Cara Install Laravel Di Xampp Untuk Pemula [Panduan Lengkap]

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara install laravel di xampp dan menggunakan sistem operasi windows 8 atau 10 di pc saya, untuk melakukan penginstalan laravel di xampp sangat mudah kalian hanya perlu mengikuti panduan nya dibawah ini. namun sebelum itu ijinkan saya mengenalkan apa itu Laravel dan Xampp.

Apa itu Laravel? Adalah kerangka kerja aplikasi web berbasis php yang sumber terbuka. laravel menggunakan konsep Model-View-Controller. Laravel berada dibawah lisensi MIT. dengan menggunakan Github sebagai tempat berbagi kode.

Apa Itu Xampp?
Xampp

Adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi dan merupakan kompilasi dari beberapa program. fungsi xampp adalah sebagai server yang berdiri sendiri, yang terdiri atas program Apache HTTP Servers, MySQL Database, dan penerjemahan bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman php dan perl

Cara Install Laravel Di Xampp

Cara Install Laravel Di Xampp

Untuk melakukan prosedur penginstalan sebaiknya kalian install alat dan bahan yang diperlukan. apa saja bahan yang diperlukan untuk mengintall Laravel di xampp?

Alat Yang Dibutuhkan Untuk Install Laravel Di Xampp

  • Xampp
  • Composer
  • Install Laravel

1. Install Xampp

Install Xampp

Untuk melakukan penginstalan laravel di xampp pertama-tama kalian download terlebih dahulu software xampp, kalian bisa ke link berikut https://www.apachefriends.org/index.html disini saya sudah mengangap kamu sudah mendownload dan menginstall xampp di windows 7 atau 10 milik kamu. dan masuk ke tahap selanjutnya.

Artikel Lainnya: Cara Install NodeJs Di Linux Dan Ubuntu Untuk Pemula

2. Install Composer

Setelah kamu sudah mendownload xampp dan sudah menginstall xampp di pc tahap selanjutnya mendownload dan menginstall composer. Apa itu Composer? adalah manajer paket php yang terintegrasi dengan laravel framework. di windows kita dapat menginstall nya dengan mudah dengan menggunakan halaman resmi milik composer. untuk mendownload composer bisa ke link https://getcomposer.org/download/

✔️  2 Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Di Hack

Setelah menginstall composer, kalian buka command prompt windows atau cmd dan menulis composer untuk menjalankan perintah di cmd ketikan composer sebagai berikut.

kemudian ketikan kembali perintah sebagai gambar berikut

setelah sudah sampai disini selanjutnya kita mencoba menginstall laravel nya

3. Install Laravel Di Xampp

Kemudian kita install laravel terlebih dahulu kalian bisa ke alamat url berikut https://laravel.com/docs/7.x/installation di web ini kita bisa melihat command atau perintah yang digunakan serta panduan penginstalan laravel di xampp.

Artikel Lainnya: Belajar Instalasi Linux Debian 10 Berbasis Gui Untuk Pemula

Setelah kalian membuka alamat situs laravel kalian cari Via Composer Create-Project dan kemudian copy perintah tersebut, setelah kalian copy masuk ke command prompt (cmd)

Setlah itu masukan perintah nya di cmd contoh nya seperti ini composer create-project –prefer-dist laravel/laravel blog di line yang blog bisa kalian ganti sesuai nama project kalian. dan tunggu prosesnya install nya selesai. proses instalasi project laravel lumayan lama dan kita tunggu hingga selesai.

nah setelah sekian lama menunggu project laravel nya suskses di install kemudian ketikan kembali perintah di command prompt nya, contoh perintah nya “php artisan serve” apabila kalian bingung bisa melihat gambar di bawah ini.

cd kompirasi adalah nama project saya, kalian tulis perintah di command prompt nya dan apabila xammp\htdocs\xampp\kompirasi> kalian masukan perintah “php artisan serve” setiap directory file berbeda beda sesuai minat saja.

Artikel Lainnya: Cara Install Sqlmap Di Linux Untuk Pemula

kenapa kok gk di directory kompirasi? karena saya tadi sudah menginstall nya terlebih dahulu jadi otomatis xampp membuat directory baru.

Setelah itu copy server yang ada di cmd dan masukan ke alamat url http://127.0.0.1:8000 dan laravel sudah di install di xampp sampai tahap ini kita sudah berhasil menginstall laravel di xampp windows,

✔️  Cara Install XAMPP Di Ubuntu Atau Linux

Penutup

Sekian tutorial cara install xampp di windows semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca

Leave a Comment