Cara Beli Saham untuk Pemula dengan Modal Pas-Pasan

Kini beli saham untuk pemula tidak perlu mahal-mahal. Sekarang Anda memiliki modal berapa untuk melakukan deposit? Semisal 100rb, uang pas-pasan dan sisa dari gaji bulan ini. Tidak masalah, itu masih bisa untuk membeli saham pada perusahaan sekuritas.

Zaman dulu, jika membahas investasi memang masih sangat minim. Sebab, pembahasan tersebut hanya untuk orang-orang berduit saja. Sekarang, modal pas-pasan saja, 50rb atau 100rb sudah bisa dapat saham.

Tapi memang pada dasarnya ketika beli saham dengan modal minim, progres profitnya akan lama. Tidak masalah sebenarnya. Kami di sini akan memberi tahu bagaimana cara beli saham dengan uang pas-pasan. Berikut informasinya.

7 Metode Beli Saham untuk Pemula Hanya Modal 100rb!

Ketika mendengar tentang investasi saham, pasti Anda langsung berpikir berapa puluh juta modal yang dibutuhkan untuk bisa memiliki sebagian perusahaan itu. Mau nyari uang dari mana sementara gaji belum begitu besar?

Tapi sekarang tidak demikian, banyak yang merekomendasikan jika beli saham untuk pemula itu hanya modal 100rb saja itu sudah cukup. Asalkan bisa memilih perusahaan sekuritas dengan benar.

Selain itu, awali juga mendaftarkan rekening nasabah pada platform investasi yang resmi dan telah terdaftar oleh OJK. Dengan begitu, Anda akan semakin tenang ketika bertransaksi.

Mungkin bagi Anda yang baru terjun ke dunia investasi, kurang begitu percaya jika memulai investasi saham hanya dengan uang 100rb saja.

Percayalah, sudah ada yang melakukannya dan terbukti dapatkan profit. Tapi memang, ini khusus saham jangka panjang. Di mana nanti Anda akan menikmati hasilnya di masa depan.

Jika Anda ingin mulai beli saham untuk pemula dengan modal hanya 100rb saja, kami akan beri tahu bagaimana metode terbaik yang harus dipilih :

Pilih Perusahaan Sekuritas dengan Deposit Murah

Mau sedang belajar atau sudah lama sebagai seorang investor saham, jika ada niatan untuk memulai dengan modal minim, tentu akan melalui cara ini.

✔️  Kelebihan dan Kekurangan Android Auto di Mobil: Pilih atau Tinggalkan?

Yaitu dengan memilih perusahaan sekuritas dengan deposit yang murah. Setiap sekuritas pasti memiliki platform sendiri agar nasabahnya bisa melakukan transaksi di dalamnya.

Kini, banyak sekuritas yang menawarkan investasi saham yang dimulai dengan harga 100ribu saja! Jika memang berminat, pilih sekuritas yang baik.

Kriteria baik untuk sebuah sekuritas untuk beli saham untuk pemula harga murah, yaitu :

  1. Sudah terdaftar OJK
  2. Aturannya jelas dan bisa dipahami
  3. Pembukaan rekening sangat mudah
  4. Aplikasinya user friendly
  5. Memiliki rekam jejak baik dalam dunia pasar modal

Melakukan Investasi Leher ke Atas

Mungkin Anda tidak tahu yang dimaksud investasi dari leher ke atas. Bisa disimpulkan bahwa beli saham untuk pemula dengan harga murah sebesar 100rb, anggap saja belajar.

Belajar tentang menganalisis, cara mengambil keputusan bagaimana, menggunakan analisis teknikal atau fundamental hingga pengelolaan portofolio.

Belajar bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu membaca buku, bisa juga mengikuti seminar atau webinar hingga melakukan diskusi dalam forum.

Sambil investasi modal minim, sambil belajar juga. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa meningkatkan terus nilai investasinya hingga mendapatkan profit yang diinginkan.

Mau Belajar Analisis Saham

Seperti yang sudah kami singgung di atas, melakukan transaksi sebesar 100rb untuk beli saham sudah hal lumrah untuk saat ini. Akan tetapi, anggap saja sebagai media belajar dulu.

Jika ingin sukses dan dapat beli saham untuk pemula terbaik, Anda juga perlu belajar mengenai analisis saham dengan prediksi-prediksi ke depannya bagaimana.

Anda bisa secara rutin membaca berita ekonomi, terutama pada perusahaan yang Anda miliki sahamnya hingga perusahaan sedang diincar nanti.

