2 Cara Defrag Hardisk Laptop & PC Di Windows 10

Performa Hardisk kamu lambat dan kinerjanya menurun? Kenapa tidak mencoba defrag hardisk kamu? Pastinya kamu belum tahu kan bagaimana cara defrag hardisk laptop dan pc? Kalau kamu belum paham cara melakukan defragment hardisk kamu tenang saja.

Karena kami akan mengajarkan kamu cara defragment hardisk, berbicara tentang defrag hardisk sebenarnya defragment itu apasih?

Apa Itu Defragmentasi?

Defragmentasi adalah proses menyusun ulang file yang terpecah, dan merupakan sebuah proses untuk menangani berkas-berkas yang mengalami fragmentasi internal. Sebuah berkas dikatakan terfragmentasi mana kala berkas tersebut tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam penyimpanan fisik.

Fragmentasi dapat menyebabkan subsistem media penyimpanan melakukan operasi pencarian data yang lebih banyak, sehingga dengan kata lain berkas terfragmentasi dapat memperlambat kerja sistem, khususnya pada saat melakukan operasi yang berkaitan dengan media penyimpanan.

Perlu kamu ketahui, performa hardisk yang sudah lama mau itu hardisk internal dan eksternal pada umumnya performa hardisk akan menurun tergantung sesuai seberapa lama pemakaiannya, biasanya performa hardisk atau ssd akan terus menurun sesuai umur yang sudah di tentukan.

Min emang hardisk dan ssd laptop dan pc itu ada umurnya ya? Tentu saja ada, kalau kamu ingin melihat umur hardisk laptop dan pc yang sedang kamu gunakan saat ini, kamu bisa menggunakan software hard disk sentinel.

Cara Defrag Hardisk Komputer & Laptop Untuk Meningkatkan Performa

Bagi kamu yang ingin tahu cara defrag hardisk kamu bisa melihatnya dibawah ini

1. Cara Defrag Hardisk Windows 10 Menggunakan Fitur Defragment And Optimize Drives

Defragment And Optimize Drives

1. Bagi pengguna sistem operasi windows 10, cara defragment di windows 10 sangat mudah dilakukan, pertama kamu tulis defragment di fitur menu type here to search kemudian di menu alat Defragment and optimize drives kamu klik open.

Baca Juga: Cara Hide Taskbar Windows 10
Pilih Hard Drive

2. Kemudian di menu optimize driver kamu pilih hard drive atau partisi penyimpanan komputer atau laptop kamu yang ingin di defrag disini saya pilih partisi D, kamu bebas memilih partisi hard drive mana yang ingin kamu optimalkan performanya, kalau sudah kelik nama hard drive kemudian Pilih Optimize. Karena disini saya memakai SSD jadi optimasi Analyze tidak dapat digunakan, namun kalau kamu pakai Hardisk kamu bisa menggunakan Fitur Analyze dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Tunggu Proses terfragmentasi

3. Dan proses selanjutnya kamu tinggal tunggu proses terfragmentasi hingga selesai, Ketika Windows 10 selesai melakukan proses defrag, program Optimize Drives akan menunjukkan drive kamu sebagai 0% terfragmentasi.

✔️  3 Cara Membuat Gambar Menjadi Transparan Di Word 2010

2. Cara Defragment Hardisk Di windows 10 Menggunakan Power Shell

Cara yang kedua kita bisa melakukan defragment hardisk di windows 10 lewat Windows Power Shell berikut caranya.

Windows PowerShell Admin

1. Tekan Win + X Pada Tombol Keyboard kamu, kemudian pilih Windows PowerShell(Admin)

Perintah Defrag Windows PowerShell

2. Kemudian di windows powershell kamu ketikan perintah Defrag D: perintah ini untuk mendefrag drive pada laptop dan pc. Kamu bisa ganti huruf d dengan nama partisi hardisk pada komputer kamu, misalnya C: E: atau juga F: kemudian tekan enter.

3. Setelah itu kamu tinggal tunggu sampai proses defragmentasi selesai.

Baca Juga: Cara Install Windows Terminal Di Windows 10

Mas bagaimana caranya mendefrag seluruh sistem drive pada komputer dan laptop? Untuk mendefrag seluruh hardisk melalui windows powershell kamu bisa menggunakan perintah defrag /E D: Utuk perintah D: Perintah D adalah huruf drive yang akan kita kecualikan, atau tidak akan di defragmentasi

Apa Manfaat Melakukan Defrag Pada Hardisk?

Setiap kali komputer membuat file baru, sistem akan menyimpan file di berbagai lokasi dalam bentuk potongan-potongan yang terpusah. Lain kali sewaktu kamu ingin membuka file itu, Kamu harus membuka semua lokasi tempat potongan data disimpan.

Tentunya hal Ini membutuhkan waktu tambahan karena sistem kamu akan membaca disk dalam jumlah yang cukup lama. Dengan mendefrag drive, Kamuakan menyatukan potongan-potongan data yang terpecah dan meningkatkan kinerja perangkat komputer kamu secara bergantian.

Leave a Comment