Cara Daftar Merchant Shopee Food, Ternyata Mudah!

Semakin maraknya ancaman Covid 19 membuat banyak orang memilih belanja via online, termasuk urusan makanan. Situasi ini tentu menjadi peluang emas bagi para pelaku usaha kuliner. Salah satu ‘tempat usaha’ yang cukup bagus yakni Shopee Food. Jika Anda berminat, silahkan cek cara daftar merchant Shopee Food berikut ini.

Apa Itu Shopee Food?

Shopee selama ini dikenal sebagai marketplace yang cukup digemari. Hal ini karena Shopee menyediakan banyak pilihan, mulai dari produknya yang beragam, cara pembayaran yang lengkap, serta pilihan layanan pengirimannya.

Nah, kini Shopee mulai menghadirkan layanan baru yakni Shopee Food. Shopee Food adalah layanan pesan-antar produk kuliner, mulai dari cemilan, makanan siap saji, hingga aneka minuman.

Maka dari itu, kini Shopee Food membuka pendaftaran seluas-luasnya bagi para pelaku usaha kuliner untuk bergabung menjadi mitra Shopee Food. Apakah Anda salah satunya?

Persyaratan Menjadi Merchant Shopee Food

Meski terbilang mudah, namun untuk bisa bergabung sebagai merchant Shopee Food tentu diperlukan beberapa persyaratan. Dikutip dari Sanepo, berikut syarat-syaratnya:

⦁ Merchant untuk Usaha Perorangan

Bagi Anda yang masih merintis usaha kuliner, jangan berkecil hati. Anda pun bisa ikut mendaftar sebagai merchant Shopee Food. Siapkan beberapa dokumen berikut ini:

⦁ KTP atau KITAS
⦁ SPPKP atau Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak
⦁ NPWPD atau Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah)
⦁ Foto buku tabungan yang masih berlaku

⦁ Merchant untuk Badan Usaha

Selain bagus untuk pemilik usaha perorangan, Shopee Food juga menjadi media yang tepat untuk badan usaha. Anda owner badan usaha ini pun bisa berkesempatan mengembangkan bisnis kuliner menjadi semakin luas. Syarat dokumennya adalah:

✔️  Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android (Tanpa Root)

⦁ KTP atau bisa diganti dengan KITAS
⦁ SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata)
⦁ NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak
⦁ TDP / NIB (Tanda Daftar Perusahaan / Nomor Induk Berusaha)
⦁ Surat Keterangan Domisili
⦁ Akta pendirian badan usaha terkait
⦁ NPWPD (Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah)
⦁ Foto buku tabungan yang masih berlaku

Cara Daftar Merchant Shopee Food

Setelah semua persyaratan dokumen lengkap, maka selanjutnya Anda perlu mengikuti cara berikut untuk bisa bergabung menjadi merchant Shopee Food.

⦁ Isi lembar formulir atau link pendaftaran Shopee Food, pastikan Anda mengisinya dengan benar dan lengkap.
⦁ Pihak Shopee Food juga akan memberikan lembar Perjanjian Kerja Sama (PKS), Anda harus mengisinya dengan benar.
⦁ Formulir, lembar PKS dan dokumen lain harus Anda jadikan satu. Kemudian scan menjadi bentuk soft copy.
⦁ Semua formulir fisik juga perlu dijadikan satu dalam map.
⦁ Dokumen soft copy harus dikirim melalui email kepada pihak Shopee Food.
⦁ Dokumen fisik juga harus dikirim ke kantor Shopee.

Sebelum mengirim, Anda perlu mengecek kembali kelengkapan dokumen. Hal ini untuk menghindari penolakan dari pihak Shopee, mengingat ada banyak pendaftar lainnya.

Hal yang Harus Diperhatikan

Tidak hanya memperhatikan kelengkapan dokumen saja, ada beberapa hal lain yang perlu Anda ingat. Meski bukan syarat secara teknis, namun hal-hal berikut juga tidak kalah penting.

⦁ Email Harus Aktif

Mengapa email harus aktif? Ya, karena pihak Shopee akan memberikan feedback melalui email. Jika pendaftaran Anda sudah dibaca, pihak Shopee kemungkinan besar akan menghubungi Anda untuk mengkonfirmasi terkait data-data Anda.

⦁ Update Informasi

✔️  2 Cara Share Folder Google Drive

Hal penting kedua yakni Anda harus selalu aktif mengikuti kabar terbaru, terutama terkait Shopee Food ini. Anda bisa mengikuti akun sosial media resmi mereka di @shopeefood_id atau situs websitenya.

⦁ Wilayahnya Masih Terbatas

Belum semua wilayah di Indonesia tersedia layanan Shopee Food ini. Apabila Shopee Food memang belum hadir di kota Anda, tim Shopee Food akan tetap menghubungi Anda terkait hal ini.

Artikel Lainnya: Cara Mengaktifkan Fitur Pengikut Di Facebook Terbaru

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan Shopee Food akan terus melebarkan sayap bisnisnya di seluruh wilayah Indonesia. Jadi, persiapkan bisnis Anda mulai dari sekarang.

⦁ Waktu Verifikasi

Pihak Shopee Food akan melakukan verifikasi data dalam rentang waktu 3 hari sampai 5 hari kerja setelah data Anda dikirim. Jadi, pastikan Anda selalu ‘standby’ dan jangan lupa aktifkan notifikasi email Anda.

⦁ Bisa Menambah Outlet

Bisnis Anda sudah mulai besar? Jangan khawatir, Anda bisa menambah outlet di Shopee Food ini. Anda bisa menghubungi tim yang sama saat Anda mendaftarkan outlet yang pertama.

Bagaimana, mudah bukan cara daftar merchant Shopee Food? Rasanya memang semua bisnis di era ini harus “go digital”. Usaha kuliner pun bisa tetap “go digital” dengan layanan Shopee Food. Selain meningkatkan layanan dengan teknologi, tapi jangan lupa untuk tetap harus menjaga kualitas makanannya ya!

Leave a Comment