Begini Cara Membuat Artikel di Blog Agar Tampak Menarik

Pengetahuan tentang cara membuat artikel di blog yang menarik tentu saja menjadi kemampuan dasar yang seharusnya dimiliki oleh para penulis atau Anda yang sedang membangun blog. Untuk menunjang keberhasilan dari blog website yang dibangun.

Untuk Anda yang baru pertama kali dan masih asing dalam dua bog, simak beberapa tips menulis artikel blog yang mampu menarik perhatian para pengunjung selain kualitas dari isi konten itu sendiri, diantaranya:

Cara Membuat Artikel di Blog yang Menarik

Berikut akan kami jelaskan mengenai cara untuk membuat artikel yang menarik untuk akun blog Anda. Simak penjelasannya di bawah ini.

1.      Tentukan Fokus Niche Blog

Cara membuat artikel di blog pertama adalah menentukan fokus Niche blog. Maksud dari Niche ini sendiri adalah fokus topik pembahasan yang akan dibahas dalam website blog.

Untuk website blog pemula, penting untuk fokus dalam satu tema saja terlebih dahulu untuk membangun branding dari website blog juga mempermudah Anda jika akan mendaftarkan situs pada Google AdSense.

Anda bisa memiliki niche populer dan paling banyak dicari di laman pencarian google yang akan menjadikan website kalian berpotensi memiliki traffic yang tinggi.

Niche yang Anda pilih juga sebaiknya merupakan topik yang paling kalian fahami, hal ini akan sangat memudahkan Anda dalam menulis konten-konten di masa depan.

2.      Buat Planning Konten Blog

Jika sudah memutuskan niche apa yang akan digunakan, cara membuat artikel di blog berikutnya adalah membuat planning atau perencanaan sehingga pembahasan dalam website blog Anda lebih terarah.

Pengunjung yang membutuhkan informasi lainnya juga tidak perlu berpindah ke website lain karena kelengkapan informasi yang Anda berikan.

Perencanaan ini juga akan sangat membantu Anda menulis topik berikutnya, sehingga akan sangat meminimalisir buntu ide yang akan menjadikan website Anda kosong dalam satu hari karena kehabisan ide.

Selain itu, jadwal penerbitan artikel blog Anda akan terencana dan terarah. Adanya jadwal juga akan membuat Anda konsisten untuk memposting konten.

✔️  2 Cara Membuat Garis Lurus Di Google Docs

3.      Perhatikan Gaya Penulisan

Cara membuat artikel di blog berikutnya adalah gaya penulisan yang kalian gunakan yang akan memengaruhi nyaman atau tidaknya pembaca membaca artikel kalian.

Jangan asal nulis karena tulisan Anda akan menjadi cara pandang pengunjung terhadap website blog yang Anda bangun. Semakin rapi tulisan Anda juga akan terlihat seberapa profesional nya website blog yang telah Anda bangun.

Tulisan artikel juga sebaiknya memenuhi kaidah SEO agar mudah ter-index oleh google dan situs Anda akan mendapatkan traffic tinggi, jika artikel yang Anda tulis berupa artikel berita sebaiknya terapkan kaidah-kaidah jurnalistik, agar tidak mengakibatkan kesalahpahaman.

Masing-masing konten yang diterbitkan merupakan karya dari penulisnya, dan sudah menjadi hal yang disadari oleh sesama penulis untuk tidak menjiplak konten, yang merupakan sebuah tindakan pelanggaran hak cipta.

4.      Format Konten yang Nyaman Dibaca

Jika gaya tulisan sudah diperhatikan, cara membuat artikel di blog lainnya adalah format dari konten yang ditampilkan.

Usahakan artikel website Anda user friendly yang nyaman digunakan dan dipandang. Jangan menggunakan jenis font yang sulit dibaca atau ukuran tulisan yang terlalu kecil atau terlalu besar.

Format konten akan sangat menentukan kenyamanan pengunjung membaca konten yang kita hadirkan, jika mereka sebelumnya memiliki pengalaman yang cukup baik maka kemungkinan mereka akan kembali lagi dan sebaliknya.

5.      Tambahkan Visualisasi

Untuk menunjang konten Anda terlihat semakin menarik, tambahkan gambar atau video yang memvisualisasikan tulisan yang Anda sampaikan.

