Bagaimana Cara Membuat Blog untuk Bisnis? Ini Ulasannya

Banyak tutorial tentang bagaimana cara membuat blog karena memang bermanfaat. Blog merupakan sebuah laman yang sangat berguna untuk menampilkan berbagai informasi. Tidak heran, dengan memanfaatkan jumlah visitors sangat potensial untuk bisnis.

Banyak website seperti toko online yang berasal dari blog biasa. Setelah beberapa waktu, upgrade dilakukan sebagai upaya untuk memaksimalkan performa blog. Jika sedang mencari tutorialnya membuat blog untuk bisnis, simak ulasannya di bawah ini.

Bagaimana Cara Membuat Blog untuk Bisnis, Berikut Tutorial dan Tipsnya

Bisnis online memang bersifat dinamis sehingga pelakunya bebas menggunakan berbagai cara marketing. Salah satunya adalah dengan menggunakan blog sebagai sarana marketingnya. Agar optimal menggunakannya, simak ulasan membuat blog bisnis berikut.

  1. Pemilihan Platform

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat blog bisnis adalah memilih platformnya. Platform pembuatan blog sudah sangat banyak tersedia. Tergantung bagaimana Anda memilihnya sesuai pertimbangan.

Misalnya saja WordPress di mana proses optimisasinya akan jauh lebih mudah. WordPress merupakan platform yang juga ramah terhadap pengguna pemula karena sederhana. Selain itu, jika ingin upgrade ke web profesional, memakai layanan ini juga sangat disarankan.

Selain itu, ada juga platform seperti Blogspot yang tidak kalah menariknya karena gratis. Keunggulan paling utamanya adalah terintregasi mudah dengan aneka layanan Google. Tentu saja hadirnya layanan ini sangat cocok untuk yang ingin mendapatkan kemudahan optimasi.

  1. Membuat Domain

Bagaimana cara membuat blog untuk bisnis di langkah berikutnya? Sebenarnya hampir sama seperti halnya membuat blog untuk kebutuhan lain. Anda harus membuat domain terlebih dahulu, dan pikirkan secara optimal.

Misalnya jika ingin membuat sebuah toko online, buatlah domain yang sesuai dengan barang atau layanannya. Contohnya bisnis layanan perjalanan, berarti nama domain yang sesuai mengandung kata kunci tersebut. Seperti contohnya travelmurah.blogspot.com.

Pastikan saat pembuatan domain tidak melenceng jauh dari apa yang Anda jual. Fungsi dari pengaturan tersebut agar saat Google mengidentifikasi di pencarian hasilnya akan lebih akurat. Kemungkinan website bisnis muncul di pencarian atas tentunya akan besar.

  1. Tulis Konten
✔️  4 Cara Menambah Followers Tiktok Gratis (Terbaru)

Lanjut ke proses tentang bagaimana cara membuat blog berikutnya untuk bisnis. Registrasi blog di platform pilihan tentunya sangat mudah. Setelah berhasil meregistrasikan blog, lanjut untuk mengisi konten di dalamnya.

Konten untuk website bisnis tidak harus promosi secara hard selling. Anda juga bisa melakukannya dengan sistem copy writing atau soft selling. Misalnya jika websitenya tentang bisnis tour and travel, berarti kontennya berisikan seputar wisata.

Contohnya isi dengan artikel SEO seputar tips memilih layanan perjalanan, tips persiapan berlibur, dan sebagainya. Baru di akhir artikel bisa Anda bubuhkan iklan seputar layanan perjalanan yang Anda miliki.

Konten yang sifatnya soft selling ini sangat berguna untuk membantu menaikkan traffic pengunjung. Jika Anda membuat artikel secara baik dan enak dibaca, pasti pengunjung blog akan membaca artikel tersebut sampai akhir.

  1. Riset Keyword

Sudah sedikit disinggung dalam bagaimana cara membuat blog untuk bisnis di pembahasan sebelumnya. Saat membuat konten, pastikan kaidah SEO tidak boleh Anda lewatkan. Mainkan di kata kunci dengan melakukan risetnya terlebih dahulu.

Coba riset kata kunci yang sedang happening melalui Google Trends. Olah kata kunci tersebut menjadi artikel untuk konten blog. Sedikit tips, saat posting di WordPress Anda akan dihadapkan pada halaman editor.

Halaman editor ini berguna sebagai tempat mengolah konten dan atribut artikel lainnya. Upayakan melengkapi aneka atribut dalam setiap artikel seperti meta, tag, URL, dan gambar. Tujuannya agar artikel Anda semakin ramah SEO di mana indikatornya akan berubah hijau.

Indikator yang dimaksud bisa Anda lihat di bagian atas dasbor sebelah pilihan Publish. Jika masih merah berarti belum sepenuhnya SEO, sedangkan jika sudah hijau, artikel dinilai ramah mesin pencari.

