Begini Tutorial Mudah Cara Edit Foto Pengantin

Cara edit foto pengantin di bawah ini akan mengulas langkah mudah untuk membuat foto pengantin Anda tampak estetis dan unik. Momen bahagia yang diabadikan dengan lensa kamera dan tata cahaya yang sudah dipersiapkan masih membutuhkan sentuhan editing. Sebab biasanya setiap foto pengantin memiliki tema tertentu agar selaras dengan tema besar yang diusung sang pengantin.

Tone warna pada foto pengantin akan mempengaruhi mood orang yang melihatnya sehingga perlu diperhatikan detailnya. Agar hasilnya tidak mengecewakan karena foto yang diambil saat momen sakral tersebut tak mungkin diulang kembali setiap adegannya. Jadi penting untuk diedit lebih lanjut agar setiap foto yang diambil bisa dipastikan kualitasnya dari berbagai aspek, berikut tutorialnya.

Baca juga: cara edit capcut

Cara Edit Foto Pengantin pada Smartphone

Cara edit foto pengantin bisa menggunakan smartphone, ada beberapa pilihan aplikasi edit foto yang tersedia dan layak dipilih. Fitur-fiturnya kian hari kian canggih demi dapat memenuhi kebutuhan editing penggunanya yang kebutuhannya variatif. Bahkan kini aplikasi edit foto pada smartphone bisa dibilang tidak kalah dengan software editing pada PC yang digunakan oleh profesional.

Sehingga hasilnya pun layak untuk disejajarkan, buktinya tidak sedikit konten kreator yang membuat gambar-gambar cantik hanya dengan editing pada smartphone. Kebutuhan konten untuk eksistensi diri pada sosial media menuntut banyak konten kreator untuk mampu melakukan editing dengan cepat. Oleh karenanya kami sajikan beberapa aplikasi terbaik edit foto pada smartphone di bawah ini.

Cara edit foto pengantin

Edit Foto Pengantin di PicsArt

Cara edit foto pengantin yang pertama bisa Anda pilih adalah PicsArt yang akan memudahkan Anda dalam melakukan aktifitas editing foto. Banyak fitur menarik yang bisa Anda optimalkan untuk mendapatkan foto pengantin yang estetis dan keren. Berikut tutorial singkat untuk mengedit foto pada PicsArt yang bisa Anda ikuti.

  • Temukan aplikasi PicsArt dan klik pada ikonnya untuk membukanya.
  • Pastikan Anda telah memiliki akun PicsArt, jika belum maka Anda bisa mendaftarnya secara gratis dengan beberapa metode baik melalui gmail maupun akun sosmed.
  • Pada layar utama, klik ikon “+” untuk masuk pada pilihan gambar yang akan diedit.
  • Akan ada beberapa pilihan diantaranya model kolase, foto satuan, background pilihan, dan sebagainya.
  • Pilih foto pengantin yang ingin Anda edit, klik pada gambar lalu pilih tanda centang.
  • Setelah masuk pada layar editing, Anda dapat melakukan editing foto pengantin sesuai kebutuhan Anda.
  • Untuk versi lengkap fiturnya Anda harus menjadi member premium, tetapi tanpa menjadi member pun fitur yang disediakan PicsArt sudah cukup baik.
  • Optimalkan fitur yang tersedia seperti crop, pengaturan pencahayaan, spesial efek, dan sebagainya untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.
  • Setelah dirasa proses editingnya selesai, pilih ikon pada sebelah kanan atas. Ikon “panah ke kanan” jika Anda ingin menyimpan atau mengunggahnya langsung, ikon “panah ke bawah” utnuk menyimpannya saja.
✔️  Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas Terampuh

Foto pengantin Anda yang tadinya biasa saja dapat lebih bagus setelah melalui tahap editing menggunakan aplikasi PicsArt. Selanjutnya teknik editing dan selera seni fotografi Anda akan mempengaruhi hasil foto yang Anda edit.

Edit Foto Pengantin di Lightroom

Cara edit foto pengantin menggunakan Lightroom adalah salah satu yang terbaik diantara semua aplikasi editing pada smartphone. Lightroom menawarkan kemudahan mengedit foto dengan sentuhan yang lebih halus terutama pada urusan pencahayaan. Aplikasinya sudah tampak menyerupai versi edit foto di PC, berikut tutorial singkat untuk mengedit foto pengantin pada Lightroom.

