Cara Investasi Saham Untuk Pemula dengan Modal 100 Ribu

Cara Investasi saham tidaklah sesulit yang kebanyakan orang pikir, tidak sedikit investasi saham yang mudah untuk pemula. Bahkan hanya  dengan modal yang sedikit Anda bisa dapat keuntungan dengan bermain saham.

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang menjadi bukti kepemilikan sebuah perusahaan atau bukti dari penyertaan modal. Dalam berinvestasi saham tidak ada ketentuan atau syarat khusus.

Dengan banyak nya informasi tentang saham di internet, semakin memudahkan Anda untuk tahu cara investasi saham.

tetapi perlu diingat bahwa investasi saham tergolong berisiko tinggi atau high risk, maka dari itu Anda perlu untuk mempersiapkan mental ketika bermain saham.

Langkah Menentukan Cara Investasi Saham yang Baik untuk Pemula

Untuk memulai bermain saham Anda harus tahu dan mengerti bagaimana cara melakukan investasi saham.

Investasi saham bukan hanya tentang cuan, tapi juga tentang bagaimana Anda menganalisis dan menentukan strategi yang tepat untuk mengurangi risiko. Berikut cara mudah investasi saham :

  1. Pahami Ilmu Dasar Saham

Dikutip dari situs Bursa Efek Indonesia (BEI) saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan  atau perseroan terbatas. Ketika Anda menyertakan modal tersebut, maka Anda memiliki klaim atas pendapatan perusahaan.

Dengan Anda mengerti ilmu dasar saham dan paham cara investasi saham, Anda akan lebih mudah menentukan tujuan dan strategi bermain saham. Ilmu dasar saham sangatlah penting untuk keberlangsungan investasi terlebih untuk seorang pemula.

  1. Memilih Perusahaan Sekuritas yang Menjanjikan

Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan perantara untuk melakukan kegiatan jual beli saham. memilih perusahaan dengan sekuritas yang tepat akan memudahkan Anda untuk mulai main saham dengan modal yang lebih sedikit.

Banyak perusahaan yang mematok setoran awal dengan modal yang besar, namun ada juga perusahaan yang memberikan kebijakan setoran awal yang lebih kecil. Bahkan, banyak juga yang mempersilahkan pembelian saham dengan harga 100 ribu atau dibawahnya.

  1. Tentukan Target Investasi

Cara Investasi Saham selanjutnya adalah Anda harus menentukan target investasi. target investasi berfungsi agar Anda tahu target keuntungan dan waktu lamanya Anda berinvestasi. Contohnya Anda ingin mendapatkan keuntungan 5 kali lipat dalam kurun waktu 10 tahun.

✔️  Aplikasi Sadap Whatsapp Terbaru Untuk Pengguna Android

Investasi saham disarankan dilakukan dalam waktu yang panjang, semakin lama waktu Anda berinvestasi maka hasilnya pun akan maksimal. Usahakan lebih dari lima tahun, tidak menutup kemungkinan saham yang Anda beli hari ini nilainya naik pesat dalam kurun waktu tersebut.

  1. Pelajari Analisis Saham

Tujuan dari analisis saham adalah untuk menggali informasi sebanyak banyaknya sebelum kamu memutuskan untuk melakukan pembelian ataupun penjualan. Oleh karena itu semakin banyak informasi yang didapatkan maka keputusan yang diambil juga akan tepat.

Analisis saham yang dapat kamu lakukan sangat banyak, diantaranya kamu bisa rutin membaca berita pasar modal perusaahaan yang Anda incar. Selain itu, Anda juga dapat melakukan analisis teknis dengan membaca grafik harga saham. penting mengetahui pola grafik saham.

  1. Beli Saham Ketika Nilai Saham Turun

Dalam dunia investasi Anda harus mengenali kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham. strategi yang dapat Anda gunakan untuk membeli saham yaitu dengan membeli saham ketika nilanya turun atau buy on weakness.

Buy on weakness maksudnya adalah pembelian yang dapat Anda lakukan ketika nilai dari sebuah saham mengalami penurunan hingga ke titik di mana saham aman untuk dibeli. Cara ini dapat Anda gunakan untuk membeli saham berkapitalisasi besar seperti, LQ45.

