2 Cara Copy Teks Dari Gambar Di Android, Solusi Males Ngetik!

Kamu ingin menyalin teks dari gambar atau foto? Kalau ia kamu berada di artikel yang tepat. Saat ini mengcopy teks dari gambar ke hp android sangat mudah dilakukan, Dulu menyalin atau mengcopy teks dari gambar kita harus mengetiknya secara manual terlebih dahulu.

Namun sekarang berbeda, kamu bisa menyalin teks dari foto atau gambar dengan mudah hanya bermodalkan android saja… wah baru tau saya min kita bisa copy teks dari gambar atau foto hanya bermodalkan android.

Tidak hanya itu saja sobat dengan memakai cara ini kamu bisa menyalin dan mengcopy seluruh tulisan yang ada di foto atau gambar dengan mudah, dan kamu juga bisa menyalin teks yang ada di gambar atau foto tersebut ke word, atau ke file PDF, wah sangat keren bukan?

Cara Copy Teks Dari Gambar Di Android

Di artikel ini saya ada dua cara menyalin teks dari gambar ke android, dua cara ini semuanya menggunakan bantuan aplikasi yang ada di android, kenapa saya memakai aplikasi? karena lebih mudah dan tidak ribet.

1. Cara Menyalin Teks Dari Gambar Di Android Pakai Aplikasi Pemindai Teks OCR

1. Cara pertama agar kita bisa menyalin teks dari gambar di hp android kita bisa pakai aplikasi yang bernama Pemindai Teks (OCR) aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi konverter gambar ke teks dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat dengan mudah mengubah gambar menjadi teks, cara pakainya juga cukup mudah kamu install saja aplikasi ini di ponsel android kamu.

2. Setelah itu kamu foto gambar yang ingin kamu salin teks nya, disini saya sudah ada bahan percobaan gambar yang memiliki teks, kamu juga bisa menyalin teks yang ada di buku lks, makalah atau kertas gambar lainya, selanjutnya kamu tinggal mengarahkan saja kamera hp kamu ke gambar tersebut kemudian klik icon biru untuk mengambil gambar, dan tunggu sampai proses pemindai selesai.

3. Setelah kita sudah berhasil mengconvert teks dari foto atau gambar yang kita inginkan selanjutnya kamu bisa mengedit teks dari gambar tersebut, dan memeriksa beberapa teks yang hilang, biasanya apabila teks nya ada yang hilang berarti kamu memfotonya kurang jelas kalau sudah kamu perbaiki klik saja save.

Artikel Lainnya: Cara Mengunci Whatsapp Web Pakai Password

4. Di bagian save atau penyimpanan nantinya kamu akan melihat dua opsi penyimpanan hasil dari convert gambar, di bagian ini kamu bisa memilih opsi text atau pdf disini saya memilih pdf kalau sudah kamu tentukan klik simpan.

5. Terakhir setelah kita sudah menyimpan hasil convert gambar ke teks yang sudah kita lakukan tadi dan sudah kita simpan ke file pdf, kamu bisa melihat hasilnya di folder yang sudah ditentukan di android kamu, kalau sudah jadi hasilnya seperti gambar yang saya upload di atas.

✔️  Tata Cara Menggunakan Windows 10 Media Creation Tool

2. Cara Copy Teks Dari Gambar Di Android Menggunakan Aplikasi OCR Text Fairy

1. cara yang kedua untuk mengcopy teks dari gambar di android, syarat pertama kamu install terlebih dahulu aplikasi OCR Text Fairy (Salin Text dari Foto) di ponsel android kamu.

2. Setelah kamu sudah menginstall aplikasi OCR Text fairy, selanjutnya kamu jalankan aplikasinya di ponsel android kamu, kemudian di bagian tampilan utama aplikasi OCR kamu bisa login menggunakan gmail atau juga bisa menggunakan Opsi Continue As Guest User, kamu bebas ingin menggunakan opsi yang mana pun.

3. Langkah kedua setelah kamu sudah masuk dan login ke aplikasi, nantinya aplikasi OCR Text fairy akan meminta seluruh akses ponsel kamu, setujui saja semua kemudian di bagian Scan image kamu klik camera, nah disini saya sudah menyiapkan kertas atau gambar yang ingin saya salin teksnya, untuk gambar sendiri bebas ya, boleh itu LKS, makalah yang sudah di print atau hal lainnya, yang penting kertas tersebut memiliki teks di dalamnya.

Contohnya seperti ini.

Contoh gambar yang ingin saya salin ke hp android saya, dan saya ingin menjadikan teks yang ada di gambar tersebut ke file pdf atau mau saya masukin ke microsoft word untuk dijadikan makalah karena ada beberapa teks yang penting di dalamnya.

4. Langkah keempat kamu foto gambar yang ingin kamu salin teksnya, kamu tinggal arahkan saja kamera hp kamu ke gambar yang ingin kamu salin teksnya kemudian klik icon foto.

5. Langkah kelima setelah kita sudah berhasil memfoto gambar yang ingin kita salin selanjutnya ketuk gambar tersebut.

6. Langkah ke enam kita edit dahulu gambar yang ingin kita jadikan teks nya, di bagian ini kamu bisa menerangkan gambar tersebut agar teks nya semakin jelas kalau sudah klik crop.

Artikel Lainnya: 2 Cara Mengecek VGA Laptop & PC

7. Setelah kita sudah mengedit gambar nya selanjutnya kamu balik ke tampilan awal, di bagian OCR SCAN kamu bisa rubah bahasa yang ingin kamu gunakan, misal kamu ingin merubah bahasa gambar dari teks tersebut, disini saya biarkan saja secara default kalau sudah selanjutnya klik Create PDF.

8. Di bagian ini kamu klik save saja.

9. Nah setelah sudah kamu klik save kamu tinggal tunggu sampai proses scan selesai kalau sudah selesai nantinya gambar yang ingin kamu ubah menjadi teks akan tersimpan di ponsel kamu dan akan dirubah menjadi pdf, dibagian ini klik saja Open. Dan nantinya gambar tersebut akan berubah menjadi file pdf.

✔️  Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Paling Komplit

Akhir Kata

Nah itu saja tutorial yang bisa kami berikan tentang, cara copy teks dari gambar di android semoga dengan adanya artikel ini kami dapat membantu kamu ya sobat kompi.

Leave a Comment