Jika Anda pintar dalam menganalisis, isu atau rumor yang beredar bisa saja ditepis. Tapi ketika rumor itu sepertinya nyata, tahu kapan waktunya untuk menjualnya. Ini adalah teknis analisis fundamental.

✔️  15 Bot Telegram Terbaik dan Berguna Untuk Kamu

Jika memang Anda ingin melakukan analisis teknikal, itu membaca grafis dan sedikit sulit untuk mempelajarinya.

Perhatikan Biaya Transaksi

Meski Anda beli saham untuk pemula sebesar 100rb saja, ketika top up tentu tidak pas 100ribu. Karena ada beban biaya transaksi yang dilemparkan ke nasabah.

Meski sama-sama membeli saham dengan harga 100rb, sekuritas memiliki aturan berbeda-beda dalam mematok biaya transaksinya.

Tapi sebenarnya biaya transaksi yang dibebankan kepada nasabah tidak terlalu besar. Sekitar 0,1-0,4 persen saja.

Memiliki Target Investasi

Beli saham untuk pemula bisa sangat semangat ketika sedari awal memulainya ada target yang akan dicapai. Jadi, Anda memiliki tujuan mengenai arah investasi ini mau dibawa ke mana.

Misalnya, Anda ingin melakukan investasi saham di harga sekian, dalam waktu 10 tahun berusaha memperoleh keuntungan tertentu.

Ketika Anda sudah tahu bahwa cara ini memang berhasil dilakukan, target yang akan dicapai selanjutnya adalah :

  1. Untuk biaya kesehatan di masa depan
  2. Membeli rumah
  3. Uang investasi bisa menjadi biaya pendidikan anak
  4. Membeli kendaraan baru entah itu mobil atau motor.
  5. Profit investasi bisa untuk membeli smartphone terbaru

Mempunyai Strategi Main Saham Modal Kecil

Setiap investor, tentu memiliki strategi dalam mengelola sahamnya. Mereka ingin saham yang telah dibeli memberikan keuntungan maksimal.

Investasi saham tidak hanya menyetirkan sejumlah uang, kemudian dibiarkan begitu saja di dalam platform. Anda harus memiliki strategi jitu untuk mencapai target.

Setelah beli saham untuk pemula yang tepat, cari strategi aling cocok. Bisa belajar dari buku atau mencari di internet. Tapi kami memiliki strategi bagus untuk bisa Anda jalankan, yaitu :

  1. Pastikan Anda harus mengatur posisi. Kesalahan pemula dalam investasi saham karena menyia-nyiakan aset. Kemudian, mereka juga memiliki masa simpan yang sangat kecil, misal 1 bulan saja.
  2. Anda juga perlu mengatur holding. Kesalahan para pemula yang sering sekali terjadi, mereka menahan trading terlalu lama. Akibatnya memperburuk kemungkinan menghasilkan uang.
✔️  Investasi Saham Ala Swing Trader Dunia, Ini Tipsnya

Hal itu karena peluruhan theta melebihi kemungkinan keuntungan. Jadi Anda perlu memikirkan masa penahanannya sampai kapan.

  1. Strategi selanjutnya, Anda perlu melakukan pra perhitungan pemberhentian serta target pasar. Instrumen yang mendasarinya sangat penting untuk menyelaraskan option trading Anda.
  2. Pemula memang sering sekali tergoda dengan saham berita. Tapi pasar akan jauh lebih baik dalam memprediksinya.
  3. Paling penting, di awal jangan terlalu berinvestasi pada banyak perusahaan. Fokuskan dulu dengan satu sekuritas.

Main Saham Secara Konsisten

Lalu, langkah terakhir yang harus dilakukan oleh seorang pemula, setelah beli saham lakukan secara konsisten.

Tidak masalah bila mengawalinya dengan modal minim. Entah 100rb atau 50rb, asalkan disiplin, ada kemauan belajar dan tidak mudah menyerah, pasti bisa dapatkan keuntungan.

Di atas sudah kami sebutkan strategi-strategi terbaik. Terapkan dan lakukan secara konsisten. Disertai juga dengan kesabaran karena modal minim, profit juga jalannya lambat.

Mungkin masih banyak cara yang tepat untuk Anda lakukan sebagai pemula dalam membeli saham. Akan tetapi, cara di atas sudah cukup baik jika Anda ingin beli saham untuk pemula yang sesuai dengan kemauan sendiri.

Leave a Comment