Sisipan gambar atau video juga akan memberikan kesan fresh, karena pembaca tidak hanya menemukan tulisan ketika mengakses website Anda. Dengan adanya gambar yang menarik, pembaca biasanya memutuskan untuk membuka artikel yang Anda tulis.

Adanya visualisasi dalam artikel yang Anda tulis juga akan semakin mempercantik website Anda sehingga pembaca akan lebih betah berlama-lama berada di website blog Anda.

✔️  Cara Mengisi Alamat Email Di Lazada

Jangan asal memilih gambar atau video pilih yang relevan juga bebas plagiarisme, jika memang Anda sangat membutuhkan gambar milik orang lain sangat-sangat disarankan untuk mencantumkan sumber dari gambar.

6.      Lakukan Riset

Jangan pernah bosan untuk melakukan riset dengan mengunjungi blog blogger yang lain. Inspirasi tentang cara membuat artikel di blog juga bisa kalian dapatkan dari aktivitas yang Anda lakukan.

Kegiatan ini bukan hal yang ilegal bahkan memberikan mereka keuntungan karena mengunjungi halaman website mereka, Asalkan tidak menjiplak mentah – mentah konten di dalamnya.

Kegiatan ini juga sering disebut dengan Blogwalking yang memiliki makna mengunjungi blog lain. Dengan Anda melakukan riset dan Blogwalking Anda akan semakin banyak mendapatkan ide.

Tidak hanya itu saja, dengan melakukan Blogwalking juga komunikasi dengan pemilik blogger Anda akan menambah koneksi, wawasan pengetahuan dan hal-hal bermanfaat lainnya yang biasanya berbeda-beda tiap individu.

7.      Rutin Melakukan Evaluasi

Cara membuat artikel di blog yang menarik dan tidak termakan zaman tentu saja Anda perlu menghilangkan rasa cepat puas dengan pencapaian yang sudah Anda capai hingga merasa sudah puas dan malas untuk belajar.

Karena melakukan evaluasi sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas dari konten yang Anda buat, karena seiring perkembangan waktu informasi yang ada akan terus berkembang dan sangar memungkinkan konten yang pernah Anda sampaikan sebelumnya sudah ketinggalan zaman.

Evaluasi konten ini akan sangat membantu meningkatkan kredibilitas dari tulisan yang Anda tulis. Untuk evaluasi konten, Anda bisa merubah isi konten yang sudah diterbitkan atau membuat konten baru yang membahas pembaruan tentang fakta terbaru.

Semua cara ini bisa Anda terapkan sesuai dengan kondisi dan jenis informasi apa yang kalian evaluasi. Jika berkaitan dengan fakta mutlak dan Anda salah maka, wajib untuk merubah isi artikel meskipun sudah diterbitkan.

✔️  Cara Buat Akun Indodax Terbaru

8.      Promosikan di Media Sosial

Cara membuat artikel di blog agar terlihat semakin menarik adalah dengan melakukan promosi di media sosial. Bentuk promosi yang bisa kalian lakukan juga beragam, tergantung dimana Anda mempromosikan.

Jika Anda melakukan promosi konten di media sosial Twitter, Anda cukup menempelkan link yang diberikan beberapa kata pengantar. Dari link tersebut biasanya sudah secara otomatis menampilkan sedikit cuplikan artikel dan foto.

Kalau Anda menggunakan media sosial berbasis gambar atau video, Anda perlu melakukan sedikit editing yang ditambahi copywriting yang menarik dengan harapan orang yang melihat postingan ingin membaca artikel yang Anda tulis di website blog.

9.      Konsisten Menulis

Jika ingin menulis artikel yang menarik, Anda perlu sering melakukan latihan dan praktek menulis secara teratur agar gaya tulisan yang disampaikan juga semakin enak dibaca. Dengan konsisten Anda sudah mempraktekkan cara membuat artikel di blog yang menarik.

Semakin banyak tulisan yang Anda tulis, maka semakin terlatih juga Anda merangkai kata, sehingga penyampaian informasi pada artikel akan semakin kompleks dan memiliki nilai lebih.

Praktek dari cara membuat artikel di blog yang menarik harus dilakukan dengan niat yang kuat, karena menulis dan membuat website sukses membutuhkan kesabaran dan kerja keras. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment