menjadi seorang trader itu sifatnya mencari keuntungan dengan selisih harga jual, kemudian dikurangi harga beli. Biasanya berlangsung dalam waktu singkat.

Lalu, jika Anda ingin jadi investor bisa menyimpan saham dalam waktu yang lama, kemudian dipetik keuntungannya di masa depan.

  1. Ketika Harga Turun, Belilah

Para pemula mungkin akan berpikir jika membeli saham saat harga turun itu cukup merugikan. Tapi ternyata anggapan itu tidak selalu benar.

Jika saham tersebut memiliki potensial meningkat di kemudian hari, cara main saham bagi pemula dengan membeli harga saat turun, itu tidak masalah.

Justru nanti keuntungannya cukup banyak karena membeli dengan harga rendah, tapi bisa dapat untung banyak nantinya. Tapi memang perlu hati-hati sebelum membelinya.

  1. Lakukan Diversifikasi Saham

Apa yang dimaksud dengan diversifikasi saham itu? Yaitu membeli saham di beberapa jenis yang berbeda dengan tujuan mengurangi risiko kerugian.

Misalnya, Anda membeli saham pada property, kemudian bisa juga perbankan, satunya lagi consumer goods. Jika bisa mengatur keuangannya, pasti bisa melakukan cara ini.

  1. Pilih Saham dengan Fundamental Bagus

Tanda bahwa perusahaan tersebut fundamentalnya bagus ketika berada di indeks LQ45 atau IDX30. Tapi cara main saham bagi pemula juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Bagaimana portofolionya, apakah baik atau buruk.
  • Kemudian perhatikan juga rekam jejak perusahaan tersebut. Apakah pernah ada kejadian buruk sehingga tidak pantas dibeli sahamnya.
  • dan tentu saja lihat kondisi keuangan perusahaannya baik atau tidak.
  1. Ikuti Tips Saham Jangan Panjang dan Pendek
✔️  Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk Google Play Store

Pastinya jika seorang pemula ingin sukses dalam menanamkan saham, perlu tips terbaik agar sukses.

Berikut ini akan kami beri tips melakukan investasi saham dalam jangka waktu panjang atau pendek, yaitu :

  • Investasi Saham Jangka Panjang

Jika Anda ingin melakukan investasi jangka panjang, maka bisa melakukan top up setiap bulan, sesuai budget dan harus kondisten. Ketika harga turun, beli untuk keuntungan masa depan.

  • Trading Saham Jangka Pendek/Harian

Jika memiliki uang lebih dan berani mengambil risiko besar, bisa investasi saham harian. Saham jangka pendek sendiri dipengaruhi oleh berita yang terjadi saat itu.

  • Pilih Alternatif Saham dengan Membeli Reksadana

Jika memang Anda masih takut, bisa mencoba reksadana saham. Selain murah, prosesnya juga mudah dan cocok bagi pemula.

Investasi sekarang ini tidak harus menunggu Anda memiliki penghasilan tetap. Dimulai dari nilai kecil dulu juga tidak masalah. Perlu diingat, cara main saham bagi pemula yang bagus adalah konsisten dan sabar.

Leave a Comment