    • Klik ikon Lightroom untuk membukanya dan masuk pada halaman utama aplikasi.
    • Klik tombol “New Item” lalu pilih “album” dan beri nama album Anda.
    • Klik tombol “+” untuk menambahkan foto, pilih “device” untuk akses dari memori internal smartphone.
    • Jika Anda ingin foto yang diedit berasal dari kamera yang disediakan Lightroom maka pilih ikon kamera untuk memotret pada saat itu juga.
    • Tambahkan foto yang telah diambil dengan klik “Add”,maka foto akan diimpor ke Lightroom.
    • Sekarang Anda sudah dapat mengedit foto pengantin dengan menggunakan seluruh tools yang tersedia pada Lightroom.
    • Klik “profile” untuk melihat preset bawaan yang disediakan oleh Lightroom. Anda dapat membeli preset atau memasang plug in preset gratis dari internet agar proses editing lebih mudah.
  • Klik tiga titik di bagian atas foto lalu pilih “Save to Device” untuk menyimpan foto pengantin yang telah diedit.
  • Pilih resolusi yang diinginkan kemudian tunggu proses ekspor foto dilakukan sampai muncul teks “photo(s) exported successfully”.

Edit Foto Pengantin di Snapseed

Aplikasi Snapseed

Edit foto pengantin via smartphone salah satunya dapat dengan menggunakan aplikasi Snapseed yang tersedia gratis pada Playstore. Meskipun gratis, Anda sudah dapat mengedit foto pengantin layaknya fotografer profesional karena fiturnya yang lengkap. Berikut tutorial sederhana untuk mengedit foto pada aplikasi smartphone Snapseed.

  • Klik ikon Snapseed untuk masuk ke dalam aplikasinya.
  • Pilih tanda “+” untuk memilih foto pengantin yang akan diimpor ke Snapseed untuk diedit.
  • Setelah memilih foto dan masuk pada layar editing maka Anda tinggal mengeditnya saja sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Tools yang dibutuhkan untuk editing foto pengantin sudah tersedia didalamnya bahkan tersedia pula template bawaan Snapseed.
  • Pastikan pengaturan white balance Anda tepat, untuk selanjutnya mengedit segitiga eksposur sesuai kebutuhan, selebihnya Anda bisa tambahkan efek-efek tertentu.
  • Jika sudah puas dengan hasilnya, maka pilih “ekspor” untuk menyimpan hasil foto pengantin Anda.
  • Akan ada 3 pilihan yakni “save” , “export”, dan “export as”. Pilih “save” jika Anda ingin menyimpannya saja. Pilih “export” jika Anda ingin menyimpannya dan mengedit bagian resolusinya. Pilih “export as” jika Anda ingin menyimpannya pada folder tertentu.
✔️  Mudah! Begini Cara Bobol Wifi Tetangga Tanpa Aplikasi di Android dan PC

Edit Foto Pengantin di PC

Cara edit foto pengantin yang profesional biasanya dilakukan menggunakan PC karena akan lebih mudah melihat detail foto dan lebih banyak fiturnya. Meskipun aplikasi smartphone menyediakan banyak fitur editing foto yang menarik tetapi mengedit foto pengantin menggunakan PC jauh lebih baik. Di bawah ini akan diulas bagaimana cara mengedit foto pengantin pada PC secara singkat. 

Edit Foto Pengantin di Photoshop

Software edit foto yang paling populer adalah software Photoshop yang dirilis oleh raksasa media digital yakni Adobe. Bagi Anda yang profesional di bidang fotografi tentu software tersebut bukan hal yang asing bagi Anda karena sudah terkenal. Tutorial singkat menggunakan Photoshop untuk mengedit foto pengantin ada di bawah ini, simak uraian lengkapnya.

Aplikasi edit foto pengantin

  • Buka aplikasi Photoshop pada PC Anda untuk masuk ke halaman utamanya.
  • Klik “File” lalu pilih “import file” untuk memasukkan foto pengantin yang hendak diedit.
  • Pada Photoshop, Anda bisa mengedit per layer sehingga jika terjadi kekeliruan Anda tak perlu impor foto ulang. 
  • Proses editing juga bisa dibagi-bagi pada tiap layer sehingga memudahkan penggunanya dalam proses editing.
  • Pengeditan dasar seperti crop, pengaturan segitiga eksposur, white balance, efek, dan sebagainya bisa Anda eksplorasi sesuai skill Anda.
  • Setelah selesai mengedit, klik “File” lalu pilih “Save as” agar mudah dalam filing.

Cara edit foto pengantin dapat Anda lakukan melalui beberapa tutorial yang telah kami ulas di atas secara singkat. Menurut Anda, cara mana yang paling mudah dilakukan dengan hasil foto pengantin paling bagus dan indah?

Leave a Comment