  1. Publikasikan

Tentang bagaimana cara membuat blog untuk bisnis sudah hampir mendekati akhir. Sebenarnya membuat aneka konten yang ramah SEO saja tidaklah cukup. Anda tetap harus mempublikasikannya agar orang lain tahu toko online tersebut.

Publikasikan artikel dengan metode posting yang terstruktur. Misalnya, jadwalkan posting untuk artikel tips, lanjut artikel review, dan sebagainya. Buat juga konten yang berisi pengenalan mengenai bisnis Anda di blog tersebut.

  1. Jangan Lupa Interaksi
✔️  Cara Top Up Diamond Mobile Legend Di TopUpGameShop

Hal yang sering dilupakan dalam bagaimana cara membuat blog untuk berbagai keperluan adalah tentang interaksi. Termasuk untuk bisnis di mana interaksi juga sangat perlu dilakukan. Interaksi yang dimaksud adalah dengan sesama blogger.

Fungsi dari interaksi ini adalah mengenalkan tentang blog yang Anda miliki. Selain itu, jika Anda sering memberikan feed back positif di blog orang lain, besar kemungkinan hal tersebut juga didapatkan.

Interaksi bisa Anda lakukan dengan berkunjung ke blog yang niche nya sejenis. Setelah itu, di kolom komentar artikelnya, jangan segan bubuhkan komentar dukungan. Interaksi ini sangat berguna untuk membangun vibrasi positif dalam blog Anda.

  1. Promosikan

Hal yang juga wajib dilakukan para pemilik blog bisnis adalah mempromosikannya. Lakukan go public dengan promosi yang lebih luas. Contohnya dengan posting toko online tersebut di media sosial dan aneka forum sejenis.

Anda juga bisa membuat ide promosi agar traffic blog tersebut semakin optimal. Misalnya dengan membuat event diskon bagi pengunjung yang berbelanja atau berkomentar di blog Anda. Hal ini sah saja dilakukan agar pamor toko online Anda semakin melejit.

Memang dalam bagaimana cara membuat blog untuk bisnis, untuk tahun-tahun awal belumlah memetik hasil. Kesabaran sangat diperlukan agar toko bisa bertahan lama. Seperti itulah yang juga harus diterapkan dalam bagaimana cara membuat akun blog bisnis.

  1. Analisis Kinerjanya

Tidak cukup hanya bagaimana cara membuat blog, posting konten, kemudian menunggu hasil. Tracking kinerjanya juga tidak boleh luput dari perhatian. Anda wajib menganalisa bagaimana kinerja konten apakah cukup menarik pengunjung datang, atau sebaliknya.

Analisisnya bisa dengan melihat bagaimana angka visitors, feed back terhadap bisnis, dan sejenisnya. Kemudian, lakukan penyelesaian masalah secepat mungkin agar nantinya blog bekerja semakin optimal.

Sebenarnya blog untuk bisnis bisa memakai layanan gratis dari platform Blogspot atau WordPress. Akan tetapi, agar analisis kinerjanya semakin optimal, Anda tetap memerlukan upgrade ke layanan lebih unggul. Bab tentang upgrade blog akan diulas di poin berikutnya.

  1. Upgrade ke Next Level
✔️  Cara Membuat Kop Surat Dengan Logo Di Microsoft Word 2010

Sempat disinggung di poin sebelumnya tentang upgrade sebuah blog ke next level. Maksudnya adalah memakai layanan berbayar agar performa website lebih meningkat. Blog gratis memang sudah bisa Anda pakai untuk kebutuhan bisnis.

Akan tetapi, ekstensi, tema, dan berbagai layanannya masih belum tampak profesional. Padahal, dunia bisnis sangat lekat dengan kesan profesional. Oleh karena itu, pada akhirnya Anda harus mau upgrade blog ke next level.

Salah satu contoh fungsinya adalah bisa dengan mudah memakai ekstensi blog yang lebih profesional. Anda tentu tidak asing dengan blog berekstensi “.id”, “.com’, dan sejenisnya. Ekstensi tersebut tidak tersedia di platform gratis, melainkan harus membayarnya.

Langganan domain dan web hosting adalah jawaban untuk kebutuhan tersebut. Anda bisa membayar server hosting ini agar ekstensi lebih profesional diperoleh. Manfaatnya tentu sangat besar dalam bagaimana cara membuat blog diantaranya:

  • Website akan lebih cepat kinerjanya
  • Penyimpanan optimal dengan sumber daya besar
  • Website tampak lebih kredibel dengan layanan murah
  • Gratis SSL dan tentunya sangat menunjang sisi keamanan dari ancaman hacker

Mengingat blog untuk bisnis perannya sangat penting, otomatis pembuatannya juga harus diperhatikan. Pastikan bagaimana cara membuat blog untuk bisnis dilakukan, dan jangan segan upgrade untuk performa blog lebih unggul.

 

Leave a Comment