Rekomendasi Aplikasi Investasi Saham Digital Terbaik dan Terdaftar OJK

Cara investasi saham untuk pemula yang selanjutnya adalah memilih aplikasi investasi saham sesuai dengan yang Anda butuhkan, Agar Anda bisa mengetahui perubahan harga saham. Berikut ini rekomendasi aplikasi investasi saham terbaik dan terdaftar OJK.

  1. Bibit

Bibit adalah aplikasi investasi milik PT Bibit tumbuh bersama yang bagus untuk pemula. Selain bisa melakukan investasi saham, Anda juga dapat melakukan investasi di bidang lain contohnya seperti, reksadana hingga obligasi dan pasar uang.

✔️  3 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Axis (1GB-10GB Gratis) Terbaru

Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk pemula karena cara investasi saham di Bibit dapat terbilang sangat mudah dan bisa dioptimalkan sesuai dengan level risiko. Dan juga di Bibit terdapat teknologi yg di sebut “Robo Advisor” yang dapat membantu investasi Anda.

  1. Stockbit

Stockbit adalah broker resmi di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang aman dan mudah digunakan untuk pemula, karena investor dapat melakukan transaksi  jual beli saham secara online. Juga terdapat platform komunitas investor dan trader saham untuk melakukan diskusi dan berdebat.

  1. Ajaib

Ajaib adalah platform investasi yang aman karena sudah memiliki izin dari OJK. Ajaib sangat cocok digunakan pemula karena cara investasi saham yang mudah, memiliki minimum deposit nol, dapat membuka buku rekening saham online, dan platform trading saham yang sangat informatif.

Memahami Terdahulu Kelebihan Invetasi Saham Sebelum Terjun Langsung

Saat ini kesadaran masyarakat terhadap investasi semakin tinggi, apalagi sudah banyak platform investasi yang memudahkan investor pemula. Tapi perlu diingat sebelum memulai bermain saham Anda harus mengetahui kelebihan investasi saham seperti berikut ini :

  1. Mendapatkan Penghasilan Deviden

Kelebihan pertama bermain saham adalah Anda bisa mendapatkan penghasilan deviden. Deviden adalah pembagian penghasilan yang diberikan perusahaan kepada para pemegang saham. Besaran deviden ini disesuaikan dengan jumlah saham yang Anda miliki.

  1. Adanya Diversifikasi Saham

Saham juga memiliki diversifikasi atau pembagian alokasi saham yang dilakukan dengan tujuan mengurangi risiko kerugian. Dengan adanya diversifikasi ini, Anda dapat terbantu sehingga kerugian dapat diminimalisir.

  1. Mendapatkan Kepemilikan Perusahaan

Ketika Anda memiliki saham di suatu perusahaan, bisa dipastikan Anda memiliki hak kepemilikan di perusahaan tersebut. Karena kepemilikian tersebut, Anda bisa diundang dalam rapat pemegang saham perusahaan.

✔️  6 Cara Memperbaiki Kamera HP Xiaomi Yang Rusak Atau Error

Kekurangan Investasi Saham yang Perlu Dipahami

Untuk mempelajari Cara Investasi Saham perlu juga memhami mengenai kekurangannya, agar bisa menjadi bahan perbandingan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan mengenai investasi saham yang perlu di pelajari :

  1. Harus Memantau Pergerakan Saham

Berbeda reksadana, dalam investasi saham Anda harus memantau sendiri pergerakan saham  Anda, agar dapat memperoleh keuntungan. Anda harus terus memantau grafik saham yang Anda miliki.

  1. Bersifat Fluktuaktif

Saham adalah salah satu produk investasi yang memiliki sifat fluktuaktif atau bisa dengan mudah mengalami kenaikan dan juga penurunan. Makanya, Anda wajib memantau pergerakan saham ini agar tidak mengalami kerugian yang besar.

  1. Risiko yang Besar

Saham adalah investasi yang bisa memberikan keuntungan besar. Namun secara bersamaan memiliki risiko yang besar. Jadi, buat Anda yang belum begitu memahami cara bermain saham ini, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu bagaimana cara kerjanya.

Perlu diingat, investasi saham memang menghasilkan cuan yang besar, tapi risiko kerugiannya juga sebanding dengan keuntungannya. Maka dari itu kesiapan mental dan analisis strategi merupakan cara investasi saham yang tepat agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Leave a Comment